6 Fakta Rambut Rasulullah Muhammad SAW, Dikawal Pasukan Khusus saat Dipamerkan

"Artefak ini begitu berharga, khususnya bagi kaum muslim"

Life | 13 January 2023, 16:28
6 Fakta Rambut Rasulullah Muhammad SAW, Dikawal Pasukan Khusus saat Dipamerkan

Pada 22 Januari 2022 lalu, Yayasan Zawiyah Nurun Nabi gelar acara pameran artefak barang-barang peninggalan Nabi Muhammad SAW. Ya, di pameran itu tampak menampilkan beberapa barang bersejarah peninggalan Rasulullah SAW.

Para pengunjung pun berdatangan dari berbagai daerah. Mereka datang berbondong-bondong ingin menyaksikan barang peninggalan dari manusia 'pilihan' itu. Salah satu artefak yang dipamerkan di acara dengan pengawalan ketat itu adalah rambut nabi.

Sebelumnya, musisi Opick juga pernah mengaku membawa rambut nabi dari Turki. Ia juga mengaku jika dirinya sudah mendapatkan izin dan sertifikasi dari Dewan Ulama Thariqoh Internasional.

Dalam buku Mengenal Pribadi Agung Nabi Muhammad oleh Imam At-Tarmidzi disebutkan sejumlah hadis mengenai ciri-ciri rambut Rasulullah. Salah satu ciri rambut Nabi Muhammad SAW semasa hidup diketahui begitu tebal dan cukup panjang.

Berikut ini kami rangkum fakta-fakta tentang rambut nabi Muhammad SAW.

1. Rambut Nabi panjangnya hingga menyentuh kedua telinganya. Al bin Hujr bercerita kepada kami, Ismail bin Ibrahim memberitahukan kepada kami, dari Humaid, dari Anas bin Malik, ia berkata, "Rambut Nabi Muhammad mencapai pertengahan kedua telinganya."


2. Rambut Nabi Ikal. Muhammad bin Basyar bercerita kepada kami, Wahb bin Jarir bin Hazm memberitahukan kepada kami, ayahku bercerita kepadaku, dari Qatadah, ia berkata: "Aku pernah bertanya kepada Anas bin Malik, 'Bagaimanakah rambut Rasulullah?' ia menjawab, 'Rambut Rasulullah tidak terlalu keriting, tidak pula lurus kaku, rambutnya mencapai kedua daun telinganya'."

3. Pada awalnya Rasulullah biasa membiarkan rambutnya tergerai.
Saat itu, orang-orang musyrik merapikan rambut mereka, sementara Ahlul Kitab selalu membiarkan rambut mereka tergerai. Rasulullah lebih suka meniru perilaku Ahlul Kitab selama belum ada ketentuan dari Allah. Kemudian Rasulullah selalu merapikan rambut beliau.

4. Rambut Nabi Muhmamad disimpan Di Museum Topkapi, Turki. Melihat website resmi Museum Topkapi dari detiktravel, jika ada sebuah rungan khusus bernama Pavilion of Holy Mantle dan Holy Relics. Di mana, di ruang itulah barang-barang khusus peninggalan Nabi Muhammad disimpan.

Daun.id

@thegilanisacredrelics


5. Disimpan dan dijaga ketat.
Selain rambut nabi, di ruangan itu juga tersimpan jubah atau mantel Nabi Muhammad, helai janggut Nabi Muhammad, relik yang di dalamnya ada patahan gigi Rasulullah saat Perang Uhud, cetakan tapak kaki Nabi Muhammad, surat-surat, panah dan pedangnya.

6. Bisa dipinjamkan dengan penjanjian. Semua peningggalan Nabi yang disimpan di museum Turki itu awalnya memang berasal dari Mesir dan Arab Saudi. Namun, pemerintahan Ustmaniyah kala itu memindahkan artefak itu ke Turki agar selamat dari peperangan di zaman itu. Peninggalan nabi itu bisa saja dipinjamkan atau dipamerkan di tempat lain, namun ada syarat dan izin yang ketat.

Daun.id

@thegilanisacredrelics

(abdul mufid/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 10 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:47 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya