Obat Alami Radang Tenggorokan Akibat Asam Lambung, Aman dan Manjur

"simak yuk"

Life | 03 January 2023, 12:16
Obat Alami Radang Tenggorokan Akibat Asam Lambung, Aman dan Manjur

Semua orang tentunya pernah mengalami tenggorokan sakit yang tidak tahu apa penyebab pastinya. Bisa tiba-tiba saja serak disertai gatal, dan sangat nyeri dibuat makan atau pun bicara. Itu bisa saja disebut dengan radang tenggorokan. Yang biasa dialami atau biasanya gejala awal saat orang akan mengalami demam.

Radang tenggorokan (faringitis) merupakan gangguan kesehatan pada tenggorokan yang ditandai dengan rasa nyeri, gatal hingga kering yang membuat rasa tidak nyaman. Radang tenggorokan dapat timbul akibat infeksi virus dan infeksi bakteri. Salah satu jenis virus yang dapat menyebabkan munculnya sakit tenggorokan adalah virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Ciri-Ciri Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan terkadang dapat sembuh dengan sendirinya, namun tidak jarang pula radang tenggorokan ini menjadi gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai. Berikut ini adalah ciri-ciri dari gangguan kesehatan radang tenggorokan:

- Rasa sakit dan gatal pada tenggorokan
- Nyeri ketika menelan dan berbicara
- Suara menjadi serak
- Batuk-batuk dan lainya

Ada beberapa obat alami radang tenggorokan akibat asam lambung yang bisa dicoba sebagai pertolongan pertama. Mengingat asam lambung tak hanya naik ke area dada, tetapi juga dapat hingga ke tenggorokan yang menyebabkan peradangan.

Pada dasarnya, cairan asam lambung terbentuk dari HCl atau asam klorida. Senyawa ini dibutuhkan di dalam sistem pencernaan, salah satunya untuk membunuh kuman-kuman yang masuk ke tubuh bersamaan dengan makanan.

Namun, jika produksi cairan tersebut berlebih hingga naik ke tenggorokan, seseorang pun bisa mengalami rasa sakit di tenggorok, batuk kering, dan mengi. Juga, dapat menyebabkan mulas, rasa pahit di mulut, regurgitasi, gangguan pencernaan, dan kesulitan menelan.

Obat Alami Radang Tenggorokan Akibat Asam Lambung
Simak yang berikut ini:

1. Air Garam
Obat alami radang tenggorokan akibat asam lambung pertama adalah air garam. Cara ini diklaim sebagai obat efektif untuk membunuh bakteri hingga mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Caranya, cukup campurkan setengah sendok teh garam dengan air hangat, lalu berkumur dengan air tersebut.

2. Madu

Madu dikenal sebagai obat alami radang tenggorokan akibat asam lambung lantaran memiliki sifat antibakteri alami yang mampu menyembuhkan luka di tenggorokan. Bahkan, bisa meredakan rasa sakit akibat peradangan di tenggorokan loh.Daun.id

sumber: pixabay

"Madu adalah salah satu obat terbaik untuk sakit tenggorokan karena sifat antibakteri alaminya yang memungkinkannya bertindak sebagai penyembuh luka, meredakan rasa sakit, dan mengurangi peradangan. Madu juga dapat membunuh bakteri dan membantu melawan infeksi virus," kata Charlotte Smith, MD, dokter di Penn Urgent Care South Philadelphia.

Caranya, cukup campurkan dua sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh, kemudian aduk rata. Bisa dikonsumsi beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

3. Lemon

Selain air garam dan madu, lemon juga sangat baik untuk meredakan sakit tenggorokan. Pasalnya, lemon memiliki kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi atau sakit tenggorokan.Daun.id

sumber: pixabay

Caranya, campurkan satu sendok teh jus lemon ke dalam segelas air hangat dan langsung diminum.

4. Saus Pedas

Mungkin terdengar aneh mengapa meredakan sakit tenggorokan bisa menggunakan saus pedas. Namun, bahan ini telah terbukti dapat meredakan sakit tenggorokan.

Saus yang terbuat dari paprika atau cabai diketahui memiliki kandungan capsaicin yang bisa digunakan untuk melawan peradangan dan meredakan nyeri di tenggorokan.

Caranya, cukup tuangkan beberapa tetes saus pedas ke dalam segelas air hangat untuk berkumur.

5. Teh

Ada banyak jenis teh herbal yang bisa dicoba untuk meredakan sakit tenggorokan dengan cepat.Daun.id

sumber: pixabay

Misalnya, seperti teh cengkeh dan hijau yang keduanya mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi untuk melawan infeksi di tenggorokan. Bisa juga mencoba teh raspberry, chamomile, dan peppermint untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan di tenggorokan.

"Ketika lagi masa penyembuhan dari penyakit, penting untuk beristirahat. Jika Anda bersiap-siap untuk tidur, mungkin yang terbaik adalah meminum teh tanpa kafein," ucap dr Smith.

Daripada mengkonsumsi obat medis, cobalah obat alami radang tenggorokan akibat asam lambung di atas ini untuk meredakan nyerinya. Meskipun demikian, harus rutin dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya