14 Obat Sakit Gigi Bolong Alami dan Medis Paling Ampuh

"Berikut ini adalah daftar obat-obatan alami dan medis untuk gigi bolong."

Life | 08 January 2023, 09:00
14 Obat Sakit Gigi Bolong Alami dan Medis Paling Ampuh

Setiap orang baik yang sudah dewasa maupun yang masih anak-anak pasti pernah mengalami rasanya sakit gigi. Beberapa diantaranya disebabkan oleh gigi yang bolong atau berlubang.
Gigi berlubang merupakan suatu kondisi gigi yang rusak karena lapisan terluar gigi (enamel) yang terkikis.

Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut karena sering mengonsumsi makanan yang kurang sehat atau yang manis-manis, serta kebiasaan menjaga kebersihan mulut yang masih kurang.

Akibat yang ditimbulkan dari gigi berlubang tersebut tentunya bermacam-macam. Jika tidak segera diatasi dengan baik, tentunya efek yang ditimbulkan akan semakin parah dan tidak tertahankan. Oleh karena itu, untuk mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang, terdapat beragam jenis obat yang dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan, beragam jenis tersebut bisa dari obat-obatan alami maupun medis.

Berikut beberapa obat alami dan media untuk mengobati sakit gigi karena gigi berlubang.

Obat Alami

Terdapat beberapa obat alami atau tradisional untuk mencegah terjadinya pembusukan dan juga menghambat pembentukan lubang pada gigi. Berikut merupakan beberapa obat sakit gigi berlubang secara alami atau tradisional.

1. Garam
Garam memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri yang dapat mengurangi peradangan dan nyeri, mengatasi infeksi, serta mencegah perkembangan bakteri mulut. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu cukup dengan melarutkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan kemudian digunakan untuk berkumur-kumur selama 1 menit. Selain itu, bisa juga dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dan air lemon untuk dijadikan olesan sambal memijat gusi yang sakit.

2. Bawang Putih
Bawang putih memiliki sifat antibakteri yang mampu mengurangi rasa nyeri yang timbul akibat gigi berlubang. Cara menggunakannya cukup dengan mencampurkan 3-4 siung bawah putih dengan ΒΌ sendok teh garam, lalu dioleskan pada gigi yang berlubang dan dibiarkan selama 10 menit. Setelah itu bisa berkumur dengan air atau obat kumur pilihan.

3. Bawang Merah
Selain bawang putih, bawang merah juga memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri yang mampu mengendalikan rasa nyeri pada gusi atau gigi berlubang. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup dengan mengunyahnya pada bagian gigi yang sakit, atau dapat juga dengan dihaluskan terlebih dahulu kemudian ditempelkan ke bagian gigi yang sakit.

4. Lidah Buaya
Berdasarkan penelitian, di dalam gel lidah budaya terdapat sifat antibakteri yang dapat berfungsi untuk melawan bakteri pada rongga mulut. Untuk menggunakannya, Anda cukup menghaluskan sedikit daging lidah buaya kemudian setelah halus dapat digunakan untuk berkumur beberapa kali sehari.

5. Kunyit
Kandungan curcumin yang terdapat pada kunyit dapat berguna untuk melawan bakteri penyebab infeksi gusi serta meredakan peradangannya. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda cukup menghaluskan beberapa ruas kunyit kemudian ditempelkan pada bagian gigi yang sakit kemudian didiamkan selama beberapa menit.

6. Jahe
Tanaman ini diketahui memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya memiliki kandungan antibiotik yang dapat membunuh kuman di dalam mulut terutama pada gigi yang berlubang. Cara memakainya juga sama dengan kunyit, yaitu cukup dengan menghaluskan beberapa potong jahe kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit dan didiamkan selama beberapa saat.

7. Minyak Cengkeh
Cengkeh memiliki sifat anti peradangan, analgesik, dan anti bakteri yang sering dimanfaarkan untuk mengatasi masalah rongga mulut dan gigi. Sifat tersebut terdapat pada kandungan minyak ini yaitu eugenol yang dapat berperan sebagai antiseptik untuk meredakan sakit pada gigi. Untuk menggunakannya, Anda cukup menuangkan beberapa tetes minyak cengkeh keatas gulungan kapas kecil kemudian ditempelkan pada bagian gigi yang sakit.

8. Daun Jambu Biji
Daun jambu biji adalah salah satu tanaman yang kaya akan zat antioksidan flavonoid yang salah satu manfaatnya adalah efektif untuk meredakan gigi ngilu terus menerus. Sifat antiradang dan antimikroba pada daun jambu efektif untuk membantu penyembuhan sakit gigi. Anda dapat mengunyah daun jambu segar yang sudah dicuci bersih dan oleskan pada bagian gigi yang terasa ngilu.

Di atas adalah beberapa obat alami atau tradisional yang dapat mengobati sakit gigi karena gigi berlubang. Meskipun cukup aman dan efektif meredakan nyeri pada gigi, tetapi bukan berarti kondisi sembuh sepenuhnya. Segera konsultasikan dengan dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang maksimal, dan jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan gigi dan mulut secara rutin.

Obat Medis

1. Ibuprofen
Ibuprofen merupakan obat yang bisa dijadikan pilihan untuk mengobati sakit gigi. Ibuprofen merupakan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) dan efektif dalam mengurangi nyeri serta peradangan akibat gigi berlubang. Ibuprofen tersedia dalam bentuk kaplet dan sirup. Meski mudah ditemukan, namun tetap saja sebaiknya penggunaannya sesuai dengan resep dokter.

2. Paracetamol

Paracetamol selain untuk menurunkan deman juga dapat bermanfaat untuk meredakan nyeri akibat gigi yang berlubang, namun tidak dapat menyembuhkan bengkak maupun peredangan akibat gigi berlubang tersebut.

3. Asam Mefenamat
Selain ibuprofen, asam mefenamat juga termasuk ke dalam golongan OAINS yang sering disarankan dokter untuk mengobati sakit gigi karena berlubang. Obat ini juga tersedia dalam bentuk kaplet dan sirup serta mudah didapatkan di apotek terdekat.

4. Dentasol
Dentasol juga merupakan salah satu obat yang dapat mengurangi sakit pada gigi yang berlubang. Namun sedikit berbeda dari yang lainnya, dentasol berbentuk gel atau cairan, sehingga cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan ke bagian gigi yang sakit.

5. Naproxen
Obat sakit gigi untuk gigi berlubang selanjutnya adalah naproxen. Sama seperti obat-obat lainnya, naproxen tersedia dalam bentuk kaplet dan terdapat di apotek-apotek terdekat. Namun tetap saja, untuk penggunaannya perlu diwaspadai atau dengan menggunakan resep dokter karena ada efek samping dari penggunaan naproxen ini sendiri. Diantaranya yaitu perut kembung, diare, penglihatan kabur dan lain sebagainya.

6. Antibiotik
Selain obat-obatan di atas, beberapa antibiotik mungkin diperlukan untuk mengobati infeksi akibat gigi berlubang. Beberapa jenis antibiotik tersebut diantaranya adalah penicillin, amoxicillin, dan metronidazole.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya