6 Obat Radang Tenggorokan Anak 2 Tahun di Apotek dari Alami hingga Medis

"Radang tenggorokan anak 2 tahun akan lekas sembuh."

Life | 05 January 2023, 18:29
6 Obat Radang Tenggorokan Anak 2 Tahun di Apotek dari Alami hingga Medis

Harvard Medical School menjelaskan radang tenggorokan merupakan infeksi yang diakibatkan oleh bakteri. Adapun faktor yang mengakibatkan radang tenggorokan terhadap anak ialah bakteri yang dikenal dengan sebutan Streptococcus pyogenes. Radang tenggorokan tentu juga dapat menyerang anak-anak sehingga kamu perlu mengetahui obat yang diperlukan untuk mengatasinya. Berikut tanda dan gejala dari radang tenggorokan, yaitu:

- Sakit tenggorokan
- Demam
- Amandel
- Kelenjar leher yang rasanya sakit atau bengkak.

Jika kamu ingin mengetahui obat radang tenggorokan untuk anak yang aman, simak beberapa obat berikut ini:

1. Soda kue
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Obat radang tenggorokan untuk anak yang pertama ialah soda kue. Maka, kamu dapat menggunakan soda kue sebagai obat yang dapat mengatasi penyakit itu. Larutan soda kue juga dapat menjadi obat radang tenggorokan yang ampuh dalam membunuh bakteri dan menekan pertumbuhan bakteri dan jamur.

The National Cancer Institute menyarankan berkumur dengan mengoleskan secara lembut kombinasi satu cangkir air hangat. Kamu juga dapat masukan 1/4 sendok teh soda kue, 1/8 sendok teh garam agar dapat dicampurkan dengan air hangat. Larutan ini dapat disarankan sebagai kumur-kumur setiap tiga jam sekali sesuai dengan kebutuhan.

2. Air garam

Air garam juga dikenal cukup baik dalam membunuh bakteri yang muncul di tenggorokan. Dalam membuatnya, kamu hanya cukup mencampurkan air hangat dengan setengah sendok teh garam.

3. Teh chamomile

Melansir Kids Health, teh chamomile mampu membantu mengatasi radang tenggorokan. Chamomile merupakan jenis tumbuhan bunga aster yang umumnya disajikan dalam bentuk teh. Hal tersebut dapat terjadi sebab teh chamomile mempunyai sifat antiinflamasi, antioksidan, astringent yang bisa membantu melawan infeksi sehingga menimbulkan keadaan tersebut.

Teh chamomile mampu diperoleh dengan menyeduh bunga chamomile dengan air hangat agar sari-sarinya keluar. Usai sari bunga menyatu dengan air, kamu dapat minum larutan itu guna menyembuhkan panas dalam.

4. Pisang
 
Pisang
merupakan asupan yang tepat dalam mengatasi radang tenggorokan terhadap anak sebab buah yang satu ini lembut dan tidak memiliki kandung asam. Oleh sebab itu, buah ini cocok bagi tenggorokan anak yang begitu sensitif.

Pisan
g juga mempunyai kandung vitamin C yang baik bagi sistem kekebalan tubuh, maka bisa membuat anak menjadi mudah sembuh dan terhindar dari serangan penyakit lainnya.

5. Minum jahe hangat
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Jahe nyatanya tak hanya menyebabkan makanan jadi lebih sedap. Jahe juga mempunyau sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang mampu membantu meringankan radang tenggorokan.

Kamu dapat menghidangkan jahe untuk minuman hangat guna mengatasi radang tenggorokan terhadap anak. Apabila anak merasa jahe rasanya pedas di mulut, maka kamu bisq membubuhkan madu asli guna membuat rasa manis yang digemari oleh anak-anak.

6. Teh dan madu

Madu sudah lama dikenal sebagai bahan alami guna mengatasi beberapa penyakit dan baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini juga bisa dibuat sebagai sebagai obat rumahan guna menangani gejala sakit tenggorokan.

Pada artikel penelitian di Evidence-Based Practice juga memperkuat terkait manfaat madu untuk mengatasi masalah di tenggorokan, salah satunya radang tenggorokan. Dijelaskan bahwa madu sama ampuhnya dengan Dekstrometorfan, yang ialah obat ampuh guna meredakan batuk terhadap anak-anak.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 27 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya