Obat Sakit Gigi Berlubang dan Berdenyut Alami dan Medis, Dijamin Ampuh

"Berikut ini adalah obat alami dan medis yang bisa kamu gunakan untuk mengobati gigi berlubang dan berdenyut-denyut."

Life | 05 January 2023, 12:10
Obat Sakit Gigi Berlubang dan Berdenyut Alami dan Medis, Dijamin Ampuh

Salah satu penyebab gigi sakit adalah karena gigi berlubang. Gigi berlubang adalah kondisi gigi yang rusak akibat terkikisnya lapisan terluar gigi (enamel). Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut akibat sering mengonsumsi makanan manis dan tidak menjaga kebersihan mulut.

Lebih spesifik, berikut ini adalah beberapa faktor risiko yang membuat seseorang lebih berisiko mengalami gigi berlubang:

- Jarang menyikat atau membersihkan gigi, setelah makan.

- Tidak menggunakan pasta gigi atau obat kumur yang mengandung fluoride.

- Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis  atau asam (seperti minuman bersoda).

- Menderita anoreksia dan bulimia.

- Menderita penyakit refluks asam lambung (GERD) dan Mulut kering.

- Berusia lanjut sehingga enamel mulai menipis dan produksi air liur berkurang.

- Rutin mengonsumsi obat-obatan, suplemen, vitamin, atau produk herba yang mengandung gula.
Daun.id

unplash.com

Gejala Gigi Berlubang

Gejala gigi berlubang tergantung pada lokasi dan ukuran lubang di gigi. Ketika lubang masih kecil, gejala belum terasa. Namun, ketika lubang sudah  membesar, terdapat beberapa gejala yang muncul, yaitu:

- Gigi sensitif

- Sakit ketika mengigit

- Nyeri spontan tanpa sebab yang jelas

- Ngilu atau nyeri saat mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, dingin, atau panas

- Terdapat lubang yang terlihat jelas di gigi

- Noda putih, cokelat, atau hitam pada permukaan gigi

Jika mengalami keluhan di atas, terutama jika disertai dengan gejala berikut kamu dapat membawanya ke dokter gigi. Berikut ini gejalanya:

- Pembengkakan di wajah

- Gusi berdarah

- Sulit mengunyah

- Nyeri gigi yang tak tertahankan

Obat Sakit Gigi Berlubang Medis Paling Ampuh

Terdapat beberapa obat yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi gigi berlubang secara ampuh. Berikut ini adalah daftar obat ampuh tersebut:

1. Cap Burung Kakak Tua

Daun.id

istimewa

Cap Burung Kakak Tua adalah salah satu obat sakit gigi herbal. Obat cair ini kerap digunakan untuk meringankan rasa nyeri pada sakit gigi, seperti gigi berlubang. Produk ini juga mengandung minyak cengkih yang terkenal sebagai obat tradisional untuk meringankan nyeri akibat gigi berlubang.

2. Eugenia Dental
Obat pereda sakit gigi alami cepat sembuh yang bisa menjadi alternatif selanjutnya adalah Eugenia Dental. Obat berbentuk cairan ini terbuat dari minyak cengkih berkualitas. Minyak cengkih sendiri terkenal sebagai obat tradisional pereda sakit gigi. Cara penggunaannya cukup mudah, yakni langsung dioleskan ke area gigi yang sakit dengan kapas.

3. Dentasol
Dentasol merupakan obat sakit gigi berbentuk cair yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek terdekat. Produk ini bisa dioleskan secara langsung pada area gigi yang sakit dengan kapas. Oleskan pada bagian yang sakit setiap 3-4 jam.

4. Cooling 5 Plus
Cooling 5 Plus bisa menjadi alternatif praktis untuk meredakan masalah rongga mulut. Di antaranya seperti sakit gigi, sakit akibat pertumbuhan gigi, radang gusi, dan seriawan. Obat sakit gigi semprot ini mengandung benzocaine dan phenol yang ampuh untuk meredakan nyeri. Selain itu, penggunaannya cukup hanya dengan menyemprotkannya ke area yang sakit.

5. Ponstan
Ponstan merupakan obat tablet yang bisa Anda jadikan pilihan untuk meredakan nyeri karena gigi berlubang. Kandungan asam mafenamat di dalamnya membuat obat ini ampuh untuk meredakan rasa nyeri ringan hingga sedang. Sebagai catatan, Ponstan merupakan obat keras sehingga harus berkonsultasi dahulu kepada dokter atau apoteker.

6. Ibuprofen
Daun.id

istimewa

Ibuprofen dikenal sebagai salah satu obat pereda sakit gigi paling ampuh. Produk ini termasuk obat-obatan anti-inflamasi nonsteroid, sehingga cocok untuk meringankan inflamasi. Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

7. Cataflam
Selain Ibuprofen, Cataflam termasuk obat sakit gigi paling ampuh yang bisa Anda beli di apotek. Obat anti-inflamasi nonsteroid ini mengandung diclofenac potassium. Kandungan tersebut berfungsi menghambat enzim yang memicu munculnya rasa nyeri di area yang rusak. Di antaranya seperti gigi berlubang, gusi bengkak, dan lain sebagainya.

8. Sumagesic
Nyeri akibat sakit gigi berlubang kerap disertai dengan kepala nyut-nyutan. Bila Anda mengalaminya, Sumagesic bisa menjadi alternatif yang tepat. Obat ini hadir dalam bentuk tablet, sehingga praktis untuk dikonsumsi. Namun sebaiknya hindari obat ini bila Anda hipersensitif terhadap paracetamol.

9. Iprox
Iprox adalah obat sakit gigi yang dapat dikonsumsi untuk meredakan nyeri akibat gigi berlubang. Di dalamnya terkandung ibuprofen yang tergolong obat anti-inflamasi nonsteroid untuk mengurangi nyeri akibat sakit gigi. Selain itu, Iprox hadir dalam bentuk suspensi (sirup) rasa stroberi, sehingga cocok untuk anak usia 1-12 tahun.

10. Asam Mefenamat
Daun.id

istimewa

Selain beberapa pilihan di atas, Asam Mefenamat termasuk salah satu obat pereda sakit gigi yang paling sering dikonsumsi. Sesuai dengan namanya, produk ini mengandung asam mefenamat yang berfungsi menghambat enzim prostagladin. Jika produksi enzim tersebut dihambat, gejala peradangan, seperti rasa nyeri akibat gigi berlubang dapat berkurang.

11. Pondex Forte

Satu lagi obat sakit gigi berlubang yang mengandung asam mefenamat, yakni Pondex Forte. Asam mefenamat termasuk obat yang berfungsi menghambat produksi enzim prostaglandin yang memicu munculnya peradangan.

Dengan mengonsumsi asam mefenamat seperti Pondex Forte, nyeri akibat gigi berlubang dapat mereda. Sebagai catatan, obat ini tergolong obat keras. Jadi, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum membeli maupun mengonsumsinya.

12. Profenal
Profenal merupakan obat yang ampuh untuk meredakan nyeri dan sakit kepala akibat gigi berlubang. Obat ini mengandung paracetamol yang berfungsi sebagai antipiretik dan analgesik. Selain itu, Profenal juga mengandung ibuprofen yang merupakan obat anti-inflamasi nonsteroid.

13. Mefenamic Acid
Obat sakit gigi yang berikut ini bisa menjadi salah satu alternatif begitu nyeri akibat gigi berlubang kumat lagi. Mefenamic Acid  tergolong sebagai obat anti-inflamasi nonsteroid, yang bekerja dengan cara menghambat enzim prostagladin sehingga gejala nyeri akan berkurang.

14. Profenid
Profenid merupakan jenis obat yang umumnya digunakan untuk meredakan sakit gigi yang parah. Termasuk mengobati nyeri akibat gigi berlubang hingga menyebabkan radang. Obat ini mengandung ketoprofen yang tergolong sebagai obat anti-inflamasi nonsteroid. Namun, konsultsikan dahulu kepada dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat ini.

15. Anastan
Anastan merupakan obat yang bisa meredakan nyeri ringan hingga sedang. Kandungan asam mefenamatnya bisa membantu mengatasi sakit karena gigi berlubang dan kondisi lainnya. Di antaranya adalah sakit kepala, nyeri otot dan sendi, dan nyeri paska operasi. Anastan juga termasuk obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Alami

Selain dengan menggunakan obat-obatan medis, mengatasi sakit gigi berlubang juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan bahan alami. Berikut ini adalah cara mengatasi gigi berlubang dengan bahan alami.

1. Garam
Daun.id

pixabay.com

Kamu bisa menggunakan garam dapur untuk mengobati sakit gigi berlubang yang kamu alami. Garam mengandung antiseptik dan antibakteri. Cara paling mudah yakni dengan memanfaatkan air garam sebagai obat kumur. Hal ini akan membantu mengurangi peradangan dan nyeri, mengatasi infeksi, serta mencegah perkembangan bakteri mulut.

2. Bawang putih
Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan telah digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional untuk sakit gigi berlubang. Selain itu, bawang putih juga membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul akibat gigi berlubang sekaligus membuat gigi dan gusi menjadi lebih sehat.

3. Licorice (akar manis)
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Natural Products (2011), licorice alias akar manis memiliki manfaat untuk kesehatan gigi. Senyawa dalam akar manis, yakni licoricidin dan licorisoflavan A, memiliki sifat antibakteri berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu, licorice sebagai obat alami sakit gigi berlubang juga dapat mengurangi plak gigi.

4. Kunyit
Daun.id

pexels.com

Kunyit mengandung vitamin C yang bersifat antibakteri dan antiperadangan. Kunyit dapat menjaga kesehatan gusi dan mencegah gigi berlubang dari infeksi bakteri. Berikut adalah cara menggunakan kunyit sebagai obat untuk gigi berlubang:

  1. Haluskan kunyit atau campurkan bubuk kunyit dengan sedikit air hingga berbentuk menyerupai pasta.
  2. Oles pasta kunyit ini pada bagian gigi yang sakit.
  3. Biarkan selama beberapa menit sebelum berkumur dengan air hangat.

5. Cengkeh
Sifat antiperadangan, analgesik, dan antibakteri yang pada cengkeh berfungsi untuk mengatasi masalah gigi dan rongga mulut. Cengkeh sebagai obat sakit gigi berlubang tradisional juga mampu mengurangi rasa sakit gigi dan mencegah penyebaran lubang pada gigi kamu.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya