Kisah Keisuke Honda: Minggu Lalu Komentator Piala Dunia, Sekarang Pelatih Piala AFF

"Keisuke Hinda adalah sosok yang unik."

Sports | 22 December 2022, 16:33
Kisah Keisuke Honda: Minggu Lalu Komentator Piala Dunia, Sekarang Pelatih Piala AFF

Keisuke Honda adalah legeda sepakbola Jepang. Dikenal sebagai sosok yang unik. Meski masih aktif bermain, Keisuke Honda memilih menukangi timnas Kamboja dan bekerja jarak jauh. Dan, pada Jumat (23/12/2022) sore, Keisuke Honda akan memimpin anak-anak asuhnya menghadapi Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Timnas Indonesia akan menghadapi pertandingan perdana Piala AFF 2022 di Grup A dengan menghadapi Kamboja asuhan Keisuke Honda. Ini akan menarik karena Kamboja mengalahkan tim bertabur pemain naturalisasi, Filipina, di pertandingan pertama.

Uniknya, sebelum menangani Kamboja melawan Filipina dan terbang ke Indonesia, Keisuke Honda ternyata baru kembali dari Qatar. Selama sebulan, dia jadi komentator untuk salah satu stasiun televisi Jepang.

Seperti dilaporkan, Nikkan Sports, setelah menyelesaikan pekerjaan sementara sebagai komentar pertandingan Piala Dunia 2022, termasuk final Argentina vs Prancis, Minggu (18/12/2022), Keisuke Honda langsung meninggalkan Qatar kembali ke Kamboja bergabung dengan tim tanpa istirahat.

Hasilnya, tidak percuma. Sebab, pada laga pembuka Grup A Piala AFF 2022, Keisuke Honda langsung mengambil alih skuad dan mengembalikan Ryu Hirose ke posisi semula sebagai asisten pelatih.

"Dari menjadi komentator lepas (Piala Dunia), Keisuke Honda telah mengatasi jarak geografis dan zona waktu untuk berperan sebagai pelatih. Dan, bersama tim (Kamboja) meraih tiga poin," tulis Nikkan Sports.

Dalam beberapa tahun terakhir, Keisuke Honda telah membantu mengembangkan sepakbola Kamboja sebagai konsultan, direktur teknis, general manager, sekaligus pelatih kepala. Mantan pemain AC Milan itu memberikan banyak kontribusi bagi kemajuan tim nasional Kamboja dari level junior hingga senior.

"Visi Piala Dunia membantu Keisuke Honda memimpin Kamboja meraih kemenangan pertama di Piala AFF 2022. Dia membawa data analitik dari komentar Piala Dunia untuk membantu timnya. Dia menang dengan indah," tulis Nikkan Sports lagi.

Jadi, layak ditunggu sepak terjang Keisuke Honda saat membawa Kamboja menghadapi Indonesia. Pada Piala AFF 2020, Indonesia juga berjumpa Kamboja. Saat ini, Indonesia menang dengan kerja keras karena Kamboja sangat merepotkan.

(andri ananto/anda)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya