6 Obat Pipi Bengkak karena Sakit Gigi yang Manjur, Mudah Dilakukan

"Obati pipi bengkak dengan beberapa obat berikut."

Life | 05 January 2023, 20:43
6 Obat Pipi Bengkak karena Sakit Gigi yang Manjur, Mudah Dilakukan

Pipi bengkak akibat sakit gigi merupakan salah satu masalah yang cukup biasa terjadi. Keadaan ini dapat menjadikan bentuk wajah tidak simetris, juga bisa mengganggu kegiatan sehari-hari  sebab umumnya dengan rasa sakit tumpul secara terus-menerus.

Sakit gigi biasanya muncul karena tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik. Dampak dari kondisi itu juga mampu meningkat jika kamu mempunyai kebiasaan konsumsi makanan manis atau yang memiliki kandungan gula tinggi. Berikut beberapa gejala yang berhubungan dengan abses mulut, seperti:

- Sakit gigi berdenyut secara parah.
- Nyeri dan bengkak di gusi sekitar gigi.
- Gigi terasa sensitif terhadap suhu panas dan dingin.
- Demam.
- Kesusahan ketika mengunyah atau berbicara.
- Kelenjar getah bening mengalami pembengkakan.
- Terjadinya bau mulut atau halitosis

Adapun beberapa obat pipi bengkak karena sakit gigi, yaitu:

1. Bawang putih
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Bawang putih adalah salah satu obat bagi bengkak di pipi karena sakit gigi. Kandungan yang terkandung didalamnya dikenal mampu mengatasi nyeri dan membunuh bakteri di mulut dan gigi. Kamu dapat menghaluskan beberapa siung bawang putih sampai menjadi seperti pasta. Oleskan pasta bawang putih di daerah yang terkena infeksi selama beberapa kali sehari.

Pemakaian bawang putih dapat mengakibaykan rasa tak nyaman di mulut bagi beberapa orang. Kamu yang mempunyai alergi terhadap bawang putih sepatutnya juga tidak melakukan cara tersebut.

2. Kumur air garam

Pipi bengkak akibat sakit gigi dapat diatasi dengan berkumur memakai air garam. Tidak hanya mengatasi bengkak, cara tersebut juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan kesehatan gusi.

Cara menggunakannya, kamu dapat mencampurkan ½ sendok teh garam ke ½ gelas air hangat. Kumur selama dua menit di bagian yang bengkak dan lakukan sebanyak tiga kali sehari.

3. Kumur memakai baking soda

Terdapat beberapa manfaat baking soda terhadap gigi, salah satunya guna menyembuhkan pipi bengkak karena sakit gigi. Kandungan yang ada didalamnya memiliki sifat antibakteri yang mampu membantu mengatasi plak di mulut.

Cara pemakaiannya yakni campurkan ½ sendok teh baking soda dengan ½ gelas air dan sejumput garam. Kumur-kumur memakai air campuran itu sebanyak dua kali sehari, masing-masing lima menit.

4. Periksa ke Dokter Gigi

Kamu perlu memeriksakan diri ke dokter gigi, terlebih apabila pembengkakan di pipi disertai rasa sakit hebat, menggigil, demam, dan nyeri ketika membuka mulut.

Gejala-gejala itu bisa berhubungan dengan infeksi gigi, yang jika dibiarkan mampu merusak gusi ataupun jaringan penting di mulut.

5. Kompres dingin
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Kompres dingin juga bisa dipakai dalam membantu mengurangi bengkak di pipi. Tidak hanya pembengkakan, cara ini juga dikenal dapat menghilangkan sakit gigi dengan alami.

Caranya, kamu cukup membungkus beberapa bongkahan es batu memakai handuk bersih. Letakkan handuk itu selama 15 menit di pipi dan ulangi selama beberapa kali sehari guna hasil yang maksimal.

6. Drainase

Melansir dari Mayo Clinic, drainase adalah cara menghilangkan bengkak pada pipi yang telah sangat parah. Dokter nantinya akan membuat sobekan kecil di daerah yang terinfeksi guna mengeluarkan nanah dan bakteri di dalamnya.

Langkah tersebut umumnya baru akan dijalankan apabila perawatan rumahan dan konsumsi obat antibiotik tidak membuahkan hasil. Tidak hanya mengatasi pembengkakan, cara tersebut juga dapat mengatasi rasa nyeri.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam kehidupan percintaannya. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan dapat mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang jelas untuk mengatasi masalah. Bagi yang masih single, ada kemungkinan munculnya seseorang yang menarik perhatian dan dapat menjadi pasangan potensial.



Gemini Selengkapnya