Obat Sakit Gigi Anak 5 Tahun di Apotek, Aman dan Ampuh Obati Nyerinya

"simak ulasannya di bawah ini"

Life | 04 January 2023, 08:39
Obat Sakit Gigi Anak 5 Tahun di Apotek, Aman dan Ampuh Obati Nyerinya

Sakit gigi yang dialami oleh orang-orang dewasa juga sama dengan yang dialami oleh anak-anak. Dan sakit gigi memang selalu menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi penderitanya, termasuk anak-anak yang dalam tahap aktif-aktifnya berkegiatan. Lantaran selain mengganggu saat makan atau minum atau bahkan saat berbicara, terkadang begitu sangat mengganggu penderitanya.

Tak hanya itu juga sakit gigi rasa sakitnya hingga menjalar ke kepala dan tubuh yang lain. Tak jarang pula penderitanya hingga mengalami badan panas dan yang lainnya. Benar-benar mengganggu aktivitas, juga menyiksa si penderita, yang dalam hal ini mereka yang masih berusia anak-anak, terlebih itu berusia 5 tahun. Oleh karenanya kebanyakan orang tua melakukan berbagai cara agar menghilangkan rasa sakit itu dengan cepat. Juga mencoba mengatasinya, dengan mencari obat sakit gigi paling ampuh yang dapat meredakan nyeri dengan cepat.

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh gigi berlubang, gigi patah, gusi bengkak, atau infeksi pada gigi atau gusi. Sering kali, sakit gigi dibarengi dengan gejala lain, seperti sakit kepala atau demam. Maka dari itu, orangtua biasanya akan mencari tahu apa saja obat sakit gigi anak yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi tersebut. Selain memperhatikan kandungan dan keefektivannya, ibu juga harus memperhatikan sisi keamanan dalam memilih obat sakit gigi untuk anak 5 tahun.

Sakit gigi pada anak 5 tahun sebenarnya umum dan bisa terjadi karena beberapa hal, mulai dari pembusukan gigi, penumpukan plak, gigi berlubang, gigi tumbuh, atau makanan yang terperangkap di antara gigi. Selain mengeluhkan gejala, sakit gigi pada anak 5 tahun juga bisa diketahui dengan cara mengecek apakah ada tanda perubahan warna gigi atau melihat gigi yang patah ataupun longgar.

Setelah mengetahui keluhan sakit gigi yang dialami si anak, orang tua bisa mencoba menemukan perawatan dan obat apa saja yang dibutuhkan. Ada beberapa jenis obat dan perawatan yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada anak, yuk simak di bawah ini lebih lanjut:

1. Paracetamol Sirup
Paracetamol merupakan salah satu obat yang dapat meredakan nyeri sakit gigi dan demam, obat ini juga dapat dibeli secara bebas tanpa menggunakan resep dokter. Penggunaannya dapat disesuaikan dengan usia anak.
Daun.id

obat sakit gigi anak

Paracetamol dapat digunakan pada anak mulai usia 2 bulan yang beratnya lebih dari 4 kilogram, untuk anak berusia 6 tahun ke atas juga sudah bisa mengonsumsi parasetamol dalam bentuk tablet.

Rentang Harga: Rp 15.000 – Rp 20.000

2. Ibuprofen
Selain paracetamol, ibuprofen juga dapat digunakan sebagai pereda nyeri akibat sakit gigi. obat ini termasuk dalam golongan NSAID yang dapat mengurangi zat penyebab peradangan di dalam tubuh.
Daun.id

obat sakit gigi anak

Ibuprofen bisa diberikan pada anak sejak usia 3 bulan jika berat badan diatas 5 kilogram. Hindari pemakaian obat jika terdapat gejala asma maupun gangguan ginjal, serta selalu perhatikan penggunaan dosis yang tepat.

Rentang Harga: Rp 15.000 – Rp 38.000

3. Naprex Sirup
Naprex sirup memiliki kandungan paracetamol didalamnya, bila buah hati mengalami sakit gigi, ibu bisa segera memberikan naprex sirup untuk meredakan nyeri.
Daun.id

obat sakit gigi anak

Naprex sirup dapat digunakan pada segala usia, termasuk pada anak berusia 2-12 tahun. pemberian dosis obat pada anak harus mengikuti aturan dari dokter. Umumnya pada anak berusia 2 sampai 5 tahun, pemberian dosis sebanyak 3 sampai 4 kali sehari.

Rentang Harga: Rp 48.000 – Rp 50.000

4. Panadol Sirup
Pemberian obat bagi anak-anak tentu saja harus lebih diperhatikan, karena dosisnya tentu berbeda dengan orang dewasa. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri gigi adalah panadol sirup.
Daun.id

obat sakit gigi anak

Panadol sirup memiliki kandungan paracetamol didalamnya dan bisa digunakan pada anak dengan usia 1-6 tahun. pemberian dosis juga diatur sesuai dengan aturan dokter.

Rentang Harga: Rp 45.000 – Rp 120.000

5. Proris Sirup
Sakit gigi yang menyerang pada anak bisa diakibatkan oleh pembengkakan gusi. Kadang nafsu makan anak pun menjadi turun karena nyeri pada gigi tersebut.
Daun.id

obat sakit gigi anak

Proris dapat membantu meredakan permasalahan sakit gigi anak, karena berfungsi sebagai obat anti inflamasi karena bersifat meredakan nyeri.

Pemberian proris untuk dosis anak perlu disesuaikan dengan ketentuan dokter, bila terjadi kontra indikasi, segera hentikan pemakaian segera.

Rentang Harga: Rp 26.500 – Rp 35.000

6. Cataflam Drops
Cataflam memiliki kandungan utama Kalium Diklofenak, kandungan tersebut berfungsi untuk meredakan nyeri, termasuk nyeri akibat sakit gigi.
Daun.id

obat sakit gigi anak

Cataflam drops dapat digunakan pada anak berusia diatas 6 tahun dengan dosis sesuai anjuran dokter. pemakaian cataflam perlu perhatian khusus, karena dapat menyebabkan efek samping tertentu.

Rentang Harga: Rp 45.000 – Rp 62.000

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya