Kunyit Obat Mujarab Buat Sakit Gigi, Ampuh Jaga Kesehatan Mulut

Life | 14 January 2023, 07:12

"Kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mulut."

Kunyit Obat Mujarab Buat Sakit Gigi, Ampuh Jaga Kesehatan Mulut

Kunyit dikenal sebagai rempah-rempah yang memiliki sifat anti-inflamasi dan analgetik yang dapat membantu meredakan sakit gigi. Beberapa studi menunjukkan bahwa kunyit dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati sakit gigi. Untuk menggunakan kunyit sebagai obat sakit gigi, Anda dapat mencampur bubuk kunyit dengan sedikit air untuk membuat pasta.

Oleskan pasta tersebut pada gigi yang sakit dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibersihkan. Anda juga dapat mencampur bubuk kunyit dengan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun dan oleskan pada gigi yang sakit. Jadi penggunaan kunyit sangat cocok untuk mengatasi sakit gigi ketika belum sempat pergi ke dokter.

Walaupun kunyit dipercaya sebagai obat alami yang efektif untuk meredakan sakit gigi. Tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan gigi sebelum menggunakannya untuk mengobati sakit gigi. Hal ini dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal dan sakit gigi benar-benar sembuh.

Kunyit Obat Mujarab Buat Sakit Gigi

Daun.id

sumber; pexels.com

Kunyit sebagai bahan herbal sangat mujarab digunakan untuk mengatasi masalah sakit gigi. Dalam bahasa latin, kunyit disebut dengan curcuma donestica ialah tanaman rempah yang sering digunakan di Asia. Dapat digunakan sebagai pelezat makanan, namun juga mujarab digunakan mengobati sakit gigi.

Kandungan curcumin yang terdapat di dalam kunyit dapat bersifat sebagai anti-inflamasi. Manfaatnya dapat membantu menjaga masalah kesehatan gigi dan area sekitar mulut. Sehingga sakit gigi yang terjadi dapat berkurang, begitu juga sakit gusi. Selain itu kandungan kurkumin pada kunyit juga bersifat antikanker. Seringkali dihubungkan bahwa mengonsumsi kunyit daoat mencegah kanker mulut.

1. Manfaat kunyit mujarab buat sakit gigi

- Meredakan rasa nyeri pada gigi

Kunyit memiliki kandungan curcumin yang bersifat analgesik (penghilang rasa sakit). Sehingga mujarab untuk obat sakit gigi dan infeksi bakteri pada mulut. Salah satu studi mengatakan, curcumin kunyit, hampir sama efektifnya dengan obat antiinflamasi steroid.

- Cegah gingivitis

Gingivitis atau dapat disebut masalah gusi bengkak, buatlah pasta kunyit lalu tambahkan garam dan minyak mustard. Campuran pasta kunyit dengan tambahannya dapat membangun jaringan gigi yang rusak. Selain itu sifat antibakterinya bermanfaat sangat baik dalam menvcegah perkembangan plak dan menghilangkan gingivitis.

- Melawan infeksi bakteri

Jika dijadikan konsumsi dalam kehidupan sehati-hari secara rutin, kunyit mampu menjaga kebersihan mulut. Kunyit bersifat antimikroba, antiseptik, astringen, dan antioksidan yang mampu mengusir bakteri berbahaya di dalam mulut. Dengan langkah ini dapat secara otomatis mengobati sakit gigi.

2. Cara menggunakan kunyit sebagai obat sakit gigi

- Siapkan satu sendok teh bubuk kunyit, garam setengah sendok teh, dan minyak mustard setengah sendok teh.
- Masukkan seluruh bahan ke dalam satu piring atau wadah untuk membuat pasta.
- Tambahkan air secukupnya, lalu aduk hinggga merata.
- Jika sudah mengental menyerupai pasta, oleskan pasta tersebut pada gigi yang sakit.
- Diamkan pasta gigi yang menempel kurang lebih 5-10 menit.
- Selesai, bilas dengan air bersih.

Demikian tentang kunyit sebagai obat sakit gigi yang mujarab. Manfaat kunyit juga ampuh membantu menjaga kebersihan pada mulut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 JULI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:35 SUBUH 04:45 DUHA 06:27 ZUHUR 12:01
ASHAR 15:24 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:09  

Zodiak Leo Hari Ini

Percintaan

Dalam percintaan, Zodiak Leo akan mengalami kebahagiaan dan keharmonisan pada bulan Juli 2024. Hubungan yang sudah ada akan semakin erat dan stabil. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk menemukan pasangan yang cocok. Namun, tetap perlu berkomunikasi dengan jujur dan menghargai perasaan pasangan.



Leo Selengkapnya