7 Obat Sariawan dan Radang Tenggorokan di Apotek, Ampuh Meredakannya

"Atasi sariawan dan radang tenggorokan secara mudah."

Life | 14 January 2023, 09:24
7 Obat Sariawan dan Radang Tenggorokan di Apotek, Ampuh Meredakannya

Sariawan dan radang tenggorokan tentu merupakan penyakit yang cukup membuat seseorang menjadi kurang nyaman saat makan. Penyakit ini tentu saja memberikan efek yang tidak mengenakkan untuk menjalani berbagai aktivitas. Maka, kamu perlu menyembuhkan kedua penyakit tersebut.

Mengutip laman Better Health, terjadinya sariawan di daerah mulut, gusi, maupun langit-langit mulut bisa diakibatkan oleh berbagai faktor, yakni:

- Luka karena tergigit.
- Gesekan yang cukup kasar ketika menggosok gigi.
- Muncul luka bakar karena konsumsi makanan yang terlalu panas.
- Kurangannya asupan vitamin dan zat besi.
- Terjadinya iritasi sebab penggunaan obat kumur atau antiseptik yang begitu kuat.
- Terjadinya infeksi virus misalnya virus herpes simpleks.
- Terjadnya reaksi akan obat-obatan tertentu.

Adapun beberapa obat sariawan dan radang tenggorokan di apotek yang dapat dikonsumsi, yakni:

1. Strepsils
Daun.id

Sumber: Istimewa

Obat radang tenggorokan pertama ialah strepsils. Adapun fungsinya yakni untuk mengatasi radangan tenggorokan,  bau mulut, dan nyeri mulut. Obat tersebut mempunyai komponen antibakteri dan antiseptik yang mampu guna membasmi bakteri dan virus. Tidak hanya itu, obat Strepsils memiliki bermacam rasa yakni madu, stroberi, lemon, mint, dan lainnya yang mampu meredakan radang tenggorokan.

Harga: Rp. 42.000

2.  Permen pelega tenggorokan (lozenges)

Obat radang tenggorokan berikutnya yang dapat diperoleh di apotek, yakni permen hisap pereda tenggorokan. Terdapat beberapa permen pelega tenggorokan yang dijual bebas di supermarket juga dapat menjadi obat guna mengurangi rasa sakit karena radang. Rata-rata permen pelega tenggorokan memiliki kandungan ekstrak mentol, peppermint, atau eucalyptus. Kandungan itu dapat memberikan efek sejuk serta sensasi hangat di tenggorokanmu.

Ketiga bahan alami ini juga mempunyai kandungan senyawa antiperadangan, antibakteri, dan antivirus yang mampu mempercepat proses penyembuhan.

Harga: Rp. 35.880.

3. Lo Han Kuo

Obat tradisional Lo Han Kuo memiliki manfaat dalam mengatasi panas dalam, mengatasi batuk, sakit/ radang tenggorokan, sariawan, membantu meredakan dahak, sampai dapat menguatkan paru-paru.

Obat ini tersedia dengan bentuk kotak blok yang didalamnya memiliki kandung sari buah Lo Han Kou dan tambahan gula tebu. Kamu cukup melarutkan satu blok Lo Han Kuo pada 100 ml air panas dan meminumnya. Obat tersebut mampu diminum 2 kali sehari.

Harga: Rp. 25.000/pcs

4. Liu Wei Di Huang

Liu Wei Di Huang adalah obat yang dikenal dengan khasiatnya dalam mengatasi badan lemas, memperkuat fungsi ginjal, dan meringankan diabetes. Obat itu terbuat dari bahan-bahan alami, namun untuk ibu hamil dan menyusui harus konsultasi terlebih dulu ke dokter sebelum konsumsi obat tersebut.

Harga: Rp. 59.700/botol

5. Cooling 5 Plus
Daun.id

Sumber: Istimewa

Cooling 5 Plus merupakan salah satu obat sariawan. Selain itu, obat ini juga dapat dipakai untuk meredakanmenjadi alternatif praktis untuk meredakan sakit gigi, sakit karena pertumbuhan gigi, radang gusi, dan seriawan. Obat sakit gigi tersebut memiliki kandungan benzocaine dan phenol yang efektif dalam mengatasi nyeri. Tidak hanya itu, pemakaiannya hanya perlu dengan menyemprotkannya di daerah yang sakit.

Harga: Rp. 45.332 per botol.

6. Obat Kumur Betadine
 
Obat Kumur Betadine
menjadi obat kumur selanjutnya yang dapat digunakan dalam mengatasi sariawan. Tidak hanya dipercaya guna mengatasi luka, namun Betadine juga mempunyai produk obat kumur terbaik. Kandungan Povidone Iodine mengakibatkan obat kumur yang satu ini bisa mengatasi berbagai masalah penyakit mulut.

Kandungan Povidone Iodine merupakan sejenis obat yang dipakai guna melenyapkan bakteri dan kuman penyakit di berbagai daerah mulut khususnya mulut. Dengan pemakaian obat kumur ini dipercaya kamu bisa terhindar dari masalah mulut.

Efek samping: Reaksi hipersensitif, syok, hipotensi, detak jantung semakin cepat, demam, asidosis metabolik, sakit perut, mual dan muntah sampai kerusakan ginjal.

Harga: Rp. 27.500 - Rp. 45.500

7. Aloclair Kumur

Aloclair kumur adalah obat sariawan tanpa perlu merasa perih. Sebab memiliki kandung sodium hyaluronate, lidah buaya, dan Glycyrrhetinic acid yang bermanfaat sebagai antiseptik dan pelembab.

Aloclair tidak memakai alkohol, maka tidak memberikan rasa menyengat saat dipakai. Obat ini memakai bahan alami dan tidak mengakibatkan rasa perih, Aloclair mempunyai rasa yang manis, maka cocok dikonsumsi oleh anak-anak.

Harga: Rp77.000 – Rp101.000 (10ml, 60 ml)

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya