Obat Semprot Sakit Gigi, Disertai Kelebihan dan Efek Samping

"yuk simak"

Life | 03 January 2023, 11:09
Obat Semprot Sakit Gigi, Disertai Kelebihan dan Efek Samping

Mungkin tak asing dengan lagu 'Sakit Gigi' yang cukup viral beberapa tahun silam. Yang melantunkan lebih baik sakit gigi dibanding sakit hati. Namun faktanya banyak yang tidak tahan juga rasa sakit itu menyerang gigi mereka. Sakit gigi memang selalu menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi penderitanya. Lantaran selain mengganggu saat makan atau minum atau bahkan saat berbicara, terkadang begitu sangat mengganggu penderitanya.

Tak hanya itu juga sakit gigi rasa sakitnya hingga menjalar ke kepala dan tubuh yang lain. Tak jarang pula penderitanya hingga mengalami badan panas dan yang lainnya. Benar-benar mengganggu aktivitas, juga menyiksa si penderita, yang dalam hal ini mereka yang masih berusia anak-anak. Oleh karenanya kebanyakan yang menderita sakit gigi melakukan berbagai cara agar menghilangkan rasa sakit itu dengan cepat. Juga mencoba mengatasinya, dengan mencari obat sakit gigi paling ampuh yang dapat meredakan nyeri dengan cepat.
Daun.id

sumber: pixabay

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh gigi berlubang, gigi patah, gusi bengkak, atau infeksi pada gigi atau gusi. Sering kali, sakit gigi dibarengi dengan gejala lain, seperti sakit kepala atau demam. Selain minum obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan paracetamol, juga salah satunya dengan menggunakan obat semprot yang diklaim cukup efektif untuk menangani rasa sakit di gigi. Namun sebelum lebih jauh mengenal obat semprot gigi, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui fungsi, kelebihan serta efek samping dari obat semprot ini. Yuk simak ulasanya di bawah ini:

Fungsi obat sakit gigi semprot

Kegunaan obat sakit gigi semprot hampir sama dengan obat sakit gigi biasa. Mulai dari mengurangi rasa sakit akibat luka minor pada mulut, gusi, maupun gigi, sampai membuat gusi mati rasa saat pemasangan gigi palsu.

Obat ini bersifat seperti anestesi lokal. Jadi ketika ia disemprotkan pada mulut, 15 sampai 30 detik kemudian mulut akan mati rasa selama sekitar 15 menit. Obat ini tidak disarankan untuk dipakai oleh anak-anak dan dalam jangka waktu terlalu lama.

Kelebihan

Meski keduanya memiliki manfaat yang hampir sama, namun obat sakit gigi yang satu ini memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan yang diminum langsung.

Pertama, ia diyakini lebih efektif jika dipakai untuk menangani rasa sakit pada bagian mulut atau gigi yang spesifik. Misalnya untuk membantu pemulihan gusi setelah melakukan operasi gigi.

Tak hanya itu, obat ini juga biasanya memiliki kandungan anti bakteri yang bisa membuat pemakainya terhindar dari bau mulut.

Cara Memakai
Beberapa produk tertentu harus dikocok terlebih dahulu sebelum disemprotkan. Namun, secara umum obat ini dipakai dengan cara disemprotkan langsung ke bagian gigi yang mengalami rasa sakit.

Jika ingin memakainya untuk mengobati tenggorokan atau gusi, pegang tabung obat sejauh 2,5 sampai 5 cm dari area yang akan disemprot. Semprot sekitar setengah detik, dan biarkan obat bekerja setidaknya dalam 1 menit lalu muntahkan melalui air liur.

Bisa mengulanginya sebanyak sekali jika diperlukan. Namun, jangan semprot lebih dari dua kali dalam waktu bersamaan, atau lebih dari 4 kali sehari kecuali diarahkan dokter demikian.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan
Untuk menghindari dampak yang berbahaya bagi tubuh, kamu harus memerhatikan beberapa hal di bawah ini:

- Jangan menyemprot obat pada area tubuh yang berdekatan dengan mata
- Dilarang menghirup cairan yang disemprotkan dari obat
- Tidak diperkenankan memakai obat ini dalam jumlah yang banyak atau lebih sering dari petunjuk pemakaian karena bisa meningkatkan risiko methemoglobinemia
- Hentikan penggunaan obat ini jika tenggorokan terasa perih
- Obat ini sebaiknya dihindari jika kamu sedang hamil
- Jika dalam dua hari sejak pemakaian kamu mengalami demam, ruam, sakit kepala, pembengkakan, mual, atau muntah segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut

Efek Samping
 
Obat ini pada dasarnya berfungsi untuk membuat area gigi dan mulut mati rasa. Jadi pemakaiannya bisa membuat kamu susah menelan atau tersedak saat makan maupun minum. Selain itu, efek samping lain yang bisa timbul antara lain:

- Muncul reaksi alergi seperti ruam, gatal, luka lepuh pada kulit baik disertai demam maupun tidak
Sakit mulut yang sangat parah, dan
- Timbul tanda-tanda methemoglobinemia yakni perubahan warna pada bibir, kuku, dan kulit menjadi biru atau abu-abu.

Cara Menyimpan

Simpan obat pada suhu ruangan dan hindari menaruhnya di dalam lemari es atau di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Lindungi dari kemungkinan terkena api, dan jangan menusuk atau membakarnya ketika isi kemasannya sudah kosong.

Jenis Obat Semprot
Daun.id

obat semprot

Salah satu obat semprot yang cukup terkenal dan terbukti efektif untuk obati rasa sakit di gigi ialah COOLING 5 PLUS ORANGE. Merupakan obat semprot rongga mulut yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit misalnya pada saat sariawan, sakit gigi, radang gusi, dan sakit saat pertumbuhan gigi.

Indikasi Umum
Menghilangkan rasa sakit misalnya pada saat sariawan, sakit gigi, radang gusi, dan sakit saat pertumbuhan gigi.

Komposisi
Benzocaine 3 mg, Phenol 5 mg

Dosis
Semprotkan pada area sakit, bila perlu diulang tiap 3-4 jam

Aturan Pakai
Semprotkan atau oleskan sedikit pada daerah yang sakit.

Perhatian
Jangan ditelan. Belum terdapat data keamanan terkait penggunaan obat ini pada wanita hamil dan/atau menyusui. Konsultasikan kepada dokter apabila di antara salah satu orang yang tengah hamil dan/atau menyusui.

Kontra Indikasi
Hipersensitivitas. Riwayat methemoglobinemia.

Efek Samping
Pemakaian obat umumnya memiliki efek samping tertentu dan sesuai dengan masing-masing individu. Jika terjadi efek samping yang berlebih dan berbahaya, harap konsultasikan kepada tenaga medis.

Golongan Produk
Obat Bebas Terbatas (Biru)

Kemasan
Dus, Botol Semprot @ 15 ml

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya