Obat Alami Radang Tenggorokan Anak, Efektif dan Aman Redakan Sakit

"yuk simak ulasannya"

Life | 06 January 2023, 08:38
Obat Alami Radang Tenggorokan Anak, Efektif dan Aman Redakan Sakit

Radang tenggorokan juga tak hanya menyerang orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami hal yang sama. Terkadang radang yang dialami anak-anak lebih mengkhawatirkan, sebab hal itu akan mengganggu aktivitas makan mereka juga berbicara.

Saat hal ini erjadi orang tua dituntut untuk lebih memerhatikan segala jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi anak. Tak hanya itu memberikan obat tentu tidak boleh sembarang. Mengingat tingkat daya tahan tubuh anak yang masih begitu rentan.

Tenang berikut beberapa cara alami yang bisa dicoba untuk meredakan radang tenggorokan pada anak. Simak ulasannya:
Daun.id

pixabay

1. Teh dan Madu
Madu memang telah lama dikenal sebagai bahan alami dalam mengatasi berbagai penyakit, serta baik untuk kesehatan tubuh. Ini juga dapat dijadikan sebagai obat rumahan untuk menangani gejala sakit tenggorokan.

Dalam artikel penelitian di Evidence-Based Practice, juga memperkuat manfaat madu dalam mengatasi masalah pada tenggorokan, salah satunya radang tenggorokan.

Diterangkan bahwa madu sama efektifnya dengan Dekstrometorfan, yang merupakan obat ampuh dalam menekan batuk pada anak-anak. Bisa memberikan ke anak secara langsung, atau mencampurkannya ke dalam teh hangat, sehingga dapat membuat tenggorokan mereka terasa nyaman.

2. Gunakan Campuran Garam dan Air
Campuran garam dan air adalah salah satu cara alami yang sudah digunakan sejak zaman dulu untuk meredakan radang tenggorokan pada anak. Garam, yang tentu punya di dapur, ternyata berfungsi sebagai anti bakteri.
Daun.id

pixabay

Simak berikut ini cara melakukannya:
- Campurkan air hangat dan tambahkan setengah sendok teh garam.
- Minta anak untuk berkumur dengan campuran tersebut sebanyak 5-6 kali dalam sehari.

3. Ajak Anak untuk Makan Pisang
Pisang adalah asupan yang tepat untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak karena buah yang satu ini lembut dan tidak mengandung asam. Karena itu, buah ini cocok untuk tenggorokan anak yang sedang sensitif.

Pisang juga mengandung vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membuat anak mudah pulih serta terhindar dari serangan penyakit lainnya.

4. Minum Minuman Jahe Hangat
Jahe ternyata tidak hanya membuat makanan lebih sedap. Jahe memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri di tenggorokan.
Daun.id

pixabay

Sajikan jahe sebagai minuman hangat untuk meredakan radang tenggorokan pada anak. Jika anak merasa jahe terasa pedas di mulut mereka, maka bisa menambahkan madu asli untuk memberi rasa manis yang disukan anak-anak.

5. Menggunakan Alat Pelembap Udara
Menyiapkan alat pelembap udara di kamar anak saat tidur, dapat membantu meringankan gejala radang tenggorokan pada anak.

Jika anak mengalami hidung tersumbat, alat pelembap udara dapat membantunya untuk bernapas lebih mudah. Ini juga dapat sedikit meringankan gejala batuk yang mereka alami.
Daun.id

pixabay

6. Berikan Teh Chamomile
Teh chamomile secara alami dapat menenangkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Jenis teh ini sering digunakan karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, yang baik dalam mengatasi radang.

Juga menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan. Minum teh chamomile juga bisa memberikan manfaat yang sama. Ini juga dapat merangsang sistem kekebalan untuk membantu tubuh anak melawan infeksi yang menyebabkan radang tenggorokan.

7. Gunakan Semprotan Peppermint
Peppermint dikenal dengan kemampuannya dalam menyegarkan napas. Sensasi yang dihasilkan dengan kandungan minyak peppermint yang diencerkan juga dapat meredakan radang tenggorokan pada anak.

Peppermint mengandung mentol, yang membantu mengencerkan lendir dan menenangkan sakit tenggorokan dan batuk. Peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus, yang dapat mendorong penyembuhan radang.

8. Konsumsi Sup Hangat
Makanan dan minuman hangat berair akan sangat membantu menenangkan rasa ketidaknyamanan di tenggorokan.

Salah satu contohnya adalah sup ayam, yang dilansir dari Healthline, terbukti baik dalam menenangkan kondisi pernapasan dan tenggorokan yang bermasalah. Selain memberi anak sup ayam, bisa juga mencoba beberapa resep sup segar lainnya, seperti sup sayuran, sup jamur, dan lainnya.

9. Istirahat yang Cukup
Tidur yang cukup dapat menjadi salah satu cara mengatasi radang tenggorokan pada anak yang mudah. Pastikan anak beristirahat dengan baik dan cukup, sesuai dengan usianya.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 23 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya