Obat Sakit Gigi Ngilu Cukup Efektif, Praktis Untuk Dilakukan di Rumah

"yuk simak"

Life | 31 December 2022, 07:07
Obat Sakit Gigi Ngilu Cukup Efektif, Praktis Untuk Dilakukan di Rumah

Sakit gigi memang selalu menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi penderitanya. Lantaran selain mengganggu saat makan atau minum atau bahkan saat berbicara, terkadang begitu sangat mengganggu penderitanya.

Tak hanya itu juga sakit gigi rasa sakitnya hingga menjalar ke kepala dan tubuh yang lain. Tak jarang pula penderitanya hingga mengalami badan panas dan yang lainnya. Benar-benar mengganggu aktivitas, juga menyiksa si penderita. Oleh karenanya si penderita melakukan berbagai cara agar menghilangkan rasa sakit itu dengan cepat. Juga mencoba mengatasinya, dengan mencari obat sakit gigi paling ampuh yang dapat meredakan nyeri dengan cepat.

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh gigi berlubang, gigi patah, gusi bengkak, atau infeksi pada gigi atau gusi. Sering kali, sakit gigi dibarengi dengan gejala lain, seperti sakit kepala atau demam.

Yang sering dialami orang-orang umumnya adalah gigi ngilu. Selain bikin nyut-nyutan, gigi yang terasa ngilu juga membuat tidak bisa makan enak. Simak berikut ini:

Daftar obat alami untuk mengatasi gigi ngilu
Ada banyak penyebab gigi terasa ngilu. Entah itu karena gigi yang memang sensitif, gigi berlubang, gigi retak, tambalan lepas, akar gigi yang terekspos, hingga penyakit gusi (periodontitis).

Umumnya gigi dapat terasa ngilu karena enamel (lapisan terluar gigi) terkikis, bisa karena makanan atau minuman tertentu maupun cara menyikat yang salah.

Lapisan enamel yang terkikis menyebabkan dentin (bagian tengah gigi yang dipenuhi serabut saraf dan pembuluh darah) terbuka sehingga terpapar lingkungan luar gigi. Paparan asam, manis, dingin, atau panas dari makanan yang mengenai saraf ini membuat gigi Anda mudah terasa ngilu atau nyut-nyutan.

Namun meski penyebabnya banyak, pilihan obat alaminya untuk meredakan sensasi ngilu pada gigi juga ada banyak. Anda bisa mencoba menggunakan:
Daun.id

sumber: pixabay

1. Air garam
Berkumur air garam sudah menjadi nasehat turun menurun dari zaman nenek moyang untuk mengatasi masalah gigi, termasuk gigi ngilu. Garam sudah terbukti bersifat antiseptik oleh banyak penelitian ilmiah. Artinya, garam bisa membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang menyebabkan peradangan dan sensasi ngilu.

Sebagai obat gigi ngilu, cukup dengan melarutkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur selama 30 detik lalu buang airnya. Ingat, jangan ditelan, ya!

2. Air madu
Madu juga bersifat antiseptik dan antibakteri, sehingga dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gigi ngilu. Bahkan, satu penelitian dari The Saudi Dental Journal melaporkan madu juga dapat membantu mencegah gigi berlubang dan radang gusi (gingivitis).

Terlebih dahulu bisa melarutkan satu sendok madu ke dalam segelas air hangat dan aduk rata. Gunakan air madu tersebut sebagai obat kumur selama 30 detik. Buang bekas air kumur tadi, dan akhiri dengan minum air putih.

3. Kunyit
Kunyit yang biasa dipakai untuk menyedapkan masakan ternyata juga bermanfaat sebagai obat gigi ngilu alami. Senyawa curcumin dalam kunyit diketahui efektif untuk melawan bakteri penyebab infeksi gusi dan meredakan peradangannya. Untuk menjaga kesehatan mulut dan mengobati gigi ngilu, Anda bisa mengolah kunyit dengan dua cara.

Cara Pertama, pijat gigi Anda dengan bubuk kunyit panggang. Sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba kunyit dapat digunakan untuk membantu mengurangi rasa sakit pada gigi yang sakit.

Cara kedua, gunakan pasta yang terbuat dari kunyit. Perawatan lain yang sangat baik untuk periodontitis dan radang gusi adalah pasta menggunakan garam dan minyak mustard. Cukup gunakan jari Anda untuk memijat gigi dan gusi dua kali sehari.

4. Daun jambu
Daun jambu kaya akan antioksidan flavonoid yang salah satu manfaatnya adalah untuk meredakan ngilu di gigi. Sifat antiradang dan antimikroba dari flavonoid juga efektif untuk membantu mempercepat penyembuhan sakit gigi.

Mengunyah daun jambu segar yang sudah dicuci bersih sampai ekstrak airnya keluar. Lalu, ambil sari daun jambu tadi dengan lidah dan oleskan pada bagian gigi yang terasa ngilu.

Cara lainnya, bisa dengan merebusnya beberapa lembar daun jambu dan tambahkan sejumput garam. Setelah mendidih, angkat air rebusan dan dinginkan sebentar. Anda bisa gunakan air rebusan daun jambu ini sebagai obat kumur.

5. Bawang putih
Rasanya bawang putih hampir dibutuhkan dalam setiap masakan. Namun, tahukah bahwa bawang putih untuk mengobati berbagai masalah gigi dan mulut ternyata sudah dikenal sejak dulu. Penelitian menemukan, senyawa allicin dalam bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antimikroba. Kombinasi keduanya dapat membantu melawan kuman penyebab sakit gigi sekaligus meredakan rasa nyerinya.

Cara mengobati gigi ngilu dengan bawang putih adalah dengan mengunyahnya di sisi mulut yang nyut-nyutan. Bila tidak bisa mengunyah bawang putih, bisa dengan mengirisnya tipis-tipis dan letakkan di bagian gigi yang sakit. 

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juli 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami kemajuan yang positif. Jika Anda sudah memiliki pasangan, hubungan Anda akan semakin erat dan harmonis. Jika Anda masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu dengan seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Cancer Selengkapnya