Kenalkan Youssouf Fofana, Mantan Pengantar Pizza yang Tampil di Piala Dunia

"Benar-benar perjalanan hidup yang inspiratif."

Sports | 16 December 2022, 13:37
Kenalkan Youssouf Fofana, Mantan Pengantar Pizza yang Tampil di Piala Dunia

Penampilan Youssouf Fofana saat tim nasional Prancis menyingkirkan Maroko di semifinal Piala Dunia 2022 menuai pujian. Bermain karena cedera sejumlah pemain, dia justru solid di lini tengah. Tanpa pemain AS Monaco itu, belum tentu Les Bleus menang.

Youssouf Fofana memainkan laga pertama untuk Prancis pada September 2022. Tapi, dalam skuad yang memiliki gelandang-gelandang jempolan sekelas Paul Pogba, N'Golo Kante, Adrien Rabiot, Mathieu Guendouzi, atau Aurelien Tchouameni, sulit bagi Youssouf Fofana berharap banyak.

Hanya saja, sepakbola terkadang soal keberuntungan. Cedera Paul Pogba dan N'Golo Kante membuat pemuda berusia 23 tahun ikut ke Piala Dunia 2022. Tapi, Didier Deschamps tidak melihat Youssouf Fofana pemain penting di awal-awal turnamen.

Nasib Youssouf Fofana mulai berubah ketika pemain-pemain utama di lini tengah Prancis cedera atau terserang virus misterius sebelum semifinal melawan Maroko. Adrien Rabiot dan Mathieu Guendouzi kurang fit. Begitu pula Dayot Upamecano.

Artinya, Ibrahima Konate harus bermain di posisi Dayot Upamecano. Sementara posisi Adrien Rabiot diberikan kepada Youssouf Fofana. Hasilnya, jebolan Akademi Strasbourg itu menuai kekaguman karena penampilan solidnya berduet dengan Aurelien Tchouameni.

Jadi, siapa dia? Youssouf Fofana lahir dan besar di Paris dari orang tua keturunan Mali dan Pantai Gading. Dia tumbuh di kawasan miskin di pinggiran kota, yang juga ditinggali Paul Pogba, Kylian Mbappe, Louis Saha, Kingsley Coman, hingga Blaise Matuidi.

Youssouf Fofana kecil kurang beruntung karena Akademi Paris Saint-Germain (PSG) tidak mau menerimanya. Pada usia 15 tahun, dia juga dikeluarkan dari akademi sepakbola paling bergengsi di Eropa milik Asosiasi Sepakbola Prancis (FFF), INF Clairefontaine.

Mimpi Youssouf Fofana menjadi pesepakbola profesional sempat terancam dengan pengalaman buruk itu. Tapi, dia tidak patah semangat. Lalu, dia menghabiskan waktu tiga tahun untuk bermain di klub amatir JA Drancy. Bahkan, dia sempat bekerja di restoran pizza untuk menyambung hidup.

Keberuntungan kemudian menghampiri Youssouf Fofana. Dia mendapatkan kesempatan lain pada Februari 2017. Ketika itu, Akademi Strasbourg mengambil kesempatan dan menawarinya bergabung.

Setahun kemudian, Youssouf Fofana memainkan debut di tim utama Strasbourg saat kekalahan dari Lyon di Ligue 1. Performa Youssouf Fofana ternyata menggoda AS Monaco. Pada 2020, mereka mendatangkan dirinya dengan transfer tak terduga senilai 15 juta euro (Rp249 miliar).

"Itu (menjadi pengantar pizza) adalah cara terbaik untuk mendapatkan uang dan untuk mengikuti impian saya. Saya ragu (tentang menjadikan sepakbola sebagai profesional). Pada akhirnya anda harus tahu bagaimana melangkah maju," ujar Youssouf Fofana, dilansir Goal France.

Mempertimbangkan orang-orang seperti N'Golo Kante, Franck Ribery, atau Dimitri Payet, Youssouf Fofana tidak sendirian. Pasalnya, nama-nama terkenal di sepakbola Prancis tersebut juga sempat menjadi pelayan restoran untuk menyambung hidup sebelum populer seperti sekarang.

Bagi Youssouf Fofana, bergabung dengan Strasbourg adalah berkah. Dia berhasil kembali bermain sepakbola. Bahkan, mewakili Prancis di level U-19, U-20, hingga U-21.

Namun, tonggak sejarah sebenarnya datang pada September 2022. Ketika itu, Didier Deschamps memanggil sang gelandang untuk pertama kalinya. Youssouf Fofana mendapatkan penampilan pertama bersama Les Bleus di UEFA Nations League. Dia bermain 90 menit dalam kemenangan 2-0 atas Austria.

Puncak penampilan Youssouf Fofana ada di Piala Dunia 2022. Dia telah menghabiskan sebagian besar waktunya di Qatar, di bangku cadangan, kecuali melawan Maroko di semifinal

Saat melawan Maroko, Youssouf Fofana melakukan pekerjaan terbaiknya dalam transisi, baik itu memenangkan kembali bola di sekitar lapangan atau terlibat dalam presing yang efektif. Dirinya juga tidak segan bermain keras untuk mengamankan teritorialnya.

(andri ananto/anda)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 19 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya