Mitos Dusun di Situbondo, Jika Dihuni Lebih 26 KK Akan Ada Warga Meninggal

"Menurutmu bagaimana nih?"

Life | 17 January 2023, 15:13
Mitos Dusun di Situbondo, Jika Dihuni Lebih 26 KK Akan Ada Warga Meninggal

Dusun Karang Kenek, Desa Olean adalah salah satu desa yang sangat unik dan selama ini dikenal dengan desa yang begitu mistis. Dusun yang terletak di Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo Jawa Timur ini hanya boleh dihuni oleh 26 KK (Kepala Keluarga). Tidak boleh kurang maupun lebih.

Jika itu dilanggar, maka akan ada konsekuenasi yang harus diterima oleh warga setempat. Bisa berupa sakit atau bahkan meninggal. Hal itu diungkapkan oleh tokoh adat setempat melalui kanal youtube Keliling Situbondo.

"Ya, benar mas. Di dusun Karang Kenek ini memang hanya boleh dihuni oleh 26 KK (Kepala Keluarga), tidak boleh kurang juga tidak boleh lebih", tuturnya.

Daun.id

Youtube Keliling Situbondo

Suasana Dusun KK 26

Dan cerita yang berkembang selama ini, para warga di Dusun Karang Kenek itu selalu menaati ketetapan itu. Suasana di dusun kecil ini tampak asri karena masih banyak tumbuh pohon rindang sepanjang jalan.

Sebab itu pula dusun unik ini juga dikenal sebagai dusun KK 26. Sejak beberapa tahun lalu, dusun ini telah dibuka untuk wisatawan lokal maupun asing. Bahkan di sana juga ada tour guide yang siap memandu para wisatawan yang hendak berkunjung.

Sendang dan Putri Kuning dari Madura

Selain itu, di dusun KK 26 ini juga masih ada beberapa ritual dan upacara adat yang rutin diselenggarakan pada momen tertentu. Salah satu adalah festivalyang dihelat tiap tahun.

Lebih lanjut seorang tour guide setempat bernama Nurul, menerangkan jika di dusun KK 26 ada sebuah pemandian atau semacam sendang kecil di mana sendang itu dipercaya dulunya sebagai tempat singgah Putri Kuning dari Madura.

Sumur Tak Pernah Kering

Ada lagi, sebuah sumur kecil dan dangkal, namun airnya tak pernah surut. Bahkan jika musim kemarau panjang pun tempat di sekitar sumur itu selalu lembap.

"Ada sumur kecil dan dangkal, namun airnya tak pernah habis. Saat kemarau pun selalu lembap" pungkas Nurul selaku toru guide.

Daun.id

Youtube Keliling Situbondo

Sampai saat ini, desa ini masih sering dikunjungi wisatan. Baik dari lokal maupun mancanegara. Karena Dusun KK 26 juga masuk list menjadi salah satu daftar wisata religi di Situbondo.

Daun.id

Youtube Keliling Situbondo

(abdul mufid/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya