Obat Sakit Gigi Berlubang di Apotik, Ketahui Kandungan dan Aturannya

"Atasi sakit gigi dengan obat-obat ini."

Life | 30 December 2022, 12:48
Obat Sakit Gigi Berlubang di Apotik, Ketahui Kandungan dan Aturannya

Sakit gigi berlubang adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan rasa sakit yang terjadi pada gigi yang memiliki lubang atau kerusakan pada enamel (lapisan keras yang melindungi gigi). Lubang atau kerusakan pada enamel dapat terjadi akibat karies gigi, yaitu proses kerusakan gigi yang disebabkan oleh aktivitas bakteri yang mengurai gula dan karbohidrat yang ada di dalam mulut.

Karies gigi dapat menyebabkan terjadinya infeksi atau kerusakan jaringan lunak di dalam gigi, yang menyebabkan rasa sakit yang terasa saat mengunyah atau mengalami perubahan suhu. Rasa sakit ini biasanya terasa lebih intens saat gigi tersebut terkena tekanan atau terpapar dengan makanan atau minuman yang dingin atau panas.

Untuk mengatasi sakit gigi berlubang, dibutuhkan perawatan gigi yang tepat. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit gigi berlubang antara lain dengan menggunakan obat sakit gigi yang tersedia di apotik, menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter gigi, atau dengan melakukan perawatan gigi di klinik gigi.

Jika lubang atau kerusakan pada gigi sudah terlalu parah, mungkin diperlukan tindakan seperti pencabutan gigi atau pemasangan korona gigi. Sebagai langkah preventif, sebaiknya rajin membersihkan gigi dengan benar, termasuk dengan menggunakan sikat gigi yang tepat dan menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride untuk mencegah terjadinya karies gigi.

Obat Sakit Gigi Berlubang di Apotik

Daun.id

sumber; pixabay.com

Kondisi sakit gigi hingga berlubang merupakan suatu kondisi yang tidak nyaman. Pasalnya dapa menimbulkan rasa sakit pada gigi hingga berlebihan. Selain obat herbal, obat sakit gigi juga dapat ditemui di apotik, seperti berikut:

1. Eugenia Dental

Obat sakit gigi ini dapat dijumpai di apotik terdekat. Di dalamnya terkandung minyak cengkeh, suatu minyak yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Terkhusus pada sakit gigi untuk meredakan nyerui. Obat ini berbentuk cairan dan dapat dioleskan pada bagian gigi berlubang dengan menggunakan kapas.

2. Colling 5 Plus

Obat yang kedua ini berupa obat semprot yang dapat digunakan untuk mengatasi beberapa masalah gigi. Kandungan yang terdapat dalam colling 5 plus ialah benzocaine dan phenol, secara ampuh dapat dapat meredakan nyeri pada gigi. Aturan pakainya cukup simpel, hanya perlu disemprotkan pada area yang terasa sakit.

3. Ibuprofen

Mudah ditemukan di apotik-apotik terdekat, obat ini tergolong obat-obatan anti inflamasi nonsteroid. Sehingga sangat tepat ketika digunakan untuk meringankan inflamasi. Aturan pakai dalam obat ini, bisa dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan.

4. Sumagesic

Obat ini dikenal dapat mengatasi sakit gigi berlubang yang terasa nyeri dan nyut-nyutan. Sehingga dapat menjadi alternatif dalam mengatasi sakit gigi berlubang. Bagi para penderita hipersitif terhadapa parcetamol, sebaiknya hindari obat ini.

5. Asam Mefenamat

Obat ini menjadi salah satu obat yang sudah dikenal, bahkan sering dikonsumsi ketika terjadi sakit gigi. Kandungan asam mefenamat di dalamnya berfungsi menghambat enzim prostagladin. Penghambatan enzim inilah yang mampu meredakan sakit gigi.

6. Profenal

Kandungan paracetamol dalam obat ini, dapat secara ampuh untuk digunakan meredakan nyeri. Selain itu juga dapat digunakan obat sakit kepala akibat gigi berlubang. Di dalamnya juga terdapat kandungan ibuprofen yang dapat menjadi obat anti-inflamasi nonsteroid.

7. Profenid

Jenis obat ini sudah umum digunakan untuk mengobati sakit gigi yang sangat parah. Salah satunya mengobati sakit gigi berlubang hingga radang. Kandungan ketoprofen sebagai obat anti-inflamasi nonsteroid. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

8. Anastan

Ketika gigi Anda terasa sakit, mulai dari ringan hingga sedang. Obat ini teergolong salah satu obat yang sangat keras, sehingga perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Asam mefenamatnya dapat membantu mengatasi sakit karena gigi berlubang.

9. Cap Burung Kakak Tua

Salah satu jenis obat herbal yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Obat ini berupa obat cairan yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri pada gigi. Seperti mengatasi sakit gigi berlubang, di dalamnya memiliki kandungan minyak cengkeh yang merupakan obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi.

10. Dentasol

Obat gigi yang berupa cairan dan dapat dioleskan secara langsung pada are sakit gigi berlubang. Gunakan kapas, lalu oleskan pada area sakit gigi setiap 3 hingga 4 jam.

11. Ponstan

Obat ini berupa tablet yang dapat dikonsumsi untuk meredakan sakit gigi berlubang. Di dalamnya terdapat kandungan asam mefenamat yang secara ampuh dapat meredakan nyeri. Aturann pakainya dapat dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum penggunaan.

12. Cataflam

Obat iini bisa dibilang ampuh mengobatis sakit gigi berlubang. Tergolong obat anti-inflamasi yang memiliki kandungan diclofenac potassium. Sehingga dapat menghambat enzim yang memicu munculnya rasa nyeri pada area gigi yang rusak atau berlubang.

13. Iprox

Obat sakit gigi berlubang lainnya ialah iprox yang dapat ditemui di apotik. Obat ini berbentuk suspensi atau sirup dengan varian rasa. Jadi sangat cocok untuk digunakan pada anak-anak.

14. Pondex Forte

Obat sakit gigi berlubang ini memiliki kandungan asam mefenamat yang dapat digunakan menghambat enzim prostagladin penyebab peradangan. Dengan mengonsumsi obat ini, sakit gigi berlubang dapat mereda. Namun, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi.

15. Mefenamic Acid

Salah satu obat alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi gigi berlubang. Obat ini juga tergolong sebagai obat anti-inflamasi nonsteroid cocok digunakan untuk menghambat enzim prostagladin penyebab peradangan. Terhambatnya enzim tersebut dapat meredakan nyeri.

Demikianlah beragam obat sakit gigi berlubang yang dapat ditemukan di apotik. Obat-obatan di atas dapat ditemui di apotik terdekat, dan baca aturan pakai sebelum menggunakannya.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 24 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya