Cara Mencari Tara, Dilengkapi Rumus dan Contoh Soal

"Rumus sederhana menemukan tara."

Tech | 07 December 2022, 11:07
Cara Mencari Tara, Dilengkapi Rumus dan Contoh Soal

Dalam suatu kemasan barang, baik berupa makanan ringan maupun terhadap suatu kemasan barang yang diperjual belikan pasti ada beberapa istilah yaitu bruto, netto, dan tara. Sebelum membahas lebih jauh, mari kita mengenal beberapa istilah tersebut. Berikut ini penjelasannya:

- Bruto ialah berat kotor, secara istilah memiliki pengertian berat keseluruhan suatu barang atau benda beserta dengan tempat atau pembungkusnya.

- Netto ialah berat bersih, secara istilahnya yaitu suatu berat yang dihitung hanya berat dari isi produk atau barangnya saja tanpa menghitung berat bungkusnya.

- Sedangkan tara ialah potongan berat, secara sederhananya dapat diartikan berat pembungkus suatu produk. Jadi dihitung berat bungkusnya saja.

Demikianlah beberapa pengertian yang harus dimengerti sebelum menerapkan cara mencari tara. Mencari suatu tara diperlukan memahami rumus terlebih dahulu. Sehingga dapat melakukan pencarian tara dengan tepat dan akurat. Dalam hal ini sahabat daun akan berfokus membahas cara mencari tara.

Cara Mencari Tara

Daun.id

sumber; pixabay.com

Tara merupakan suatu berat bungkus dari produk, jadi secara sederhananya dapat dilakukan melalui rumus berikut ini:

Tara = Bruto - Netto

Netto = Bruto - Tara

Bruto = Netto + Tara

Demikianlah beberapa rumus penting yang perlu diketahui sebelum mencari suatu tara dari produk tertentu. Agar dapat lebih jauh memahaminya, kita perlu mengerjakan beberapa latihan soal di bawah ini.

Contoh soal:

Seorang membeli sekarung pupuk dan diketahui memiliki berat bruto 100 kg. Sedangkan netto seberat 99 kg. Tentukan tara dari pupuk tersebut!

Diketahui:

Bruto = 100 kg
Netto = 99 kg
Tara = ?

Penyelesaian:

Tara = Bruto - Netto
Tara = 100 kg - 99 kg
Tara = 1 kg

Demikianlah langkah yang dapat dilakukan untuk mencari suatu tara. Rumus ini sangat sederhana, karena hanya melibatkan pengurangan. Selanjutnya buatlah latihan soal sendiri di rumah, agar dapat memahami lebih mendalam.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya