Obat Sakit Gigi Ngilu dan Nyeri Ampuh Meredakan

"Obat alami dan medis, ampuh redakan nyeri dan ngilu di gigi."

Life | 09 January 2023, 07:08
Obat Sakit Gigi Ngilu dan Nyeri Ampuh Meredakan

Terjadinya sakit gigi dapat menimbulkan rasa nyeri hingga ngilu yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya ketika dibuat bicara, mengunyah makanan dapat menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman. Kondisi ini sudah seharusnya segera mendapat penanganan dengan tepat. Agar kondisi ini tidak semakin parah dan dapat kembali beraktifitas seperti semula.

Rasa ngilu yang timbul di area gigi disebabkan oleh enamel yang semakin terkikis. Enamel merupakan lapisan terluar pada gigi, hal ini terjadi bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi serta cara menyikat gigi yang kurang tepat. Di pasaran kini telah tersedia beragam obat yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi ngilu dan nyeri secara ampuh. Kita perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum memilih obat.

Rasa ngilu dapat muncul diakibatkan makanan secara langsung menyentuh dentin. Dentin merupakan ribuan tabung yang berbentuk kecil dan mengarah langsung ke saraf gigi. Biasanya makanan yang terlalu panas dan dingin, sangat mudah menimbulkan rasa ngilu. Selain itu juga dapat disebabkan oleh menyikat gigi terlalu kencang. Beragam obat dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi ngilu dan nyeri.

Obat Sakit Gigi Ngilu dan Nyeri Ampuh Meredakan

Daun.id

sumber; pixabay.com

Untuk mengobati sakit gigi ngilu dan nyeri dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan medis maupun alami. Berikut ini obat sakit gigi ngilu dan nyeri:

1. Gunakan air garam

Garam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya mampu meredakan peradangan yang terjadi. Dalam menggunakan langkah ini, dianjurkan untuk membersihkan sisa kotoran yang tertinggal di gigi terlebih dahulu. Setelah itu Anda dapat meracik 1-2 sendok makan garam dilarutkan dengan segelas air putih hangat. Selanjutnya gunakan untuk berkumur dan buang air sisa berkumur.

2. Menggunakan es batu

Rasa dingin yang terdapat dalam es batu mampu membantu meredakan peradangan. Sehingga dapat mengurangi rasa nyeri dan ngilu pada gigi. Langkah ini cukup simpel, kumpulkan es batu masukkan ke dalam plastik dan tempelkan ke handuk. Anda bisa mengulanginya dalam sehari paling tidak sebanyak 3 kali.

3. Madu alami

Madu sebagai cairan yang bersifat antiseptik dan antibakteri. Cocok digunakan sebagai obat alami meredakan gigi nyeri dan ngilu. Bahkan menurut penelitian juga cocok digunakan sebagai pencegahan gigi berlubang. Satu sendok madu dapat dilarutkan dengan segelas air hangat, lalu digunakan berkumur 30 detik.

4. Kunyit

Bumbu dapur yang dapat digunakan sebagai penyedap makanan, kunyit juga ampuh digunakan sebagai obat sakit gigi. Memiliki senyawa curcumin yang terdapat di dalamnya mampu melawan infeksi pada gigi. Kunyit dapat digunakan sebagai pasta gigi untuk mengobati gigi nyeri dan ngilu.

5. Daun jambu biji

Daun jambu memiliki banyak khasiat yang dapat digunakan untuk meredakan ngilu dan nyeri pada gigi. Daun jambu kaya akan kandungan antioksida flavonoid dan memiliki, selain itu juga mampu mempercepat penyembuhan dalam sakit gigi. Daun jambu dapat dikunyah hingga air ekstarknya keluar, lalu dapat dioleskan pada bagian gigi ngilu dan nyeri.

6. Bawang putih

Selain dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan gigi, bawang putih juga dapat digunakan mengatasi gigi ngilu dan nyeri. Kandungan senyawa alicin dalam bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang mampu berkombinasi melawan bakteri penyebab sakit gigi. Bawang putih dapat dikunyah secara langsung untuk menyembuhkan sakit gigi.

7. Gunakan obatg pereeda nyeri

Beragam obat sakit gigi kini telah dijual diberbagai pasaran. Untuk mendaapatkan beberapa jenis obat ini bisa melalui apottik. Sebelum menggunakan, sebaiknya bacalah petunjuk yang terdapat dalam kemasan. Selain itu obat sakit gigi juga bisa didapatkan melalui resep dari dokter.

Demikianlah beberapa obat sakit gigi ngilu dan nyeri ampuh meredakan. Beberapa obat bisa didapatkan dengan cara alami maupun medis.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya