Bacaan Sholat Muharram Teks Arab, Latin dan Arti beserta Keutamaannya

"Berikut ini adalah bacaan sholat muharram lengkap dengan keutamaanya."

Life | 21 December 2022, 20:00
Bacaan Sholat Muharram Teks Arab, Latin dan Arti beserta Keutamaannya

Bulan Muharram adalah bulan yang mulia bagi Umat Islam. Banyak  keutamaan yang bisa didapatkan pada bulan Muharram. Namun bagaimana sebenarnya hukum dari sholat sunnah bulan Muharram?

Dari buku Misteri Bulan Asyura Antara Mitos dan Fakta karya Abu Abdillah Syahrul Fatwa, Sholat Asyura adalah sholat yang dikerjakan antara waktu zuhur dan ashar, empat rakaat, setiap rakaat membaca al-Fatihah sekali, kemudian membaca ayat kursi sepuluh kali, Al Ikhlas,  Al Falaq dan An Nas lima kali. Apabila selesai salam, istighfar tujuh puluh kali. Hadits yang dimaksud adalah sebagai berikut:

عن أَبِي هُرَيْرَةَ مَرْفُوعًا مَنْ صَلَّى يَوْمَ عَاشُورَاءِ مَا بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ أَرْبَعِينَ رَكْعَةً يَقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ مَرَّةً وَآيَةِ الْكُرْسِيِّ عشر مَرَّات وَقل هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ إِحْدَى عَشْرَةَ مَرَّةً وَالْمُعَوِّذَتَيْنِ خَمْسَ مَرَّاتٍ فَإِذَا سَلَّمَ اسْتَغْفَرَ سَبْعِينَ مَرَّةً أَعْطَاهُ اللَّهُ فِي الْفِرْدَوْسِ قُبَّةً بَيْضَاءَ فِيهَا بَيْتٌ مِنْ زُمُرُّدَةٍ خَضْرَاءَ سِعَةُ ذَلِكَ الْبَيْتِ مِثْلُ الدُّنْيَا ثَلاثَ مَرَّاتٍ وَفِي ذَلِكَ الْبَيْتِ سَرِيرٌ مِنْ نُورٍ قَوَائِمُ السَّرِيرَ من العنبر الْأَشْهب عَلَى ذَلِكَ السَّرِيرِ أَلْفُ فِرَاشٍ مِنَ الزَّعْفَرَانِ

Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang sholat Asyura antara zuhur dan Ashar 40 rakaat dengan membaca di setiap rakaat surat Al Fatihah sekali, ayat kursi 10 kali, Al Ikhlas 11 kali, Al Falag dan An Nas (al muawwidzatain) llima kali, dan ketika salam dia beristighfar 70 kali, Allah akan memberikan kubah putih di Surga Firdaus dengan rumah dari zamrud hijau yang luasnya tiga kali dunia, di dalam rumah itu tempat tidur dari cahaya, tiangnya terbuat dari ambar yang cerah, di atasnya seribu alas tidur dari za’faran.”

Imam As Syaukani dalam kitabnya al-Fawaid al-Majmu’ah fi al-ahadits al-Maudhu’ah menyatakan, “Orang-orang yang menganjurkan sholat ini dasarnya hanyalah sebuah hadits palsu!”

As-Syuqoiry dalam kitab As im berkata, “Hadits sholat ‘Asyuraadalah hadits palsu. Para perowinya majhul, sebagaimana disebutkan oleh as-Suyuti dalam al-Aala’i al-Mashnu’ah. Tidak boleh meriwayatkan hadits ini, lebih-lebih sampai mengamalkannya!”. (as-Sunan wal Mubtada’at)

Sementara itu, anggota Komite Kajian Islam Al Azhar Mesir, Dr Muhammad as-Syahat al-Jundi, menyatakan tidak ditemukan sholat al-khushoma’ yaitu sholat yang dikhusukan pada hari Asyira.
Daun.id

unplash.com

Keutamaan Bulan Muharram

Adapun dari segi syariat, bulan Muharram adalah bulan yang mulia dan termasuk dalam golongan empat bulan istimewa yang diharamkan Allah ﷻ. Disunnahkan untuk memperbanyak puasa di bulan ini. Sebagaimana sabda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam,

“Puasa yang paling utama setelah bulan Ramadhan adalah bulan Allah; Muharram. Dan sholat paling utama sesudah sholat fardhu adalah sholat malam”. (HR Ahmad dan Muslim)

Terlebih lagi berpuasa di tanggal sepuluh dari bulan ini, ditambah dengan tanggal sembilan atau sebelas. Rasulullah ﷺ bersabda,

“Aku berharap pada Allah agar puasa di hari ‘Asyura’ (tanggal sepuluh bulan Muharram) bisa menghapuskan dosa satu tahun lalu” (HR Muslim dan Ahmad).   

Berikut ini adalah 4 keutamaan bulan Muharram:

Amalan Baik Dilipatgandakan Pahalanya
Keutamaan bulan Muharram dalam Islam adalah sangat baik untuk melakukan segala bentuk amal kebaikan, karena pahala akan dilipatgandakan. Nabi Muhammad SAW menyebut bulan Muharram sebagai salah satu bulan Haram di kalender Hijriah, Rasulullah bersabda:

"Maka sesungguhnya darah, harta, dan kehormatan kalian semua haram (mulia) atas kalian seperti mulianya hari ini, di negeri ini, dan di bulan ini. Dan sesungguhnya kalian akan menghadap Tuhanmu sekalian dan Dia akan bertanya kepada kalian tentang amal perbuatkan kalian." (HR. Bukhari dan Muslim).

Satu dari Empat Bulan Disucikan
Keutamaan bulan Muharram dalam Islam adalah ini termasuk satu dari empat bulan (Dzulqaadah, Dzulhijah, Muharram, dan Rajab) yang disucikan atau haram. Itu artinya di bulan Muharram adalah dilarang melakukan peperangan, sebagaimana dijelaskan Rasulullah SAW sebelumnya. Adanya keutamaan bulan Muharram dalam Islam ini dijelaskan dalam Al-Qur’an surat at-Taubah ayat 36:

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus…”

Momen untuk Berpuasa Terbaik Setelah Bulan Ramadhan
Keutamaan bulan Muharram dalam Islam adalah ini menjadi momen untuk berpuasa terbaik setelah bulan Ramadhan. Adanya keutamaan bulan Muharram dalam Islam ini dijelaskan dalam hadis berikut:

"Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram, dan sebaik-baik sholat setelah sholat fardhu adalah sholat malam." (HR Muslim)

Dalam sebuah riwayat lain, dijelaskan oleh Ali bin Abi Thalib dari Rasulullah SAW, keutamaan bulan Muharram dalam Islam adalah berpuasa maka akan diterima taubatnya.

"Jika engkau ingin berpuasa setelah Ramadan, maka berpuasalah pada bulan Muharram. Sesungguhnya bulan tersebut adalah bulan Allah dan pada bulan itu terdapat satu hari di mana ketika suatu kaum bertaubat, Allah juga menerima taubat kaum yang lain." (HR Tirmidzi)

Bulan Suci yang Dosanya Dilipatgandakan
Keutamaan bulan Muharram dalam Islam adalah sangat dilarang melakukan perbuatan buruk atau dosa. Ini karena selain perbuatan baik akan dilipatgandakan pahalanya, juga dosa yang diperbuatan pada bulan ini akan dilipatgandakan dosanya. Dalam Kitab Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan sebagai berikut:

"Allah SWT mengkhususkan empat bulan haram dari 12 bulan yang ada, bahkan menjadikannya mulia dan istimewa, juga melipatgandakan perbuatan dosa disamping melipatgandakan perbuatan baik." (Ibnu Katsir)

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya