16 Obat Sakit Gigi di Apotek dan Harganya, Lengkap Aturan Pakainya

"simak di bawah ini lebih detailnya"

Life | 05 January 2023, 20:57
16 Obat Sakit Gigi di Apotek dan Harganya, Lengkap Aturan Pakainya

Mungkin tak asing dengan lagu 'Sakit Gigi' yang cukup viral beberapa tahun silam. Yang melantunkan lebih baik sakit gigi dibanding sakit hati. Namun faktanya banyak yang tidak tahan juga rasa sakit itu menyerang gigi mereka. Sakit gigi memang selalu menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi penderitanya. Lantaran selain mengganggu saat makan atau minum atau bahkan saat berbicara, terkadang begitu sangat mengganggu penderitanya.

Tak hanya itu juga sakit gigi rasa sakitnya hingga menjalar ke kepala dan tubuh yang lain. Tak jarang pula penderitanya hingga mengalami badan panas dan yang lainnya. Benar-benar mengganggu aktivitas, juga menyiksa si penderita, yang dalam hal ini mereka yang masih berusia anak-anak. Oleh karenanya kebanyakan yang menderita sakit gigi melakukan berbagai cara agar menghilangkan rasa sakit itu dengan cepat. Juga mencoba mengatasinya, dengan mencari obat sakit gigi paling ampuh yang dapat meredakan nyeri dengan cepat.

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh gigi berlubang, gigi patah, gusi bengkak, atau infeksi pada gigi atau gusi. Sering kali, sakit gigi dibarengi dengan gejala lain, seperti sakit kepala atau demam. Berikut ini adalah beberapa obat yang bisa ditemukan di Apotek, yang terbukti ampuh untuk atasi rasa sakit di gigi. Yuk simak ulasannya:

1. Ibuprofen
Selanjutnya, Ibuprofen dikenal sebagai obat sakit gigi paling ampuh selain Ponstan. Ibuprofen merupakan golongan obat-obatan yang mampu meringankan rasa sakit dan meredakan inflamasi atau peradangan.
Daun.id

obat sakit gigi

Dalam hal ini, ibuprofen menghambat enzim memproduksi senyawa Prostaglandin yang merupakan penyebab peradangan dan rasa sakit. Ibuprofen juga bisa menjadi obat sakit gusi terutama ketika bengkak.

Ibuprofen tidak bisa langsung dikonsumsi dalam keadaan perut kosong karena akan melukai lambung. Perlu diingat, selalu konsumsi obat ini dengan dosis dan anjuran dokter.

Efek Samping: Perut kembung, mual dan muntah, diare, maag, pusing, hingga sakit kepala.
Rentang Harga: Rp3.000 – Rp 30.000 (10 tablet)

2. Dentasol
Selain ponstan dan ibuprofen, dentasol juga dapat dijadikan alternatif menyembuhkan sakit gigi. Obat sakit gigi ini terdiri dari dua bentuk, ada yang kaplet ada pula yang berbentuk obat tetes.
Daun.id

obat sakit gigi

Dalam obat ini terdapat zat anestesi topikal dengan antiseptik yang dapat diaplikasikan secara langsung pada gigi yang sakit. Kandungan zat tersebut mampu mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi juga mampu mengobati infeksi jamur dan bakteri.

Efek Samping: Sensasi terbakar dan menyengat, dermatitis kontak, ruam, gatal biduran, hingga nyeri tekan.
Rentang Harga: Rp7.774 – Rp25.000 (10 mL)

3. Dentova Pro Mouthwash
Obat kumur atau mouthwash bisa juga menjadi alternatif pengobatan sakit gigi. Dentova Pro Mouthwash memiliki antiseptik yang mampu memberantas mikroorganisme jahat. Kandungannya meliputi Chlorhexidine Digluconate 0,2%, Allantoin, Peppermint dan Eucalyptus Mint.
Daun.id

obat sakit gigi

Mampu mengurangi permasalahan gigi sensitif dan berlubang, mencegah pertumbuhan plak bakteri, serta mencegah kerusakan jaringan penyangga gigi. Gunakan Dentova Pro Mouthwash sebanyak dua kali sehari dengan cara berkumur selama satu menit.

Efek Samping: Hipersensitif, peradangan di mulut, hingga mulut kering.
Rentang Harga: Rp20.900 – Rp24.000 (220 mL)

4. Gumafixa
Gumafixa adalah obat gigi herbal yang telah terdaftar di BPOM RI. Mampu mengatasi berbagai macam permasalahan gigi termasuk gigi berlubang, polip gigi, atau gusi bengkak. Obat herbal ini memiliki komposisi Oleum Syzygium Aromaticum Folium 90% dan Oleum Peppermint Folium 10%.
Daun.id

obat sakit gigi

Gumafixa aman untuk digunakan segala usia dari dewasa, anak-anak hingga ibu hamil dan menyusui. Cara menggunakan Gumafixa tinggal tetes tiga kali cairan Gumafixa ke kapas lalu tempelkan ke bagian gigi sakit. Tunggu 1 - 5 menit hingga sakit gigi reda.

Efek Samping: -
Rentang Harga: Rp175.000 – Rp250.000 (10 mL)

5. Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua
Tidak hanya obat yang terbuat dari bahan kimia, ada pula obat sakit gigi yang manjur dari bahan herbal. Obat sakit gigi Cap Burung Kakak Tua ini mengandung senyawa gliserin, ethanol, creosote, dan oleum caryophylli.
Daun.id

obat sakit gigi

Kandungan tersebut berguna untuk mengatasi sakit gigi, gusi bengkak, dan membersihkan gigi dari kuman yang menempel. Untuk menggunakan obat sakit gigi bisa langsung ditempelkan menggunakan kapas atau dengan cara dikumur.

Efek Samping: Dapat menyebabkan sensasi tidak nyaman dan rasa panas di mulut apabila melebihi dosis yang dianjurkan.
Rentang Harga: Rp10.500 – Rp13.000 (2mL)

6. Super Green Plus SG
Pastilah sudah familiar dan sering mendengar merk obat sakit gigi Super Green Plus SG. Obat sakit gigi terbaik ini mampu menyembuhkan rasa nyeri di sekitar gigi, gigi berlubang, akar gigi yang sensitif, juga sakit gusi.
Daun.id

obat sakit gigi

Super Green Plus SG mengandung bahan herbal seperti murraya paniculata (kemuning), nigella sativa (habbatussauda), vitamin dan berbagai macam mineral. Obat ini diklaim bisa menyembuhkan nyeri akibat sakit gigi dalam 1-9 menit saja, Toppers.

Efek Samping: -
Rentang Harga: Rp18.000 – Rp35.000 (7mL)

7. ProSAGI
Merk obat sakit gigi lainnya adalah ProSAGI. ProSAGI masuk ke dalam daftar rekomendasi obat sakit gigi paling ampuh karena diformulasikan dari berbagai macam tanaman obat asli Indonesia dan Timur Tengah.
Daun.id

obat sakit gigi

Tanaman-tanaman yang digunakan seperti sirih, propolis, juga habbatussauda. Dengan adanya kandungan zat pada tanaman tersebut, proSAGI mampu mengatasi sakit gigi, sariawan, dan gusi bengkak. Obat yang terdapat dalam botol tetes membuat produk ini mudah dibawa ke mana-mana.

Efek Samping: -
Rentang Harga: Rp16.500 – Rp40.000 (6 mL)

8. Hersagi
Hersagi merupakan obat sakit gigi yang manjur dan cukup banyak diminati. Komposisi obat sakit gigi hersagi terdiri dari zaitun oil, oleum menthae, caryophylli dan bahan tambahan lain yang sangat berguna untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi.
Daun.id

obat sakit gigi

Sifat antiseptik pada obat ini berguna untuk mengobati sakit gigi yang tidak tertahankan juga menyegarkan bau mulut akibat gigi berlubang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan obat ini secara rutin dengan dosis yang sesuai.

Efek Samping: -
Rentang Harga: Rp25.000 – Rp60.000 (12 mL)

9. Zentri
Obat sakit gigi terbaik lainnya adalah zentri. Dengan kandungan eugenol yang tinggi di dalam obat ini tentunya dapat membunuh kuman maupun bakteri yang menyebabkan nyeri sakit gigi. Dengan begitu, nyeri akibat sakit gigi dapat hilang dan teratasi dengan cepat.
Daun.id

obat sakit gigi

Obat tetes zentri ini aman untuk dikonsumsi ibu hamil karena hanya mengandung bahan alami virgin clove bud oil yang tidak mengganggu kesehatan janin.

Efek Samping: -
Rentang Harga: Rp50.000 – Rp75.000 (5 mL)
Beli Zentri di Sini

10. Gan Mao Tong
Gan Mao Tong dalam bahasa China yang berarti obat penurun panas. Seperti namanya, obat ini tidak hanya berguna untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi. Obat ini mengandung diclofenac, chlophenamine, juga artificial bezoar. Kandungan di atas berguna sebagai pereda nyeri, sakit kepala, hidung tersumbat, juga meredakan sakit tenggorokan akibat gejala flu.
Daun.id

obat sakit gigi

Untuk mengonsumsi obat ini tidak boleh sembarangan, harus dalam anjuran dan saran dokter ya, Toppers.

Efek Samping: -
Rentang Harga: Rp15.000 – Rp29.000 (25 tablet)

11. Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi paling ampuh telah lama digunakan karena alami dan tidak mengandung bahan kimia, sehingga aman digunakan. Minyak ini mengandung senyawa eugenol yang diklaim mampu ‘mematikan saraf’ sementara.

Cara untuk menggunakannya:
- Terlebih dulu harus menggunakan kapas lalu ditempelkan di gigi yang bermasalah.
- Jangan meneteskan langsung ke gigi yang sakit karena akan memperparah kondisi jika terkena lidah atau gusi yang sensitif.
Daun.id

obat sakit gigi

Efek Samping: Rasa perih karena irtasi, sakit perut, diare, hingga kesulitan bernapas.
Rentang Harga: Rp13.000 (13 mL) – Rp147.000 (500 mL)

12. Betadine Mouthwash & Gargle
Betadine Mouthwash & Gargle bisa menjadi obat sakit gusi dan gigi yang sangat efektif untuk memberantas kuman di dalam mulut. Obat kumur antiseptik ini ampuh untuk mengatasi gusi bengkak, sakit tenggorokan, sariawan, bau mulut, dan napas tak segar.
Daun.id

obat sakit gigi

Mengunakan Betadine obat kumur ini dengan menuangkan 15 mL ke tutup botol lalu kumur selama 30-60 detik. Obat ini dapat dipakai sebanyak 3-5 kali sehari. Ini adalah obat kumur, jadi jangan sampai tertelan.

Efek Samping: Reaksi hipersensitif, sakit perut, mual dan muntah, syok, hipotensi, detak jantung semakin cepat, demam, asidosis metabolik, hingga kerusakan ginjal.
Rentang Harga: Rp23.000 (100 mL) – Rp38.500 (190 mL)

13. Ponstan
Nama obat sakit gigi yang paten dan sering digunakan adalah ponstan. Ponstan sering digunakan untuk mengobati rasa sakit mulai dari sakit gigi sampai cedera otot bahkan sakit setelah melahirkan.
Daun.id

obat sakit gigi

Kandungan asam mefenamat dalam ponstan membuat obat ini bekerja meredakan sakit dan peradangan yang diderita. Tapi, perlu diketahui obat ini tidak bisa sepenuhnya menyembuhkan rasa sakit.

Efek Samping: Reaksi hipersensitif, diare, konstipasi, pusing, nyeri perut, mual, hingga muntah.
Rentang Harga: Rp28.500 – Rp40.000 (10 tablet)

14. Cooling 5 Plus
Cooling 5 Plus bisa menjadi alternatif praktis untuk meredakan masalah rongga mulut. Di antaranya seperti sakit gigi, sakit akibat pertumbuhan gigi, radang gusi, dan seriawan. Obat sakit gigi semprot ini mengandung benzocaine dan phenol yang ampuh untuk meredakan nyeri. Selain itu, penggunaannya cukup hanya dengan menyemprotkannya ke area yang sakit.
Daun.id

obat sakit gigi

Kisaran harga: Rp45.332 per botol.

15. Eugenia Dental
Obat pereda sakit gigi alami cepat sembuh yang bisa menjadi alternatif selanjutnya adalah Eugenia Dental. Obat berbentuk cairan ini terbuat dari minyak cengkih berkualitas. Minyak cengkih sendiri terkenal sebagai obat tradisional pereda sakit gigi. Cara penggunaannya cukup mudah, yakni langsung dioleskan ke area gigi yang sakit dengan kapas.
Daun.id

obat sakit gigi

Kisaran harga: Rp17.199 per botol.

16. Cataflam
Selain Ibuprofen, Cataflam termasuk obat sakit gigi paling ampuh yang bisa dibeli dengan mudah di apotek. Obat anti-inflamasi nonsteroid ini mengandung diclofenac potassium. Kandungan tersebut berfungsi menghambat enzim yang memicu munculnya rasa nyeri di area yang rusak. Di antaranya seperti gigi berlubang, gusi bengkak, dan lain sebagainya.
Daun.id

obat sakit gigi

Kisaran harga: Rp9.957 per tablet.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya