Obat Radang Tenggorokan Berdahak, Paling Aman dan Ampuh

"Ampuh usir radang tenggorokan yang mengganggu."

Life | 16 January 2023, 20:04
Obat Radang Tenggorokan Berdahak, Paling Aman dan Ampuh

Obat radang tenggorokan berdahak adalah obat yang digunakan untuk mengatasi gejala radang tenggorokan yang disertai dengan dahak. Radang tenggorokan (pharyngitis) adalah inflamasi atau peradangan pada tenggorokan yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan, batuk, dan rasa tidak nyaman saat menelan.

Dahak atau lendir adalah cairan yang dihasilkan oleh saluran pernapasan yang digunakan untuk membersihkan jalan napas dari debu, kotoran, dan bakteri. Pada umumnya cairan dahak dapat dikeluarkan menggunakan beberapa langkah. Salah satunya melalui beberapa obat-obatan medis maupun alami.

Saat terjadi radang tenggorokan dapat menimbulkan rasa yang kurang nyaman, terlebih disertai dahak. Sehingga harus segera mendapat penanganan dengan memberikan obat pertolongan pertama. Beragam jenis obat alami maupun medis dapat digunakan mengatasi radang tenggorokan berdahak.

Obat Radang Tenggorokan Berdahak

Daun.id

sumber; pexels.com

Radang tenggorokan berdahak dapat diatasi dengan beberap langkah. Salah satunya memberikan obat pertolongan pertama. Berikut ini obat radang tenggorokan berdahak, paling aman dan ampuh:

1. Mengonsumsi obat ekspektoran

Ekspektoran merupakan jenis obat yang memiliki manfaat guna mengencerkan dahak agar mudah keluar. Obat ini dapat membantu untuk melegakan tenggorokan yang sesak akibbat dahak. Namun belum bisa digunakan untuk mengatasi infeksi. Fungsi obat ini dapat mengencerkan dahak, sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan.

2. Memaksimalkan Dekongestan

Obat dekongestan dapat diandalkan untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Cara kerja obat ini ialah dengan menurunkan kadar dahak yang memenuhi saluran tenggorokan. Sekaligus mempersempit dan membatasi aliran darah. Obat ini dapat tersedia dalam bentuk sirup maupun tablet. Terdapat kandungan dosis, sehingga perlu menggunakan dosis yang tepat. Efek sampingnya meningkatkan tekanan darah hingga pusing.

3. Berkumur Air Garam

Garam dapur memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri yang terdapat di dalam saluran tenggorokan. Sehingga dapat melegakan tenggorokan dan memudahkan dalam mengeluarkan dahak. Garam dapur dapat dirrekomendasikan sebagai bahan alami.

Cara membuatnya cukup mudah, siapkan setengah sendok makan garam dapur. Campur dengan segelas air panas, dan aduklah hingga merata. Setelah itu tunggu hingga hangat, lalu gunakan untuk berkumur. Buanglah sisa cairan yang digunakan untuk berkumur.

4. Gunakan Obat Antihistamin

Kandungan antihistamin memiliki kandungan yang dapat mengurangi reaksi alergi. Termasuk alergi penyebab radang tenggorokan, alergi dapat menjadi pemicu meningkatnya dahak yang menyebabkan radang tenggorokan. Jadi sangat cocok digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan berdahak.

5. Minum cairan jahe dan lemon

Cara alami lainnya untuk mengatasi radang tenggorokan dahak. Gunakan campuran lemon dan jahe untuk diminum. Kandungan kedua bahan alami ini dapat diandalkan untuk mengatasi radang tenggorokan berdahak. Cocok juga digunakan untuk menghangatkan tubuh.

Itulah beberapa ragam pilihan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan berdahak. Obat ini terdiri dari bahan alami hingga medis.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya