Bacaan Al Quran Setelah Sholat Dhuha, Amalkan 2 Surah Ini

"untuk lebih jelasnya simak di bawah ini"

Life | 26 December 2022, 07:36
Bacaan Al Quran Setelah Sholat Dhuha, Amalkan 2 Surah Ini

Sholat dhuha merupakan ibadah sholat sunnah yang dijalankan pada waktu dhuha atau di pagi hari ketika matahari sedang naik, dan waktunya baru berakhir saat mendekati waktu sholat dzuhur.

Salah satu jalan mendapatkan rezeki tidak hanya dengan shodaqoh atau berbagi. Juga membaca Quran. Dan di antaranya ialah dengan mendirikan shalat dhuha. Yang tentu saja mungkin sudah tidak asing lagi. Dengan dilakukan pada pagi hari.

Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu pagi atau waktu Dhuha, yakni ketika matahari sedang naik setinggi tombak atau naik sepenggalah. Jika diukur menggunakan jam, maka waktu sholat Dhuha berada pada pukul tujuh, delapan, sembilan, sampai sebelum masuk waktu shalat zhuhur.

Sholat Dhuha ini sedikitnya dikerjakan dua rakaat dan sebanyak-banyaknya dua belas rakaat dengan setiap dua rakaat satu salam. Cara mengerjakannya sama seperti mengerjakan sholat sunnah dua rakaat, hanya saja niatnya berbeda.
Daun.id

sumber: pixabay

Bacaan Al Quran Setelah Sholat Dhuha, Amalkan 2 Surah Ini
- Ar Rahman
Manfaat membaca surah Ar Rahman setelah Sholat Dhuha sangat beragam. Tak hanya akan mendapatkan pahala, orang tersebut akan memperoleh kebaikan-kebaikan lain dalam hidupnya. Meskipun demikian, sebenarnya tidak ada aturan yang mengharuskan seseorang membaca Al-Qur’an atau surah Ar Rahman setelah Sholat Dhuha. Akan tetapi, amalan baik seperti membaca Al-Qur’an tidak ada salahnya untuk dikerjakan seusai menunaikan sholat wajib maupun sunnah.

Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu (sholat dhuha), niscaya akan Aku cukupkan untukmu (rezeki) di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad)

- Al Waqiah
Selain terkenal sebagai surah yang membantu dalam kemudahan rezeki, juga dijauhkan dari kemiskinan jika membacanya setiap hari. Juga jika dibaca sebanyak 41 kali, seluruh hajat atau keinginannya berkaitan dengan rezeki akan dikabulkan Allah.

Membaca surah Al Waqiah dipercaya dapat membawa kebaikan bagi pembacanya jelang hari akhir nanti. Salah satu waktu terbaik untuk mengamalkan membaca Surah Al Waqiah adalah setelah Sholat Dhuha dan Sholat Tahajud.

Membaca setelah sholat dhuha dan sholat tahajud pada ayat ke 89: “fa rouhu wa roihanu ja jannatu na’im” sebanyak 3 kali.

Usahakan dengan menahan napas dan diam sejenak, kemudian disambung dengan permohonan atau hajat yang diinginkan. Setelahnya, lanjukan membaca hingga ayat terakhir.

Membacanya setelah dhuha atau tahajud sebanyak 3 kali dilanjutkan dengan doa berikut ini.

“Allahumma inni as’aluka bihaqqi suuratil waaqiah wa asrooroha, antuyassiroli rizqii kamaa yusarritahuu li katsirin bi kholqika, Ya Allah ya robbal’alamiin.”

Ya Allah sesungguhnya, aku memohon kepadamu dengan kebenaran surat Al Waqiah dan segala rahaisanya. Agar Engkau berkenan memudahkan rezekiku sebagaimana Engkau memudahkannya pada seluruh makhluk.

Bacaan Surah Saat Melaksanakan Sholat Dhuha
Dalam mendirikan atau melaksanakan sholat dhuha dianjurkan membaca surah-surah tertentu setelah surah Al-Fatihah.
Daun.id

sumber: pixabay

Dalam kitab Al-Taqriratus Sadidah disebutkan bahwa terdapat empat surah Al-Quran yang dianjurkan untuk dibaca, yaitu:
- Al-Syamsi
- Al-Dhuha
- Al-Kafirun
- Al-Ikhlas 

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha
Juga jangan lupa baca doa setelah melaksanakan sholat dhuha. Doanya sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allaahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka walbahaa-a bahaa-uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quw watuka wal qudrata qudratuka wal 'ishmatta 'ishmatuk. Allaahumma in kaana rizqii fissamaa-i fa anzilhu wa in kaanafil ardhi fa-akhrijhu wa in kaana mu'assaran fayas sirhu wa in kaana haraaman fathahhirhu wa in kaana ba'iidan faqarribhu bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaa-ika wa jamaalika wa quuwatika wa qudratika aatinii maa aataita 'ibaadakash shalihiin.

Artinya: "Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rizqiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh."

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya