Kisah Inspiratif Azzedine Ounahi, Main di Piala Dunia Setelah 18 Bulan Lalu di Divisi III

"Nasib orang tak ada yang tahu. Pemain ini contohnya!"

Sports | 14 December 2022, 18:28
Kisah Inspiratif Azzedine Ounahi, Main di Piala Dunia Setelah 18 Bulan Lalu di Divisi III

Aksi Azzedine Ounahi selama Piala Dunia 2022 mencuri perhatian. Gelandang Maroko itu menjadi salah satu talenta yang menonjol sepanjang turnamen. Bahkan, pujian langsung keluar dari mulut pelatih sekelas Luis Enrique.

Ketika tim nasional Maroko menyingkirkan Spanyol dan Portugal, Azzedine Ounahi jadi sorotan. Dia tanpa lelah menunjukkan performa terbaik di lini tengah.

Bahkan, dalam sebuah wawancaranya setelah pertandingan babak 16 besar, Luis Enrique mengatakan kemampuan Azzedine Ounahi luar biasa. "Saya terkejut dengannya (Azzedine Ounahi). Astaga, dari mana bocah itu berasal?" tanya Luis Enrique kepada wartawan yang bertanya, dilansir Marca.

"Dirinya bermain seperti pemain Spanyol. Dia bermain sangat baik. Saya sangat terkejut. Dia belum berhenti berlari. Dia pasti kelelahan," tambah mantan pelatih Barcelona.

Hasil yang bagus, penampilan memuaskan, serta pujian yang diberikan Luis Enrique langsung membuat Azzedine Ounahi menjelma menjadi primadona transfer window. Rumornya, Barcelona telah mengirim utusan untuk melakukan negosiasi dengan klub Azzedine Ounahi, Angers SCO, di Ligue 1.

"Apakah telepon berdering? Berdering cukup banyak. Anda (media) tahu betul bahwa kami tidak dapat menahan pemain yang ingin pergi," kata CEO Angers SCO, Said Chabane, kepada RMC, tentang minat Azzedine Ounahi dan rekan senegaranya, Sofiane Boufal.

Lalu, siapa Azzedine Ounahi ini? Karier Azzedine Ounahi layaknya kisah dalam dongeng. Bayangkan, 18 bulan lalu, dia masih bermain untuk L’Union Sportive Avranches Mont Saint Michel. Klub yang biasa disapa US Avranches itu berkompetisi di Championnat National atau Divisi III.

Dirinya bergabung dengan US Avranches pada 2020 setelah pindah dari Strasbourg II di Championnat National 3 atau Divisi V.

Azzedine Ounahi sebelumnya dibina di salah satu sekolah sepakbola terbaik di Maroko, yang didirikan pada 2009 dan telah mencetak banyak pemain The Atlas Lions, yaitu Mohammed VI Academy. Itu adalah akademi nasional yang meniru INF Clairefontaine di Prancis yang legendaris.

Proyek ambisius Maroko dalam infrastruktur sepakbola berhasil dengan baik. Sebelum mengejutkan Piala Dunia 2022, tim wanita Maroko juga akan tampil ke Piala Dunia Wanita 2023. Mereka menjadi timnas wanita pertama di Afrika Utara yang melakukannya.

Keberhasilan tersebut juga tercermin dari kemajuan yang dibuat Azzedine Ounahi. Di usia yang baru 22 tahun, dia telah berkembang pesat sejak pertama kalimeninggalkan tanah airnya pada 2018.

Azzedine Ounahi sekarang bermain bersama klub Ligue 1, Angers SCO. Ini adalah tempat beberapa pemain top berkembang. Sebut saja Nicolas Pepe, Karl Toko Ekambi, hingga kapten Maroko di Piala Dunia 2022, Romain Saiss.

Jadi, dengan apa yang ditampilkan selama Piala Dunia 2022, Angers SCO sangat sadar bahwa tidak akan mungkin mempertahankan Azzedine Ounahi di musim dingin atau musim panas 2023. Apalagi, salah satu yang menghubungi Azzedine Ounahi adalah Barcelona!

(andri ananto/anda)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya