Obat Radang Tenggorokan Dexamethasone, Ketahui Dosis Minumnya

"simak lebih jauh di bawah ini"

Life | 30 December 2022, 07:23
Obat Radang Tenggorokan Dexamethasone, Ketahui Dosis Minumnya

Semua orang tentunya pernah mengalami tenggorokan sakit yang tidak tahu apa penyebab pastinya. Bisa tiba-tiba saja serak disertai gatal, dan sangat nyeri dibuat makan atau pun bicara. Itu bisa saja disebut dengan radang tenggorokan. Yang biasa dialami atau biasanya gejala awal saat orang akan mengalami demam.

Radang tenggorokan (faringitis) merupakan gangguan kesehatan pada tenggorokan yang ditandai dengan rasa nyeri, gatal hingga kering yang membuat rasa tidak nyaman. Radang tenggorokan dapat timbul akibat infeksi virus dan infeksi bakteri. Salah satu jenis virus yang dapat menyebabkan munculnya sakit tenggorokan adalah virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Ciri-Ciri Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan
terkadang dapat sembuh dengan sendirinya, namun tidak jarang pula radang tenggorokan ini menjadi gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai. Berikut ini adalah ciri-ciri dari gangguan kesehatan radang tenggorokan:

- Rasa sakit dan gatal pada tenggorokan
- Nyeri ketika menelan dan berbicara
- Suara menjadi serak
- Batuk-batuk dan lainya

Salah satu obat yang cukup populer yaitu Dexamethasone, adalah salah satu obat antiinflamasi steroid. Fungsinya adalah mengurangi reaksi peradangan di dalam tubuh dan bisa menimbulkan efek imunosupresan atau menekan sistem imun. Obat ini termasuk obat keras (bertanda lingkaran merah dengan huruf K di dalamnya), sehingga untuk mendapat obat ini perlu resep dokter.Daun.id

sumber: pixabay

Penggunaan obat ini harus di bawah pengawasan dokter karena obat ini dapat menimbulkan efek samping serius, seperti sindrom Cushing, tukak lambung, mudah terinfeksi, gangguan hati, dan lain-lain.

Sebaiknya setelah obat tersebut habis, konsultasi kembali dengan dokter yang merawat si penderita karena pemberian dosis dexamethasone ini pada setiap pasien bisa berbeda-beda. Hal ini perlu penilaian dokter yang telah melakukan pemeriksaan secara langsung.

Karena obat ini seharusnya bisa didapatkan hanya jika memiliki resep dokter, bisa juga mencoba mencari label atau catatan yang ditempelkan pada bungkus obatnya sesuai dengan resep yang telah dituliskan dokter.

Hindari menebus resep berulang, meskipun gejala penyakit sekilas tampak sama seperti sebelumnya. Karena obat untuk sakit saat ini dan obat untuk sakit beberapa waktu sebelumnya tentu akan berbeda (perlu penyesuaian).

Dosis Dexamethasone
untuk menangani radang tenggorokan dapat dikonsumsi 0,75-9 mg/hari, dikonsumsi dalam 2-4 dosis terbagi. Obat ini termasuk kategori obat keras yang membutuhkan resep serta pengawasan dari dokter sehingga dalam penggunaannya tidak boleh sembarangan. Obat ini bekerja dengan mencegah pelepasan zat penyebab peradangan di dalam tubuh.

Manfaat Obat Dexamethasone
Dexamethason
e adalah obat antiradang golongan glukokortikoid yang digunakan untuk menangani reaksi alergi, Cushing disease, penyakit kulit, radang sendi, gangguan mata, gangguan sistem kekebalan tubuh, edema serebral atau pembengkakan otak yang berhubungan dengan kehamilan, serta batuk yang disertai sesak napas.

Efek Samping Dexamethasone
Obat ini dapat menimbulkan efek samping yang serius. Efek samping dexamethasone seperti:

- Sakit perut
- Iritasi lambung
- Muntah
- Sakit kepala
- Pertumbuhan jerawat
- Gangguan tidur
- Peningkatan berat badan
- Peningkatan tekanan darah
- Kejang

Radang tenggorokan adalah infeksi yang terjadi pada tenggorokan dan tonsil yang disebabkan oleh bakteri sehingga membuat tenggorokan terasa sakit dan gatal. Jik  sedang mengalami radang tenggorokan sebaiknya lakukan saran berikut ini:

- Banyak konsumsi air putih
- Konsumsi air jahe
- Konsumsi madu
- Kumur dengan menggunakan air garam

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 13 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:28 SUBUH 04:38 DUHA 06:16 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:55 ISYA 19:04  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Aries akan mengalami kehidupan percintaan yang penuh gairah. Kamu akan menemukan dirimu lebih terbuka untuk menjalin hubungan baru atau memperdalam hubungan yang sudah ada. Namun, tetaplah berhati-hati dan jangan terburu-buru dalam membuat keputusan besar dalam percintaanmu.



Aries Selengkapnya