Obat Lameson 4 mg Untuk Radang Tenggorokan, Pahami Kandungannya dan Dosis Penggunaannya

"simak yang berikut ini"

Life | 04 January 2023, 09:34
Obat Lameson 4 mg Untuk Radang Tenggorokan, Pahami Kandungannya dan Dosis Penggunaannya

Semua orang tentunya pernah mengalami tenggorokan sakit yang tidak tahu apa penyebab pastinya. Bisa tiba-tiba saja serak disertai gatal, dan sangat nyeri dibuat makan atau pun bicara. Itu bisa saja disebut dengan radang tenggorokan. Yang biasa dialami atau biasanya gejala awal saat orang akan mengalami demam.

Radang tenggorokan (faringitis) merupakan gangguan kesehatan pada tenggorokan yang ditandai dengan rasa nyeri, gatal hingga kering yang membuat rasa tidak nyaman. Radang tenggorokan dapat timbul akibat infeksi virus dan infeksi bakteri. Salah satu jenis virus yang dapat menyebabkan munculnya sakit tenggorokan adalah virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Ciri-Ciri Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan terkadang dapat sembuh dengan sendirinya, namun tidak jarang pula radang tenggorokan ini menjadi gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai. Berikut ini adalah ciri-ciri dari gangguan kesehatan radang tenggorokan:

- Rasa sakit dan gatal pada tenggorokan
- Nyeri ketika menelan dan berbicara
- Suara menjadi serak
- Batuk-batuk dan lainya
 
Ada beberapa obat alami radang tenggorokan. Juga ada pula obat-obatan yang terdapat di apotek, untuk membantu gejala dan permasalahan disebabkan oleh peradangan yang terjadi di tenggorokan. Salah satunya adalah obat Lameson 4 mg, yang khusus untuk keluhan radang tenggorokan.

Lameson
adalah obat yang digunakan untuk terapi supresi inflamasi (peradangan) dan untuk menangani gatal-gatal, kemerahan, dan kekeringan pada kulit, pada beberapa individu dapat mengobati sariawan pada mulut. Lameson mengandung zat aktif Metilprednisolon yaitu golongan obat kortikosteroid yang dapat mengurangi reaksi inflamasi (gatal-gatal, kemerahan, dll) dengan mencegah pelepasan enzim hidrolase yang sifatnya asam dan destruktif dari sel darah putih sehingga dapat menurunkan permeabilitas dinding kapiler dan pembentukan edema. Sebagai antagonis dari aktivitas histamin penyebab alergi dan melepaskan kinin dari substrat kemudian melakukan pembentukan jaringan parut yang baru.

Komposisi

methylprednisolone 4 mgDaun.id

lameson


Kemasan

1 Dos isi 10 Strip x 10 Tablet

Indikasi / Manfaat / Kegunaan :

kondisi alergi dan inflamasi, penyakit reumatik yang memberi respon terhadap terapi kortikosteroid, penyakit kulit dan saluran nafas, penyakit endokrin, penyakit autoimun, gangguan hematologi, sindroma nefrotik.

Sub Kategori

Hormon Kortikosteroid

Tentang

Alergi , Inflamasi , Reumatik , Kortikosteroid , Radang

Dosis
Dosis Awal
: 4-48 mg/hari, kemudian diturunkan bertahap sampai dengan dosis efektif terendah untuk pemeliharaan
Dosis Anak
: 0,8-1 mg/kg/bb

Penyajian

Sesudah makan

Cara Penyimpanan

Simpan ditempat sejuk dan kering, terlindung dari cahaya matahari

Perhatian untuk yang Memiliki Riwayat

Tuberkulosis, Infeksi Jamur Sistemik, Herpes Simpleks, Diabetes Melitus, Varisela, Osteoporosis Berat

Efek Samping

retensi natrium dan cairan, gangguan penyembuhan luka, gangguan metabolisme karbohidrat, lemah otot, peningkatan tio dan tik, osteoporosis

Nama Standar MIMS

LAMESON 4MG TAB

Nomor Izin Edar

DKL9013301010A2

Pabrik

Lapi

Golongan Obat

Obat keras Obat Keras

Keterangan

Terakhir diperbarui pada 28 April 2022

Referensi

Referensi Lameson 4mg Tablet diambil dari
BPOM (2022)
Medscape (2022)
MIMS Indonesia (2022) Daun.id

pixabay

Setelah mengetahui kandungan dan dosis dari obat Lameson di atas. Alangkah lebih baiknya juga mengetahui apa hal yang menyebabkan radang tenggorokan ini menyerang. Simak di bawah ini untuk lebih jelasnya:
1. Virus
2. Batuk dan pilek yang menyebabkan tenggorokan teriritasi
3. Alergi
4. Merokok
5. Difteri (infeksi bakteri pada hidung dan tenggorokan)
 

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 27 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya