Jarang Diungkap, Ini Kisah Masjid Menara Kudus yang Dibangun oleh Ja'far Shodiq

"Peninggalan Sunan Kudus"

Life | 17 January 2023, 15:43
Jarang Diungkap, Ini Kisah Masjid Menara Kudus yang Dibangun oleh Ja'far Shodiq

Keindahan Masjid Menara Kudus memiliki keunikan tersendiri. Masjid yang terletak di Jalan Maenara, Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dibangun oleh Sunan Kudus yang merupakan salah satu Wali Songo.

Masjid yang memiliki nama resmi Masjid Al-Aqsa Menarat Qudus ini sangat ikonik karena bangunananya memiliki bentuk bak candi yang melambangkan budaya pada masa lalu.

Sejarah

Masjid yang memiliki bangunan menyerupai candi ini dibangun oleh Ja'far Shadiq atau biasa dikenal Sunan Kudus. Usia Masjid Menara Kudus diduga telah berdiri hampir 500 tahun. Penamaan masjid ini merujuk dari masjid yang menjadi kiblat pertama umat Muslim yakni Al-Quds yang berada di Palestina.

Keunikan

Daun.id

Sumber: @menarakudus

Masjid Menara Kudus memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan masjid-masjid yang lain di Indonesia. Jika biasanya masjid yang berada di Indonesia memiliki bentuk seperti tugu yang biasa, namun berbeda dengan bentuk menara Masjid Menara Kudus yang memiliki desain seperti candi.

Tradisi Seni Hindu

Daun.id

Sumber: @menarakudus

Masjid ini memiliki gaya arsitektur yang bergaya tradisi seni Hindu. Hal tersebut dapat dilihat dari struktur dan juga bentuk atap yang tersusun tiga. Bangunan masjid bak candi Jago peninggalan Raja Singasari Wishnuwardhana, pintu gerbang seperti Candi Bentar, dan dua pintu kembar yang sebagai totalitas dari tradisi seni kori agung.

Kental Unsur Islam

Daun.id

Sumber: @menarakudus

Meski memiliki gaya bangunan seperti candi yang kental dengan aroma agama Hindu, namun Masjid Menara Kudus juga memiliki unsur-unsur Islam. Terlihat dari adanya padasan yang terletak di samping masjid. Padasan atau bak air yang terbuat dari susunan bata merah tersebut terdapat ornamen pola anyaman simpul yang berada di bagian bawah.

Mitos

Ternyata ada beberapa mitos yang beredar di masyarakat tentang Masjid Menara Kudus. Mitos masjid tersebut berkaitan dengan rajah yang dimiliki oleh Sunan Kudus yang bernama Rajah Kalacakra. Menurut kabar yang beredar Rajah Kalacakra tersebut ditanam Sunan Kudus di bagian pintu gerbang.

Rajah tersebut dipercaya ditanam oleh Sunan Kudus untuk melindungi masjid dari orang-orang yang memiliki niat jahat.

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya