Cara Mencari Ide Pokok, Ketahui Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri dan Contohnya

"Begini cara mencari ide pokok lengkap dengan pengertian, jenis, ciri dan contohnya."

Life | 07 December 2022, 08:30
Cara Mencari Ide Pokok, Ketahui Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri dan Contohnya

Daun.id - Dalam sebuah tulisan, di dalamnya pasti selalu memiliki ide pokok. Ide pokok ini menjadi yang paling utama dalam sebuah tulisan. Pada kesempatan kali ini Sahabat Daun akan memberikan usalah seputer ide pokok, mulai dari pengertian, jenus, ciri dan contohnya.


Pengertian, Jenis dan Ciri Ide Pokok

Ide merupakan sebuah rancangan yang tersusun di dalam pikiran. Ide juga dapat juga disebut sebagai gagasan. Ide pokok adalah sebuah ide yang disampaikan oleh penulis dalam sebuah pokok bahasan di dalam paragraf. Ide pokok juga memiliki nama lain, seperti gagasan pokok, gagasan utama atau pikiran utama.

Ide pokok merupakan hal yang penting di dalam suatu paragraf. Ide pokok adalah sebuah informasi penting bagi para pembaca. Ide pokok juga akan membantu penulis untuk mengembangkan sebuah alur tulisan. Ide pokok akan didukung oleh gagasan penjelas. Di dalam sebuah kalimat, biasanya hanya ditemukan satu ide pokok. Ide pokok tersebut terletak pada awal kalimat. Namun ada sesuatu yang perlu diingat oleh pembaca, yaitu kalimat pertama tidak sama dengan kalimat utama.

Kalimat pertama dapat berada pada awal paragraf, ini disebut sebagai paragraf deduktif. Jika terletak di akhir paragraf, maka dinamakan paragraf induktif. Ketika berada di awal atau di akhir paragraf maka disebut paragraf campuran. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah jenis-jenis ide pokok:

Paragraf Deduktif
Paragraf deduktif merupakan paragraf yang ide pokoknya berada di awal paragraf. Struktur tulisan paragraf deduktif ini biasanya beranjak dari pernyataan khusus menuju pernyataan umum.

Paragraf Induktif
Paragraf induktif adalah paragraf yang ide pokoknya berada di akhir paragraf. Struktur tulisan paragraf ini biasanya beranjak dari pernyataan umum menuju pernyataan khusus.

Paragraf Campuran
Paragraf campuran adalah perpaduan antara paragraf deduktif dan induktif. Ide pokok pada paragraf ini terletak di awal sekaligus akhir tulisan. Struktur tulisan paragraf campuran biasanya bermula dari pernyataan khusus menuju pernyataan umum, kemudian kembali lagi ke pernyataan khusus.

Paragraf Deskriptif
Paragraf deskriptif adalah paragraf yang ide pokoknya diletakkan di semua bagian tulisan. Dengan kata lain, paragraf ini tidak memiliki kalimat penjelas dan seluruhnya adalah ide pokok.

Ide pokok memiliki beberapa ciri. Agar lebih mudah ketika mencari ide pokok, kamu dapat memahami beberapa ciri dari ide pokok tersebut. Berikut ini adalah ciri-ciri ide pokok:

Kalimatnya ide pokok tidak berbelit
Artinya, makna dari ide pokok tidak boleh sempit. Akan tetapi, tidak juga terlalu luas. Hal ini berfungsi supaya pembaca dapat mudah untuk menangkap apa ide pokok tersebut.

Ide pokok dinyatakan secara jelas
Sebuah ide pokok harus ditulis atau digambarkan dengan jelas. Hal ini menyangkut segi letaknya. Selain itu, apa yang akan disampaikan atau inti dari gagasan tersebut juga harus dinyatakan dengan jelas.

Bersifat umum
Ide pokok harus mengandung suatu hal yang bersifat umum. Hal ini nantinya akan dikerucutkan lagi. Artinya bahwa suatu ide pokok kemudian akan bisa dijelaskan dan dijabarkan lagi. Penjabaran menjadi lebih spesifik pada kalimat-kalimat berikutnya.

Memiliki kalimat pendukung
Sebuah ide pokok tidak dapat berdiri sendiri di dalam suatu paragraf. Ide pokok harus memiliki kalimat pendukung. Kalimat pendukung tersebut berguna untuk memberikan penjelasan lebih lanjut terkait dari ide pokok sebelumnya. Sehingga paragraf akan menjadi padu dan mudah dimengerti.

Cara Mencari Ide Pokok

Cara mencari ide pokok bacaan itu relatif mudah. Syaratnya adalah kamu tahu aja caranya dan mau membaca dengan teliti. Berikut akan dikasih tau nih cara menentukan ide pokok bacaan:

1. Baca seluruh paragraf dengan cermat
Hal pertama yang harus kamu lakukan saat ingin menemukan ide pokok dalam paragraf adalah membaca paragraf tersebut. Kamu perlu dengan cermat dalam membaca sebuah paragraf.

2. Cermati kalimat pertama hingga akhir
Paragraf yang terdiri dari beberapa kalimat harus kamu cermati ketika membacanya. Jangan sampai ada yang terlewat kalimat dalam paragraf tersebut sampai kamu lupa membacanya.

3. Baca tiap kalimatnya
Dalam suatu paragraf, ide pokok bisa terletak di awal, di akhir, atau di awal dan akhir paragraf. Kembali lagi, pastikan tidak ada kalimat yang terlewat ya.

4. Tandai ide pokok
Setelah menemukan ide pokok di paragraf tersebut, langsung kamu tandai. Hal ini untuk meminimalisir lupa yang bisa saja terjadi.

5. Tandai info penting
Jika ada info penting dalam paragraf tersebut, tidak ada salahnya untuk menandai. Biasanya akan ditanyakan dalam soal-soal di nomor selanjutnya yang menggunakan paragraf yang sama.

Contoh Ide Pokok 1


Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pensiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres.

Pada paragraf di atas, ide pokoknya adalah pada kalimat pertama, yaitu “Tidak perlu stres saat menghadapi pensiun”.

Kenapa?

Kalau kita analisis kalimat-kalimat lain, fungsi mereka hanya sebagai penjelas dari kalimat utama (kalimat pertama). Misalnya, pada kalimat ”Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai”. Kalimat ini mengacu kepada kalimat utama. Tugas dari kalimat ini adalah memberikan “alasan” dari “Mengapa orang yang pension tidak perlu stres.”

sumber: ruangguru, gramedia, kompas, medcom

(m. taufik naufal/nf)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network