Obat Ampuh Sakit Gigi Berlubang, Ketahui Cara Penanganan yang Tepat

"Berikut ini adalah daftar obat-obatan ampuh untuk sakit gigi berlubang dan cara penangananya."

Life | 10 January 2023, 13:41
Obat Ampuh Sakit Gigi Berlubang, Ketahui Cara Penanganan yang Tepat

Siapa yang mau kena sakit gigi? Tentu tidak ada yang mau. Rasa sakit yang ditimbulkan karena sakit gigi dapat berlangsung secara terus-menerus hingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu penyebab sakit gigi adalah karena gigi berlubang.

Gigi berlubang
adalah kondisi gigi yang rusak akibat terkikisnya lapisan terluar gigi (enamel). Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut akibat sering mengonsumsi makanan manis dan tidak menjaga kebersihan mulut. Lebih spesifik, berikut ini adalah beberapa faktor risiko yang membuat seseorang lebih berisiko mengalami gigi berlubang:

- Jarang menyikat atau membersihkan gigi, setelah makan.

- Tidak menggunakan pasta gigi atau obat kumur yang mengandung fluoride.

- Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis  atau asam (seperti minuman bersoda).

- Menderita anoreksia dan bulimia.

- Menderita penyakit refluks asam lambung (GERD) dan Mulut kering.

- Berusia lanjut sehingga enamel mulai menipis dan produksi air liur berkurang.

- Rutin mengonsumsi obat-obatan, suplemen, vitamin, atau produk herba yang mengandung gula.
Daun.id

unplash.com

Gejala Gigi Berlubang

Gejala gigi berlubang tergantung pada lokasi dan ukuran lubang di gigi. Ketika lubang masih kecil, gejala belum terasa. Namun, ketika lubang sudah  membesar, terdapat beberapa gejala yang muncul, yaitu:

- Gigi sensitif

- Sakit ketika mengigit

- Nyeri spontan tanpa sebab yang jelas

- Ngilu atau nyeri saat mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, dingin, atau panas

- Terdapat lubang yang terlihat jelas di gigi

- Noda putih, cokelat, atau hitam pada permukaan gigi
 
Jika mengalami keluhan di atas, terutama jika disertai dengan gejala berikut kamu dapat membawanya ke dokter gigi. Berikut ini gejalanya:

- Pembengkakan di wajah

- Gusi berdarah

- Sulit mengunyah

- Nyeri gigi yang tak tertahankan

Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh

Terdapat beberapa obat yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi gigi berlubang pada orang dewasa secara ampuh. Berikut ini adalah daftar obat ampuh tersebut:

1. Cap Burung Kakak Tua
Daun.id

istimewa

Cap Burung Kakak Tua adalah salah satu obat sakit gigi herbal. Obat cair ini kerap digunakan untuk meringankan rasa nyeri pada sakit gigi, seperti gigi berlubang. Produk ini juga mengandung minyak cengkih yang terkenal sebagai obat tradisional untuk meringankan nyeri akibat gigi berlubang.

2. Eugenia Dental
Obat pereda sakit gigi alami cepat sembuh yang bisa menjadi alternatif selanjutnya adalah Eugenia Dental. Obat berbentuk cairan ini terbuat dari minyak cengkih berkualitas. Minyak cengkih sendiri terkenal sebagai obat tradisional pereda sakit gigi. Cara penggunaannya cukup mudah, yakni langsung dioleskan ke area gigi yang sakit dengan kapas.

3. Dentasol
Dentasol merupakan obat sakit gigi berbentuk cair yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek terdekat. Produk ini bisa dioleskan secara langsung pada area gigi yang sakit dengan kapas. Oleskan pada bagian yang sakit setiap 3-4 jam.

4. Cooling 5 Plus
Cooling 5 Plus bisa menjadi alternatif praktis untuk meredakan masalah rongga mulut. Di antaranya seperti sakit gigi, sakit akibat pertumbuhan gigi, radang gusi, dan seriawan. Obat sakit gigi semprot ini mengandung benzocaine dan phenol yang ampuh untuk meredakan nyeri. Selain itu, penggunaannya cukup hanya dengan menyemprotkannya ke area yang sakit.

5. Ponstan
Daun.id

istimewa

Ponstan merupakan obat tablet yang bisa Anda jadikan pilihan untuk meredakan nyeri karena gigi berlubang. Kandungan asam mafenamat di dalamnya membuat obat ini ampuh untuk meredakan rasa nyeri ringan hingga sedang. Sebagai catatan, Ponstan merupakan obat keras sehingga harus berkonsultasi dahulu kepada dokter atau apoteker.

6. Ibuprofen
Ibuprofen dikenal sebagai salah satu obat pereda sakit gigi paling ampuh. Produk ini termasuk obat-obatan anti-inflamasi nonsteroid, sehingga cocok untuk meringankan inflamasi. Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

7. Cataflam
Selain Ibuprofen, Cataflam termasuk obat sakit gigi paling ampuh yang bisa Anda beli di apotek. Obat anti-inflamasi nonsteroid ini mengandung diclofenac potassium. Kandungan tersebut berfungsi menghambat enzim yang memicu munculnya rasa nyeri di area yang rusak. Di antaranya seperti gigi berlubang, gusi bengkak, dan lain sebagainya.

8. Sumagesic
Nyeri akibat sakit gigi berlubang kerap disertai dengan kepala nyut-nyutan. Bila Anda mengalaminya, Sumagesic bisa menjadi alternatif yang tepat. Obat ini hadir dalam bentuk tablet, sehingga praktis untuk dikonsumsi. Namun sebaiknya hindari obat ini bila Anda hipersensitif terhadap paracetamol.

9. Iprox
Iprox adalah obat sakit gigi yang dapat dikonsumsi untuk meredakan nyeri akibat gigi berlubang. Di dalamnya terkandung ibuprofen yang tergolong obat anti-inflamasi nonsteroid untuk mengurangi nyeri akibat sakit gigi. Selain itu, Iprox hadir dalam bentuk suspensi (sirup) rasa stroberi, sehingga cocok untuk anak usia 1-12 tahun.

Pengananan Sakit Gigi Berlubang Secara Medis

Ada beberapa metode yang dapat dilakukan setelah masalah yang terjadi pada gigi ditemukan oleh dokter gigi. Berikut ini adalah metode-metode yang digunakan untuk menangani sakit gigi:

1. Memberikan fluoride
Jika lubang pada gigi masih dalam tahap awal dan tergolong ringan, perawatan dengan fluoride bisa dijadikan solusi untuk memperkuat dan memperbaiki enamel gigi yang rusak. Caranya adalah dengan mengoleskan fluoride dalam bentuk cair, busa, gel, atau pasta ke gigi selama beberapa menit.

Kini, hampir seluruh pasta gigi dan obat kumur yang dijual bebas telah mengandung fluoride, sehingga langkah penanganan semakin mudah dilakukan. Namun, jika tidak efektif, dokter gigi biasanya memberikan pasta gigi atau obat kumur resep dengan kandungan fluoride yang lebih kuat.

2. Menambal gigi
Daun.id

unplash.com

Dokter biasanya akan menambal gigi berlubang bila telah menimbulkan perubahan warna gigi, perubahan struktur gigi, rasa nyeri tiba-tiba tanpa sebab, serta nyeri saat mengonsumsi makanan dan minuman yang manis, dingin, atau panas.

Untuk menambal gigi yang berlubang, dokter akan membuang bagian gigi yang rusak lebih dulu dengan cara dibor. Setelah itu, gigi akan ditambal menggunakan bahan, seperti perak, emas, resin komposit, atau porselen.

3. Menggunakan crown gigi
Untuk kerusakan gigi yang lebih parah atau gigi rapuh, dokter biasanya akan membuatkan crown gigi khusus yang ditempatkan di atas gigi untuk menggantikan seluruh mahkota alami gigi. Mahkota buatan ini bisa terbuat dari emas, porselen, atau resin.

4. Melakukan perawatan saluran akar gigi
Perawatan saluran akar gigi juga bisa dilakukan untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Perawatan ini diperlukan apabila pembusukan sudah mencapai bagian dalam gigi atau pulpa. Perawatan saluran akar gigi dilakukan dengan membuang pulpa gigi yang sakit.

Setelah bersih, dokter gigi dapat melakukan tambalan atau memberikan crown sehingga gigi tidak perlu dicabut.

5. Mencabut gigi
Cabut gigi diperlukan jika perawatan saluran akar tidak membantu. Artinya, pada kondisi ini pembusukan di gigi sangat parah hingga tidak dapat dipulihkan dan harus dibuang. Gigi yang dicabut akan meninggalkan ruang atau celah yang memungkinkan gigi lainnya bergeser.

Selain itu, gigi ompong atau yang sudah dicabut bisa menimbulkan sulit mengunyah. Oleh karena itu, jika memungkinkan, disarankan untuk membuat bridge atau rangkaian gigi palsu untuk menggantikan gigi yang dicabut tersebut.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya