Obat Sakit Gigi Alami, Ampuh Redakan Nyeri

"Obat alami di bawah ini dapat digunakan redakan nyeri."

Life | 29 December 2022, 06:37
Obat Sakit Gigi Alami, Ampuh Redakan Nyeri

Sakit gigi adalah rasa sakit yang terjadi pada gigi dan jaringan yang mengelilingi gigi. Sakit gigi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti karies, infeksi, gangguan pada jaringan gigi, atau reaksi terhadap obat-obatan. Gejala sakit gigi dapat bervariasi, mulai dari rasa sakit ringan hingga sakit yang sangat parah. Sakit gigi dapat terjadi pada gigi manapun, termasuk gigi molar, gigi seri, atau gigi geraham.

Sakit gigi dapat menyebabkan rasa tidak nyaman yang cukup parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, sakit gigi perlu diatasi secepatnya dengan cara yang tepat. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit gigi antara lain mengonsumsi obat sakit gigi, membilas mulut dengan garam atau air hangat yang dicampur dengan sedikit garam, atau menggunakan obat gosok gigi yang mengandung zat anestesi. Sakit gigi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang.

Obat Sakit Gigi Alami

Daun.id

sumber; pixabay.com

Terjadinya sakit gigi dapat mengganggu beragam aktivitas kita, sebab dapat menimbulkan rasa nyeri. Berikut ini jenis-jenis obat sakit gigi alami:

1. Garam

Garam merupakan obat sakit gigi alami yang efektif dan mudah didapat. Anda dapat mencampurkan sedikit garam ke dalam air hangat dan menggunakannya untuk membilas mulut. Garam akan membantu mengurangi rasa sakit gigi dan menyembuhkan infeksi.

2. Daun sirih

Daun sirih merupakan obat sakit gigi alami yang telah digunakan selama berabad-abad. Anda dapat menggunakan daun sirih dengan cara menggosok daun sirih pada gigi yang sakit atau membuat ramuan dengan mencampurkan daun sirih dengan sedikit air dan menggunakannya sebagai obat gosok gigi.

3. Bawang putih

Bawang putih merupakan obat sakit gigi alami yang efektif karena mengandung zat antimikroba yang dapat membantu mengobati infeksi. Anda dapat mengunyah bawang putih mentah atau mencampurkan bawang putih yang dihancurkan dengan sedikit air dan menggunakannya sebagai obat gosok gigi.

4. Teh hijau

Teh hijau merupakan obat sakit gigi alami yang dapat membantu mengurangi rasa sakit gigi dan mengobati infeksi. Anda dapat menggunakan teh hijau dengan cara menyeduh teh hijau, menunggu agar teh tersebut dingin, lalu membilas mulut dengan teh tersebut.

5. Jus wortel

Jus wortel merupakan obat sakit gigi alami yang dapat membantu mengurangi rasa sakit gigi dan mengobati infeksi. Anda dapat menggunakan jus wortel dengan cara menyeduh wortel, lalu membilas mulut dengan jus wortel tersebut.

6. Cengkeh

Kandungan yang terdapat dalam cengkeh ialah eugenol, senyawa alami yang dapat meredakan nyeri saat sakit gigi. Anda dapat melakukan dengan mengunyah batang cengkeh atau menggunakan kapas dan menempelkan pada bagian gigi yang sakit.

7. Daun jambu biji

Selain segar buahnya, jambu juga dapat dimanfaatkan melalui daunnya. Salah satunya sebagai pereda nyeri saat sakit gigi. Langkah praktisnya, kunyah selembar daun jambu biji hingga keluar sarinya. Lalu oleskan pada bagian gigi yang sakit. Daun jambu biji mengandung sifat antiradang, antimikroba, dan analgesik.

8. Kompres dengan es batu

Rasa dingin pada es batu dapat mengendurkan saraf akibat rasa nyeri pada gigi. Selain itu juga dapat membantu penyempitan pembuluh darah di wajah. Sehingga dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri, termasuk pada sakit gigi. Anda dapat memasukan es batu ke dalam plastik dilapsi waslap, lalu ditempel ke pipi atau bagian luar sakit gigi.

9. Madu Alami

Madu terkenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan cocok dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan. Selain itu madu alami juga sering digunakan untuk meredakan nyeri pada sakit gigi. Tak hanya itu, madu juga sangat baik untuk mencegah gigi berlubang. Larutkan satu sendok madu dengan air hangat secukupnya. Aduk hingga merata, lalu gunakan untuk berkumur. Buanglah air bekas kumur tersebut, lalu minumlah air putih.

Meskipun obat sakit gigi alami tersebut dapat membantu mengurangi rasa sakit gigi, Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter. Terlebih jika sakit gigi masih terus berlanjut dan tak kunjung sembuh. Obat alami di atas, ampuh untuk digunakan meredakan nyeri pada sakit gigi.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 28 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:02 ISYA 19:11  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya