Pemain Egois! Insiden Ricky Kambuaya Tolak Umpan Bola ke Ilija Spasojevic

"Jika diumpan, hasilnya pasti beda. Cek videonya.."

Sports | 03 January 2023, 04:45
Pemain Egois! Insiden Ricky Kambuaya Tolak Umpan Bola ke Ilija Spasojevic

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Filipina 2-1 dan lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Tapi, ada banyak hal mengecewakan dari pertandingan itu. Salah satunya sikap para pemain yang terlalu egois saat harus berbagi bola. Setidaknya ada tiga momen. Yang paling parah Ricky Kambuaya.

Skuad Garuda tandang ke Rizal Memorial Stadium, Manila, Senin (2/1/2023) malam, melawan Filipina. Ini menjadi laga penentuan Indonesia lolos ke semifinal.

Melawan tim yang memiliki postur yang bagus, Shin Tae-yong melakukan empat perubahan dalam susunan pemainnya. Jordi Amat yang terkena akumulasi kartu digantikan Rizky Ridho. Tapi, Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, dan Pratama Arhan masih ada di lini belakang.

Sementara di tengah, ada Marc Klok, Ricky Kambuaya, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, dan Marselino Ferdinan. Lalu, Dendy Sulistyawan akan menjadi striker tunggal di depan dan Nadeo Argawinata sebagai penjaga gawang. Indonesia bermain dengan skema 4-2-3-1.

Untuk Filipina, yang tidak memiliki peluang lolos, memainkan Antony Pinthus, Simen Alexander, Jefferson Tabinas, Amani Santos, Audie Bantas Menzi, Hikaru de Asis Minegishi, Stephan Schrock, Oliver Bias, Kenshiro Daniels, Mark Hartmann di starting line-up.

Dengan skema seperti itu, Indonesia unggul 2-0 di babak pertama. Sementara di babak kedua Filipina memperkecil satu gol.

Skor 2-1 sebenarnya sangat disayangkan. Sebab, di saat bersamaan, Thailand mengalahkan Kamboja 3-1. Itu berarti, tim Gajah Perang memuncaki Grup A. Sementara pasukan Garuda menjadi runner-up. Dan, kemungkinan besar Indonesia jumpa Vietnam dan Thailand melawan Malaysia atau Singapura.

Kondisi kurang menguntungkan itu terjadi karena Indonesia membuang banyak peluang saat melawan Filipina. Beberapa kesempatan mencetak gol kandas. Selain kurang beruntung, kiper Filipina juga cukup tangguh.

Dua hal itu tidak seberapa jika dibandingkan sikap egois beberapa pemain. Contohnya, Ricky Kambuaya. Di penghujung babak kedua, gelandang Persib Bandung itu punya situasi 1 vs 1 dengan pemain Filipina. Di sampingnya, Ilija Spasojevic berlari mencoba masuk area penalti.

Tapi, Ricky Kambuaya justru memaksa mengiring bola masuk area 12 pas Filipina. Akibatnya, fatal. Bola digagalkan pemain belakang Filipina, dan pergerakan Spaso sia-sia. Dan, itu bukan yang pertama karena ada dua insiden sejenis yang melibatkan Saddil Ramdani dan Dendy Sulistyawan.

Agar lebih jelas, langsung saja cek video berikut ini.

(andri ananto/anda)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya