Antalgin Obat Sakit Gigi, Ketahui Dosis serta Kandungannya

"simak di bawah ini"

Life | 04 January 2023, 08:49
Antalgin Obat Sakit Gigi, Ketahui Dosis serta Kandungannya

Mungkin tak asing dengan lagu 'Sakit Gigi' yang cukup viral beberapa tahun silam. Yang melantunkan lebih baik sakit gigi dibanding sakit hati. Namun faktanya banyak yang tidak tahan juga rasa sakit itu menyerang gigi mereka. Sakit gigi memang selalu menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi penderitanya. Lantaran selain mengganggu saat makan atau minum atau bahkan saat berbicara, terkadang begitu sangat mengganggu penderitanya.

Tak hanya itu juga sakit gigi rasa sakitnya hingga menjalar ke kepala dan tubuh yang lain. Tak jarang pula penderitanya hingga mengalami badan panas dan yang lainnya. Benar-benar mengganggu aktivitas, juga menyiksa si penderita, yang dalam hal ini mereka yang masih berusia anak-anak. Oleh karenanya kebanyakan yang menderita sakit gigi melakukan berbagai cara agar menghilangkan rasa sakit itu dengan cepat. Juga mencoba mengatasinya, dengan mencari obat sakit gigi paling ampuh yang dapat meredakan nyeri dengan cepat.

Daun.id

sumber: pixabay


Sakit gigi umumnya disebabkan oleh gigi berlubang, gigi patah, gusi bengkak, atau infeksi pada gigi atau gusi. Sering kali, sakit gigi dibarengi dengan gejala lain, seperti sakit kepala atau demam. Selain minum obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan paracetamol, juga salah satunya dengan menggunakan obat Antalgin yang diklaim cukup efektif untuk menangani rasa sakit di gigi. Namun sebelum lebih jauh mengenal obat Antalgin ini, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui fungsi, kelebihan serta efek samping dari obat ini. Yuk simak ulasanya di bawah ini:

Ketahui Antalgin

Antalgin bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri serta meredakan demam. Obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala, sakit gigi, dan nyeri menstruasi. Antalgin tersedia dalam bentuk tablet dan suntik.

Antalgin mengandung metamizole, yang juga dikenal dengan nama metampiron atau dipiron. Cara kerja metamizole dalam meredakan nyeri belum diketahui dengan pasti. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa metamizole menghambat kerja hormon prostaglandin, sehingga nyeri dan peradangan dapat berkurang.

Antalgin tersedia dalam beberapa bentuk, yaitu Antalgin tablet 500 mg, Antalgin kaplet 500 mg, serta Antalgin suntik 250 mg/ml.

Bahan aktif
: Metamizole
Golongan
: Analgesik atau obat pereda nyeri golongan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS)Antipiretik (obat penurun panas)
Kategori
: Obat resep
Manfaa t
: Meredakan rasa nyeri dan meredakan demam
Dikonsumsi oleh :

- Dewasa dan anak-anak
- Antalgin untuk ibu hamil dan menyusui

 > Kategori C (pada trimester pertama dan kedua): Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.
 > Kategori D (pada trimester ketiga): Ada bukti positif mengenai risiko terhadap janin manusia, tetapi besarnya manfaat yang diperoleh mungkin lebih besar daripada risikonya, misalnya untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa.

Metamizole dapat terserap ke dalam ASI. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Bentuk obat Tablet, kaplet, dan suntik
Daun.id

sumber: pixabay


Peringatan Sebelum Menggunakan Antalgin

- Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang dialami dan dimiliki. Antalgin tidak boleh diberikan pada pasien yang alergi terhadap obat ini atau metamizole
- Beri tahu juga ke dokter jika pernah atau sedang menderita kelainan darah, defisiensi G6PD, gangguan sumsum tulang belakang, porfiria, tekanan darah rendah, dehidrasi, asma, tukak lambung, ulkus duodenum, penyakit jantung, gangguan hati, atau gangguan ginjal
- Jangan mengonsumsi minuman beralkohol selama menjalani pengobatan dengan Antalgin
- Jangan mengemudikan kendaraan bermotor, mengoperasikan mesin, atau melakukan kegiatan yang memerlukan kesiagaan setelah mengonsumsi Antalgin, karena metamizole dapat menyebabkan kesulitan berkonsentrasi
- Beri tahu dokter jika tengah hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan
- Beritahukah juga ke dokter jika sedang menggunakan obat, suplemen, atau produk herbal tertentu
- Segera temui dokter jika mengalami reaksi alergi obat, overdosis, atau efek samping serius setelah menggunakan Antalgin

Dosis dan Aturan Pakai Antalgin

Dosis Antalgin untuk meredakan nyeri dan demam berdasarkan usia pasien dan bentuk sediaan obat adalah:

- Antalgin tablet atau kaplet

 Dewasa: 500–1.000 mg dikonsumsi 3–4 kali sehari, waktu pengobatan maksimal 4–5 hari. Dosis maksimal 4.000 mg/hari.
 Anak-anak usia di atas 3 bulan: Dosis ditentukan berdasarkan berat badan pasien. Dosis yang disarankan adalah 8–16 mg/kgBB, dikonsumsi 3–4 kali sehari.Daun.id

sumber: pixabay


- Antalgin suntik

 Dewasa: 1.000 mg diberikan sampai dengan 4 kali sehari atau 2.500 mg diberikan 2 kali sehari. Dosis dapat disesuaikan kembali berdasarkan kondisi dan respons pasien terhadap pengobatan. Dosis maksimal 5.000 mg/hari.
 Anak-anak usia di atas 3 bulan: Dosis ditentukan berdasarkan berat badan pasien.

Efek Samping dan Bahaya Antalgin   

Efek samping yang mungkin terjadi setelah menggunakan obat yang mengandung metamizole adalah:

- Mual
- Muntah
- Sakit perut
- Nyeri ulu hati
- Pusing berputar atau vertigo
- Ruam kulit

Periksakan diri ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung reda atau semakin berat. Segera temui dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau efek samping yang lebih serius, seperti nyeri dada, denyut jantung tidak beraturan, urine berwarna merah, jumlah urine sangat berkurang atau tidak ada, atau penyakit kuning.

Lihat lebih lanjut juga mengenai gejala yang berikut ini:
- Demam
- Hipertermia
- Menggigil
 

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya