Bacaan Sesudah Sholat Witir dan Dzikir, Bisa Diamalkan Sehari-hari

"berikut untuk lebih jelasnya"

Life | 21 December 2022, 09:14
Bacaan Sesudah Sholat Witir dan Dzikir, Bisa Diamalkan Sehari-hari

Sholat Witir merupakan sebuah sholat sunnah yang dikerjakan di waktu antara waktu ba'da Isya hingga Adzan Shubuh. Allah SWT menjanjikan pahala besar bagi umatnya yang mengerjakan sholat Witir. Sholat Witir umumnya dilaksanakan setelah menunaikan sholat malam terlebih dulu, seperti setelah sholat Tahajud atau sholat Tarawih.

Sholat Witir tidak memiliki jumlah khusus, namun harus berjumlah ganjil. Artinya pada pelaksanaan sholat Witir harus berjumlah ganjil, yaitu satu, tiga, atau lima. Rasulullah SAW bersabda:

الْوِتْرُ حَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِخَمْسٍ فَلْيَفْعَلْ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِثَلَاثٍ فَلْيَفْعَلْ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِوَاحِدَةٍ فَلْيَفْعَلْ

"Sholat witir adalah hak bagi semua umat Islam, maka barang siapa yang suka untuk melakukan witir dengan lima rakaat maka lakukanlah. Barang siapa yang suka melakukan witir dengan tiga rakaat maka lakukanlah. Dan barangsiapa yang suka melakukan salat witir dengan satu rakaat maka lakukanlah." (HR Abu Dawud, An-Nasa'I, dan Ibnu Majah).

Daun.id

sumber: pexels
Dzikir Malam Setelah Sholat Witir
Dzikir merupakan kunci latihan untuk selalu mengenal diri kepada Allah sehingga bila seseorang semakin mengenal Allah (ma’rifat) maka akan semakin kuat keimanan dan kecintaannya kepada Allah.

Manfaat Dzikir adalah membantu lebih dekat dengan Allah SWT. Tujuan dzikir antara lain adalah untuk mendapatkan ketenangan batin, kemantapan jiwa, dan dapat memberi semangat untuk selalu beramal shaleh.

Adapun berikut ini adalah bacaan dzikir setelah sholat tahajud yaitu :

- سبحان الله

Subhanallah

 Artinya: Maha Suci Allah.
 
 - الحمد لله
 
 Alhamdulillah

 Artinya: Segala Puji Bagi Allah.
 
 - الله أكبر
 
 Allahu Akbar

 Artinya: Allah Maha Besar.
 
 - أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ
 
 Astaghfirullah

 Artinya: aku mohon ampun kepada Allah.
 
 - أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ
 
 Astaghfirullohal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atûbu ilaih.

 Artinya: Saya memohon kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada tuhan selain Dia Yang Hidup dan Berdiri dan saya bertobat kepada-Nya.
 
 Daun.id
sumber: pexels
Bacaan Sesudah Sholat Witir
Setelah melaksanakan sholat Witir, terdapat doa yang dianjurkan untuk dibaca selepas menunaikanya. Berikut ini adalah doa setelah sholat Witir:

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ. اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

"Allahumma innaa nas'aluka iimaanan daaimaan, wan'asaluka qalban khaasyi'an, wanas'aluka 'ilman naafi'an, wanas'aluka yaqiinan shaadiqon, wanas'aluka 'amalan shaalihan, wanas'aluka diinan qayyiman,
 
 Wanas'aluka khairan katsiran, wanas'alukal 'afwa wal'aafiyata, wanas'aluka tamaamal 'aafiyati, wanas'alukasyukra 'alal 'aafiyati, anas'alukal ghinaa'a 'aninnaasi.
 
 Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu'anaa watadhorru'anaa wata'abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin.
 
 Washallallaahu 'alaa khairi khalqihi muhammadin wa'alaa aalihi washahbihi ajma'iina, walhamdu lillaahi rabbil 'aalamiina.”

 Artinya: "Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.

Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami. Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam." 

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya