Bacaan Sholat Sunnah Qobliyah Subuh dan Keutamaannya

"Berikut ini adalah bacaan sholat qobliyah subuh beserta keutamaanya."

Life | 22 December 2022, 15:24
Bacaan Sholat Sunnah Qobliyah Subuh dan Keutamaannya

Sebelum masuk pada pembahasan intinya, ada baiknya kita juga memahami apa itu sholat sunnah rawatib. Sholat sunnah rawatib merupakan shalat sunnah yang mengiringi shalat fardhu, yaitu qabliyah dilakukan sebelum shalat fardhu dan ba’diah dilakukan setelah shalat fardhu. Hukum dari sholat sunnah rawatib adalah sunnah muakkad.

Di antara beberapa waktu pelaksanaan shalat sunnah Rawatib adalah empat rakaat sebelum Ashar, empat rakaat sebelum dan setelah Zuhur, dua rakaat sebelum dan setelah Maghrib, dua rakaat sebelum dan setelah Isya’, dan dua rakaat sebelum subuh. Dari Abdullah bin Mughaffal Al Muzani dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلَاةٌ قَالَهَا ثَلَاثًا قَالَ فِي الثَّالِثَةِ لِمَنْ شَاءَ

“Di antara setiap dua adzan (adzan dan iqamah) itu ada shalat (sunnah).” Beliau mengulanginya hingga tiga kali. Dan pada kali yang ketiga beliau bersabda, “Bagi siapa saja yang mau mengerjakannya.”

Keutamaan dan dari melaksankan sholat rawatib adalah sebagai penyempurna sholat fardhu. Sebagaimana Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

إن فريضة الصلاة والزكاة وغيرهما إذا لم تتم تكمل بالتطوع

Artinya, “Shalat fardhu, zakat, dan kewajiban-kewajiban lain bila masih tidak sempurna, maka dapat disempurnakan dengan yang sunnah.”

Terkait tata cara pelaksanaannya, sedikit pun tak berbeda dengan shalat pada biasanya, kecuali dalam urusan niat. Berikut ini adalah bacaan niat sholat sunnah qobliyah subuh dan keutamaanya.
Daun.id

unplash.com

Bacaan Niat Sholat Sunnah Qobliyah Subuh

Qobliyah subuh atau sholat fajar dilaksanakan pada waktu fajar, tepatnya sebelum melaksanakan sholat subuh. Seperti pelaksanaan sholat yang lainnya, ada niat sholat qobliyah subuh yang perlu dilafalkan sebelum mulai mengerjakan amalan ini. Berikut niat dan tata cara melaksanakan sholat qobliyah subuh. Berikut ini niat Sholat Sunah qobliyah Subuh 2 rakaat

اُصَلِّى سُنَّةَ قَبْلِيَّةً الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatas shubhi rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya: Aku sengaja melaksanakan sembahyang sunnah subuh dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Keutamaan Sholat Qobliyah Subuh

Hukum sholat qobliyah subuh memanglah tidak wajib, namun sholat sunnah ini memiliki keutamaan yang yang luar biasa. Berikut beberapa keutamaan dari sholat qobliyah subuh:

Lebih baik dari dunia beserta isinya
Keutamaan pertama dari qobliyah subuh adalah kebaikan dari sholat sunnah ini lebih baik dari dunia dan isinya. Keutamaan ini berdasarkan hadist dari Muslim dan Tirmidzi yang artinya:

“Aisyah RA meriwayatkan dari Rasul SAW, Beliau bersabda, ‘dua rakaat sebelum fajar (sholat subuh) lebih baik nilainya dibandingkan dari dunia dan isinya.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Abu Hurairah RA pernah berkata, bahwa Rasul SAW bersabda mengenai keutamaan yang luar biasa dari sholat subuh.

“Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada pada sholat isya dan sholat subuh, maka tentu mereka akan mendatangi (sholat isya dan subuh) bahkan sambil merangkak sekalipun.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mengikuti teladan rasul
Mengerjakan sholat sunnah qobliyah subuh artinya juma mengikuti sunnah. Rasulullah SAW memberi contoh pada umat-umatnya untuk senantiasa menjaga rutinitasnya dalam melaksanakan sholat qobliyah subuh. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits shahih dari Bukhari dan Muslim, berikut artinya.

“Rasulullah SAW dulu diam di antara adzan muadzin hingga sholat subuh. Sebelum sholat subuh dimulai, Rasul akan mendahului dengan 2 rakaat ringan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Menyempurnakan kekurangan sholat wajib
Keutamaan selanjutnya dari sholat sunnah qobliyah subuh yaitu menyempurnakan kekurangan dari sholat wajib. Tidak jarang, sholat yang dilakukan memiliki kekurangan dalam proses pelaksanaannya pada bagian-bagi tertentu. Contohnya seperti gerakan yang tidak sempurna, bacaan yang mungkin lupa, terlalu buru-buru, tidak khusyuk dan khidmat dan lain sebagainya.

Balasan menanti berupa rumah di surga
Keutamaan dari sholat qobliyah subuh adalah akan mendapatkan rumah di surga sebagai balasan karena telah taat dan beribadah pada Allah. Keutamaan ini, dijelaskan pula dalam sebuah hadist shahih yang disampaikan oleh Ummu Habibah ra, Istri Rasul SAW, berkata:

“Aku mendengar Rasul shallallahu alaihi wa sallam bersabda, seorang hamba yang muslim melaksanakan sholat sunnah yang bukan wajib, karena Allah sebanyak 12 rakaat dalam setiap harinya, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.

Kemudian Ummu Habibah radhiyallahu anha berkata, setelah aku mendengarkan hadist tersebut, aku tidak pernah meninggalkan shalat tersebut (sholat sunnah).”

Selalu dalam lindungan Allah
Seseorang yang rajin melaksanakan sholat sunnah qobliyah subuh akan berada dalam lindungan Allah. Siapa saja akan selalu berada dalam lindungan Allah, apabila ia melaksanakan sholat tepat waktu dan diiringi pula dengan amalan-amalan baik lainnya. Rasulullah pernah bersabda: 

“Barangsiapa yang menunaikan sholat subuh, maka ia akan berada dalam jaminan Allah. Maka jang pernah coba-coba membuat Allah membuktikan janji Nya. barang siapa yang membunuh orang ketika ia sedang menunaikan sholat subuh, maka Allah pun akan menuntutnya, sehingga Allah akan membenamkan muka orang tersebut ke dalam api neraka.” (HR. Muslim. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya