Bacaan Bilal Sebelum Khatib Naik Mimbar Pada Sholat Jum'at

"Bilal akan membaca doa ini sebelum khatib ke mimbar."

Life | 27 December 2022, 20:51
Bacaan Bilal Sebelum Khatib Naik Mimbar Pada Sholat Jum'at

Sholat Jum'at adalah sholat wajib yang dilakukan setiap hari Jum'at oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Sholat Jum'at merupakan salah satu dari empat sholat wajib yang harus dilakukan oleh setiap orang Muslim, yaitu sholat lima waktu (sholat Fardhu).

Sholat Jum'at terdiri dari dua rakaat yang dilakukan bersama-sama dengan jemaah di masjid. Sebelum sholat Jum'at dimulai, para jemaah akan mendengarkan khutbah (ceramah agama) yang disampaikan oleh imam atau khatib di mimbar.

Sholat Jum'at merupakan sholat khusus yang hanya dilakukan pada hari Jum'at, dan tidak boleh digantikan dengan sholat lainnya. Sholat Jum'at sangat diagungkan dalam agama Islam, karena dianggap sebagai salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh keberkahan.

Bilal adalah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang terkenal dengan kecakapannya dalam mengumandangkan adzan dan iqamah. Ia merupakan orang pertama yang diangkat menjadi muadzin (orang yang mengumandangkan adzan dan iqamah) di masjid pertama di Madinah.

Bilal merupakan seorang sahabat yang sangat dekat dengan Nabi Muhammad SAW, dan ia sangat taat kepada ajaran Islam. Sejak kecil, ia sudah dikenal sebagai sosok yang sangat teguh imannya, dan ia selalu memperhatikan kewajiban-kewajiban agamanya dengan sebaik-baiknya.

Dalam sholat Jum'at, peran Bilal sangat penting. Ia adalah orang yang bertugas untuk mengumandangkan adzan dan iqamah, serta membaca surat-surat Al-Qur'an sebelum khatib naik mimbar untuk memberikan khutbah.

Bilal juga merupakan sosok yang sangat dihormati oleh para sahabat lainnya, karena keberanian dan keteguhan imannya dalam menghadapi cobaan-cobaan yang dihadapinya. Ia juga merupakan salah satu contoh sosok muadzin yang ideal, yang selalu menjalankan tugasnya dengan penuh kepatuhan kepada Allah SWT.

Karena perannya yang sangat penting dalam sholat Jum'at, Bilal selalu dianggap sebagai sosok yang patut dijadikan teladan dalam menjalankan kewajiban agama. Semoga kita semua dapat mengikuti jejak Bilal dalam menjalankan kewajiban-kewajiban agama kita dengan sebaik-baiknya.

Bacaan Bilal Sebelum Khatib Naik Mimbar Pada Sholat Jum'at

Daun.id

sumber; pexels.com

Dalam pelaksanaan sholat Jum'at terdapat seorang bilal yang bertugas mengumandangkan adzan. Selain itu juga terdapat seorang khotib yang memiliki tugas menyampaikan khutbah. Sebelum seorang khotib naik ke mimbar, bilal akan membaca bacaan berikut ini:

1. Ketika bilal masuk ke masjid, ia akan mengumandangkan adzan pertama. Setelah selesai, ia akan mengumandangkan iqamah pertama.

2. Setelah selesai, para jamaah sholat Jum'at akan melaksanakan sholat sunnah.

3. Kemudian, bilal berdiri di depan mimbar menghadap ke arah jamaah sembari memegang tongkat dan membaca bacaan berikut:

مَعَاشِرَالْمُسْلِمِينَ، وَزُمْرَةَ الْمُؤْمِنِينَ رَحِمَكُمُ اللهِ، رُوِيَ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ، قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَنْصِتْ، وَاْلإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَو (أَنْصِتُوا وَاسْمَعُوا وَأَطِيعُوا رَحِمَكُمُ اللهِ ٢×) أَنْصِتُوا وَاسْمَعُوا وَأَطِيعُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

"Ma’a syirol muslimin, wa zumrotal mu’minina rohimakumulloh, ruwiya ‘an abi hurairota rodliyallohu’anhu annahu qoola, qoola rosulullohi shollallohu ‘alaihi wa sallam idza qulta lishohibika yaumal jum’ati anshit, wal imaamu yakhtubu faqod laghout -Anshitu wasma’u wa athi’u rohimakumulloh 2x- Anshitu wasma’u wa athi’u la’alakum turhamun."

4. Setelah selesai membaca doa, bilal akan memanggil khatib dengan mengumandangkan "adzan kedua". Kemudian, khatib akan naik ke mimbar untuk memberikan khutbah.

Itulah bacaan yang dibaca oleh seorang bilal sebelum khatib naik ke atas mimbar. Semoga bermanfaat! Wallahu a‘lam bi as-shawab.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya