Obat Sakit Gigi Gusi Terampuh, Berikut Cara Penanganannya 

"Berikut adalah daftar obat sakit gigi gusi terampuh dan cara penanganannya."

Life | 12 January 2023, 15:18
Obat Sakit Gigi Gusi Terampuh, Berikut Cara Penanganannya 

Gusi terasa nyeri dan berdenyut-denyut? segera atasi kondisi tersebut. Sakit gigi pada gusi yang tidak segera teratasi akan menyebabkan kondisi yang lebih buruk. Pada kesempatan ini kami akan memberikan usalan tentang beberapa obat yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada gusi.

Penyebab dan Faktor Risiko Sakit Gigi Gusi

Sakit gigi gusi bisa disebabkan karena gusi rusak akibat terkikisnya lapisan terluar gigi (enamel). Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut akibat sering mengonsumsi makanan manis dan tidak menjaga kebersihan mulut. Lebih spesifik, berikut ini adalah beberapa faktor risiko yang membuat seseorang lebih berisiko mengalami sakit gigi gusi:

- Jarang menyikat atau membersihkan gigi, setelah makan.

- Tidak menggunakan pasta gigi atau obat kumur yang mengandung fluoride.

- Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis  atau asam (seperti minuman bersoda).

- Menderita anoreksia dan bulimia.

- Menderita penyakit refluks asam lambung (GERD) dan Mulut kering.

- Berusia lanjut sehingga enamel mulai menipis dan produksi air liur berkurang.

- Rutin mengonsumsi obat-obatan, suplemen, vitamin, atau produk herba yang mengandung gula.
Daun.id

unplash.com

Obat Sakit Gigi Gusi Terampuh

Ada beberapa obat sakit gigi gusi yang ampuh yang bisa kamu gunakan untuk mengobati kondisi yang kamu alami. Berikut ini adalah daftar obat sakit gigi yang bisa kamu temukan di apotek dan dokter gigi.

1. Burung Kakak Tua
Daun.id

istimewa

Sakit gigi gusi bisa diobati dengan obat Burung Kakak Tua. Obat sakit gigi yang satu ini mengandung creosote yang seringkali dikaitkan dengan pengobatan sakit gigi, seperti gusi bengkak. Kandungan minyak cengkeh di dalam produk ini juga dapat membantu meringankan rasa nyeri yang seringkali timbul saat sakit gigi.

Untuk menggunakan obat sakit gigi ini, kamu bisa langsung menuangkannya pada kapas lalu menempelkan pada area gigi yang sakit, atau dengan cara dikumur.

2. Dentova Pro Mouthwash
Mouthwash atau obat kumur juga bisa kamu gunakan menjadi obat ketika mengalami sakit gigi. Dentova Pro Mouthwash patut adalah pilihan sebagai merek obat kumur saat sakit gigi.

Produk ini merupakan obat kumur antiseptik yang mampu mengurangi mikroorganisme jahat. Obat kumur Dentova Pro Mouthwash ini mengandung peppermint dan eucalyptus mint, serta bebas alkohol, sehingga aman untuk gigi Kamu yang sedang sakit. Gunakan Dentova Pro Mouthwash sebanyak dua kali sehari dengan cara berkumur selama satu menit. Produk ini bisa kamu gunakan untuk mengurangi rasa nyeri gigi, seperti gigi sensitif dan berlubang, mencegah pertumbuhan plak bakteri, serta mencegah kerusakan jaringan penyangga gigi.

3. Ibuprofen
Daun.id

istimewa

Ibuprofen termasuk obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) atau NSAID. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirop. Ibuprofen bekerja dengan cara mengurangi pembengkakan dan nyeri yang disebabkan oleh peradangan pada tubuh. Oleh karenanya, ibuprofen merupakan jenis obat yang umum digunakan untuk mengatasi sakit gigi.

Meski termasuk obat sakit gigi paling ampuh, ibuprofen tidak boleh diminum berlebihan dan dalam jangka panjang. Konsumsi jangka panjang dapat meningkatkan risiko iritasi atau tukak lambung, serta kerusakan pada ginjal dan hati. Ibuprofen juga tidak boleh diminum bersamaan dengan aspirin, kortikosteroid, pengencer darah, diuretik, dan ACE inhibitor.

4. Benzocaine
Benzocaine berperan sebagai anestesi lokal (obat mati rasa). Obat sakit gigi dengan kandungan benzocaine umumnya tersedia dalam bentuk gel, salep, atau semprot. Obat ini meredakan sakit gigi dengan cara memblokir sinyal saraf, sehingga nyeri di bagian yang dioleskan obat dapat berkurang.

Benzocaine tidak boleh digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada balita dan anak berusia kurang dari 2 tahun. Penggunaan berlebihan menyebabkan efek samping yang fatal, yang disebut methemoglobinemia, di mana jumlah oksigen di dalam darah berkurang. Selalu perhatikan dosis dan peringatan pada kemasan obat sebelum mengonsumsinya untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

5. Paracetamol
Daun.id

istimewa

Paracetamol tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirop. Berbeda dengan ibuprofen yang dapat mengurangi peradangan, paracetamol bekerja dengan cara mengurangi produksi prostaglandin di otak. Prostaglandin adalah senyawa kimia yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan.

Jika diminum dalam dosis besar dan jangka panjang, paracetamol dapat menyebabkan kerusakan hati. Karena efek sampingnya yang besar ini, hindari minum alkohol saat mengonsumsi obat sakit gigi yang satu ini.

6. Bufect Forte
Obat sediaan sirup ini juga memiliki kandungan ibuprofen yang terkenal efektif meredakan rasa sakit. Obat ini bisa dikonsumsi 3-4 kali sehari sesudah makan. Ibu hamil, menyusui, dan anak di bawah 1 tahun tidak dianjurkan mengonsumsi obat ini.

7. Sumagesic
Daun.id

istimewa

Sumagesic juga dapat kamu jadikan alternatif untuk mengobati sakit gigi. Obat pereda sakit gigi ini tersedia dalam bentuk tablet dengan kandungan bahan aktif paracetamol yang bermanfaat meredakan nyeri termasuk nyeri akibat sakit gigi yang sudah tidak tertahan. Aturan pakai obat sumagesic disesuaikan dengan usia. Untuk anak-anak cukup berikan 1/4-1/2 tablet sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Sedangkan untuk dewasa bisa konsumsi 1 tablet sebanyak 3-4 kali sehari.

8. Chlorhexidine
Chlorhexidine merupakan obat kumur antiseptik yang dapat digunakan untuk meredakan sakit gusi. Dokter umumnya akan meresepkan obat ini untuk membunuh bakteri penyebab penyakit gusi. Obat ini juga dapat digunakan untuk meredakan gusi yang meradang, bengkak, dan mudah berdarah akibat gingivitis.

Penting untuk dipahami bahwa obat kumur tidak boleh ditelan. Setelah berkumur, pastikan segera mengeluarkan bekas air kumurannya. Obat ini juga tidak boleh digunakan dalam jangka panjang. Penggunaan jangka panjang dapat mengubah warna gigi menjadi kecokelatan, menyebabkan rasa aneh di mulut, serta meningkatkan pembentukan karang gigi. Oleh sebab itu, hanya gunakan obat ini seperti apa yang dianjurkan resep dokter.

9. Antibiotik
Daun.id

istimewa

Dokter akanmeresepkan obat antibiotik seperti doxycycline, teracycline, dan minocycline untuk mencegah sakit gusi Kamu tidak berujung pada infeksi yang serius. Antibiotik bekerja melawan, memperlambat, dan menghancurkan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi dalam mulut. Ini artinya, antibiotik tidak akan bekerja optimal untuk mengobati infeksi virus.

Antibiotik harus digunakan dengan hati-hati. Pemakaian yang tidak benar atau tidak sesuai dapat membuat penyakit lebih sulit diobati karena bakteri kebal terhadap obat. Jadi, pastikan Kamu minum antibiotik sesuai dengan aturan pakai. Jangan sungkan untuk bertanya pada dokter bila Kamu merasa belum paham terkait aturan pakai obat yang akan diminum. Tanyakan pula bila Kamu merasa khawatir tentang efek samping dari suatu obat yang sedang Kamu minum.

10. Pasta gigi khusus
Dokter juga dapat meresepkan pasta gigi khusus yang mengandung fluoride dan antibiotik triclosan. Pasta gigi khusus ini dapat digunakan sebagai obat gusi sakit akibat gingivitis sekaligus membantu membasmi plak di permukaan gusi.

Cara penggunaan pasta gigi ini sebenarnya sama seperti pasta gigi pada umumnya. Namun, banyaknya pasta gigi yang digunakan untuk setiap kali pemakaian mungkin tergantung pada anjuran dokter. Supaya hasilnya optimal, pastikan Kamu menggunakan pasta gigi ini sesuai dengan yang diresepkan dokter.

Pengananan Sakit Gigi Gusi

Ada beberapa metode yang dapat dilakukan setelah masalah yang terjadi pada gigi ditemukan oleh dokter gigi. Berikut ini adalah metode-metode yang digunakan untuk menangani sakit gigi:

1. Memberikan fluoride
Jika lubang pada gigi masih dalam tahap awal dan tergolong ringan, perawatan dengan fluoride bisa dijadikan solusi untuk memperkuat dan memperbaiki enamel gigi yang rusak. Caranya adalah dengan mengoleskan fluoride dalam bentuk cair, busa, gel, atau pasta ke gigi selama beberapa menit.

Kini, hampir seluruh pasta gigi dan obat kumur yang dijual bebas telah mengandung fluoride, sehingga langkah penanganan semakin mudah dilakukan. Namun, jika tidak efektif, dokter gigi biasanya memberikan pasta gigi atau obat kumur resep dengan kandungan fluoride yang lebih kuat.

2. Menambal gigi
Dokter biasanya akan menambal gigi berlubang bila telah menimbulkan perubahan warna gigi, perubahan struktur gigi, rasa nyeri tiba-tiba tanpa sebab, serta nyeri saat mengonsumsi makanan dan minuman yang manis, dingin, atau panas.

Untuk menambal gigi yang berlubang, dokter akan membuang bagian gigi yang rusak lebih dulu dengan cara dibor. Setelah itu, gigi akan ditambal menggunakan bahan, seperti perak, emas, resin komposit, atau porselen.

3. Menggunakan crown gigi
Untuk kerusakan gigi yang lebih parah atau gigi rapuh, dokter biasanya akan membuatkan crown gigi khusus yang ditempatkan di atas gigi untuk menggantikan seluruh mahkota alami gigi. Mahkota buatan ini bisa terbuat dari emas, porselen, atau resin.

4. Melakukan perawatan saluran akar gigi
Perawatan saluran akar gigi juga bisa dilakukan untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Perawatan ini diperlukan apabila pembusukan sudah mencapai bagian dalam gigi atau pulpa. Perawatan saluran akar gigi dilakukan dengan membuang pulpa gigi yang sakit.

Setelah bersih, dokter gigi dapat melakukan tambalan atau memberikan crown sehingga gigi tidak perlu dicabut.

5. Mencabut gigi
Cabut gigi diperlukan jika perawatan saluran akar tidak membantu. Artinya, pada kondisi ini pembusukan di gigi sangat parah hingga tidak dapat dipulihkan dan harus dibuang. Gigi yang dicabut akan meninggalkan ruang atau celah yang memungkinkan gigi lainnya bergeser.

Selain itu, gigi ompong atau yang sudah dicabut bisa menimbulkan sulit mengunyah. Oleh karena itu, jika memungkinkan, disarankan untuk membuat bridge atau rangkaian gigi palsu untuk menggantikan gigi yang dicabut tersebut.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya