Obat Herbal Sakit Gigi, Ketahui Penyebab dan Pencegahannya

"Ampuh mengobati sakit gigi, bisa didapat dengan mudah."

Life | 31 December 2022, 10:28
Obat Herbal Sakit Gigi, Ketahui Penyebab dan Pencegahannya

Obat herbal adalah obat yang terbuat dari tumbuhan yang dianggap memiliki sifat-sifat kesehatan yang bermanfaat. Obat herbal dapat dibuat dengan menggunakan tumbuhan segar atau kering, atau dengan mengolah tumbuhan tersebut menjadi bentuk lain seperti teh, minyak, atau obat-obatan yang dikemas dalam bentuk kapsul atau tablet.

Beberapa obat herbal yang sering digunakan di antaranya adalah obat yang terbuat dari jahe, bawang putih, dan daun teh. Penggunaan obat herbal sudah ada sejak lama dan banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Beberapa orang menggunakan obat herbal karena mereka percaya bahwa tumbuhan tersebut memiliki manfaat kesehatan yang lebih baik dibandingkan obat berbahan kimia.

Obat herbal sakit gigi adalah obat yang terbuat dari tumbuhan yang dianggap dapat mengurangi rasa sakit atau menyembuhkan sakit gigi. Beberapa obat herbal yang sering digunakan untuk mengobati sakit gigi di antaranya adalah obat yang terbuat dari jahe, bawang putih, dan daun teh. Meski obat herbal pada sakit gigi sering dianggap aman. Namun ada baiknya juga, sebelum menggunakan melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Obat Herbal Sakit Gigi

Daun.id

sumber; pixabay.com

Dalam kehidupan sehari-hari, di sekitar kita terdapat banyak bahan alami atau herbal yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Beberapa diantaranya dikenal ampuh dapat meredakan nyeri pada sakit gigi. Berikut ini obat herbal sakit gigi:

1. Cengkeh

Cengkeh memiliki kandungan eugenol, senyawa alami yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri pada sakit gigi. Cengkeh juga terkenal ampuh sebagai obat sakit gigi herbal. Namun cengkeh dapat menyebabkan sesak nafas hingga pendarahan. Penggunaan cengkeh tidak disarankan untuk wanita hamil, menyusui, anak-anak, dan penderita riwayat medis tertentu.

2. Bawang Putih

Bawang putih diketahui dapat meringankan rasa nyeri yang terjadi pada bagian gigi. Obat herbal bawang putih dapat membunuh bakteri infeksi gigi. Caranya cukup mudah dengan menghaluskan bawang putih lalu mengoleskan pada bagian sakit gigi. Namun dianjurkan untuk tidak terlalu lama dalam penggunaannya, karena dapat menyebabkan luka bakar pada gusi dan jaringan lunak pada bagian mulut.

3. Daun Peppermint

Daun peppermint disebut-sebut memiliki fungsi hampir mirip dengan cengkeh yang dapat meredakan sakit gigi. Selain itu terdapat kandungan mentol yang dapat digunakan sebagai antibakteri. Penggunaannya, daun peppermint dapat dikeringkan terlebih dahulu dengan air panas. Kira-kira setelah 20 menit atau dalam keadaan hangat, gunakan larutannya untuk berkumur.

4. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan senyawa kurkumin yang secara efektif dapat digunakan melawan bakteri penyebab infeksi gusi. Sehingga dapat meredakan nyeri pada sakit gigi. Uniknya kunyit dapat digunakan dalam bentuk pasta gigi, parut kunyit secukupnya. Lalu campur dengan baking soda dan minyak kelapa. Aduk hingga menyerupai krim kental pasta gigi, lalu dapat digunakan sebagai pasta gigi.

5. Akar Manis

Tumbuhan herbal yang satu ini dikenal ampuh dapat mengurangi plak pada gigi. Selain itu juga memiliki kandungan senyawa licoricidin dan licorisoflavan A yang memiliki fungsi pencegahan pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Tumbuhan herbal ini dapat digunakan sikat gigi melalui batangnya, atau dijadikan bubuk untuk menyikat gigi.

6. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya terkenal memiliki banyak khasiat untuk kecantikan kulit. Diketahui, tanaman herbal ini dapat melawan bakteri penyebab gigi berlubang. Sehingga dapat mengatasi sakit dan ngilu pada gigi. Namun penggunaan lidah buaya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

7. Daun Jambu Biji

Daun biji jambu memiliki difat antiradang, antimikroba, dan analgesik. Sehingga daun jambu biji ini kerap digunakan mengobati sakit gigi. Cara pakainya juga cukup simpel dan praktis, Anda cukup mengunyah daun jambu biji sebanyak 1 hingga 2 lembar, lalu oleskan sarinya pada bagian gigi yang sakit. Selain itu daun biji jambu juga dapat direbus, tambahkan garam secukupnya lalu gunakan berkumur.

Demikianlah obat herbal sakit gigi, yang secara ampuh dapat digunakan meredakan nyeri. Beberapa tanaman herbal dapat ditemui dengan mudah di sekitar kita, jadi manfaatkanlah.

Penyebab dan Pencegahan Sakit Gigi

Daun.id

sumber; pixabay.com

Terjadinya sakit gigi dapat disebabkan oleh kondisi gigi yang berlubang. Gigi berlubang disebabkan oleh asam yang terdapat pada gigi. Zat asam ini diproduksi oleh bakteri yang tertinggal di dalam mulut. Kondisi ini jika tidak ditangani dengan tepat, dapat menyebabkan beberapa kommplikasi.

Menurut hasil Riskesdas (Riset Kesehatan dasar) tahun 2018, rata-rata masalah gigi disebabkan oleh gigi berlubang, rusak, maupun sakit dengan data sebanyak 45,3%. Data di atas merupakan, hasil penelitian pada kasus gigi berlubang di Indonesia.

Agar gigi tetap sehat dan baik-baik saja maka harus selalu dapat menjaga kesehatan mulut. Berikut ini tips mencegah sakit gigi:

- Melakukan sikat gigi setiap hari dengan teratur, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

- Lakukan tiga kali dalam sehari, tidak boleh kurang tidak boleh lebih.

- Melakukan pemeriksaan gigi dan pembersihan secara mendalam, minimal dua kali dalam setahun.

Demikianlah tips mencegah terjadinya sakit gigi yang dapat dilakukan. Jika masih mengalami sakit gigi berlanjut segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 23 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya