Sepakbola Berduka, Ini Pesan Menyentuh Neymar untuk Pele

"RIP! Kepergian sang legenda ditangisi banyak orang."

Sports | 30 December 2022, 16:13
Sepakbola Berduka, Ini Pesan Menyentuh Neymar untuk Pele

Meninggalnya Pele membuat banyak pesepakbola berduka. Bukan hanya yang berasal dari Brasil, melainkan dari seluruh dunia. Salah satu yang merasa kehilangan adalah Neymar.

Legenda dengan nama lengkap Edson Arante do Nascimento itu meninggal dunia dalam usia 82 tahun di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Kamis (29/12/2022), setelah berjuang keras melawan kanker usus besar dalam beberapa bulan terakhir.

Pesepakbola yang menghabiskan kariernya di Santos itu tetap menjadi satu-satunya pemain yang memenangkan Piala Dunia tiga kali. Jadi, berita duka berpulangnya Pele membuat sedih banyak pemain sepakbola, khususnya yang memiliki hubungan dekat dengan sang legenda.

Kepergian Pele disambut dengan ucapan belasungkawa mengalir dari seluruh dunia. Contohnya, Neymar. Megabintang Paris Saint-Germain (PSG) baru-baru ini menyamai rekor Pele sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Brasil.

"Sebelum Pele, No.10 hanyalah sebuah angka. Saya pernah membaca ungkapan ini di suatu tempat, di suatu saat dalam hidup saya," tulis Neymar di akun media sosial resmi miliknya.

"Kalimat ini, meski indah, tidak lengkap. Menurut saya, sebelum Pele sepakbola hanyalah olahraga. Pele telah mengubah semuanya. Dia mengubah sepakbola menjadi seni, menjadi hiburan. Dia menyuarakan orang miskin, orang kulit hitam, dan terutama  memberikan visibilitas ke Brasil," tulis Neymar lagi.

"Sepakbola dan Brasil telah menaikkan status mereka berkat Sang Raja! Dia sudah pergi tapi sihirnya tetap ada. Pele SELAMANYA!!" tulis mantan pemain Barcelona tersebut.

Seperti Pele, Neymar juga memulai karier bersama Santos. Dia juga memenangkan Copa Libertadores dengan tim asal Sao Paulo itu.

Tapi, koleksi gol Pele jauh di atas Neymar. Dia mencetak gol yang luar biasa sepanjang kariernya, dengan beberapa statistik yang mengklaim sebanyak 1.281 gol, dalam 1.363 pertandingan.

Selain Neymar, Cafu juga memberikan penghormatan brilian kepada sang legenda. "Pele tidak akan pernah mati. Pele itu abadi, Pele adalah rajanya, Pele itu unik. Dia akan diabadikan dalam setiap gol yang luar biasa, dalam setiap momen jenius. Tapi, terutama dalam diri kita masing-masing yang terinspirasi oleh dia dan generasinya. Beristirahatlah dalam damai saudaraku," tulis mantan kapten Brasil itu.

Tidak hanya orang-orang Brasil maupun aktor sepakbola, mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama, juga termasuk di antara yang memberikan penghormatan besar.

"Pele adalah salah satu yang terhebat yang pernah memainkan permainan yang indah. Dan, sebagai salah satu atlet yang paling dikenal di dunia, dia mengerti kekuatan olahraga untuk menyatukan orang. Doa kami bersama keluarganya dan semua orang yang mencintai dan mengaguminya," tulis Barack Obama.

(andri ananto/anda)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 19 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya