4 Obat Sakit Gigi Oles Untuk Ibu Hamil yang Aman dan Ampuh

"Hilangkan sakit gigi pada ibu hamil yang ampuh."

Life | 17 January 2023, 18:00
4 Obat Sakit Gigi Oles Untuk Ibu Hamil yang Aman dan Ampuh

Sakit gigi tentu bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika kamu banyak aktivitas di luar rumah. Sehingga mengetahui cara menghilangkan sakit gigi sangat penting. Terlebih jika hal tersebut dirasakan oleh ibu hamil 7 bulan, maka kamu dapat menghilangkan sakit tersebut.

Penyebab sakit gigi pada ibu hamil ialah akibat gangguan hormonal, kesehatan gigi yang kurang terjaga, sering konsumsi makanan manis, kurang asupan kalsium, dan bisa disebabkan oleh asam lambung yang meningkat yang mampu merusak gigi.

Sehingga, kamu dapat lekas memeriksakan diri di dokter gigi guna mencegah infeksi yang mampu berpengaruh terhadap kehamilan. Maka, akan dilaksanakan perawatan dan penanganan dari pengobatan maupun tindakan dalam mengatasi keluhan yang terjadi.

Kamu perlu menghindari konsumsi obat-obatan akibat mampu berpengaruh terhadap kehamilan. Melansir Health Line, sakit gigi setiap orang terjadi akibat faktor yang berbeda. Adapun beberapa penyebab yang sering menjadi faktor terjadinya sakit gigi, antara lain:

- Gigi sensitif
- Tumbuh gigi bungsu,
- Kebiasaan mengertakkan gigi,
- Sakit gusi,
- Karies gigi,
- Gigi berlubang, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa cara mengobati sakit gigi oles untuk ibu hamil, yakni sebagai berikut:

1. Minyak cengkeh
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cengkeh adalah tangkai bunga kering yang asalnya dari keluarga pohon Myraceae. Pada setangkai cengkeh memiliki kandungan senyawa aktif dikenal dengab eugenol yang khasiatnya sebagai obat bius alami. Eugenol bekerja dalam mematikan sinyal saraf penyebab sakit, maka dapat mengurangi nyeri karena sakit gigi. Euganol juga memiliki sifat antiradang yang ampuh dalam mengobati gusi bengkak dan mengatasi iritasi di daerah gigi yang memiliki masalah.

Penelitian yang diunggah di Journal of Dentistry bahkan melaporkan minyak cengkeh mampu menggantikan peran obat benzocaine guna mengatasi nyeri ringan. Benzocaine merupakan obat bius lokal yang bekerja menekan sinyal saraf pada tubuh.

2. Mengoleskan bawang putih

Obat sakit gigi untuk ibu hamil berikutnya dengan memakai bawang putih. Bawang putih mempunyai khasiat antiradang dan antibakteri. Kamu dapat menghaluskan satu siung bawang putih, kemudian aplikasikan di bagian gigi yang sakit. Apabila merasa kesulitan kamu dapat mengunyahnya secara langsung.

3. Aloe Vera

Aloe vera adalah obat sakit gigi untuk ibu hamil selanjutnya. Kandung 99% air dan berbagai zat anti jamur, anti bakteri, dan anti mikroba, aloe vera menjadi salah satu alternatif obat sakit gigi yang baik terhadap ibu hamil. Ketika masa kehamilan, gusi menjadi begitu sensitif, penggunaan aloe vera dengan rutin bisa menekan peradangan, pembengkakan, dan pendarahan di gusi.

4. Dentasol Drop
Daun.id

Sumber: Istimewa

Dentasol adalah obat sakit gigi yang mampu dipakai dalam mengatasi sariawan, sakit gigi, radang gusi, sakit terhadap rangsangan tumbuh gigi. Dentasol memiliki bentuk cair yang pemakaiannya bisa dioleskan dengan jari atau kapas.

Dentasol memiliki kandungan benzocaine dan champora yang mampu mengatasi rasa sakit gigi. Kandungan champora pada dentasol bisa menstimulasi ujung saraf menjadi lebih sensitif pada panas. Maka, dapat memberikan rasa dingin saat dioleskan di kulit bibir, gusi atau gigi yang sakit.

Efek samping: Sensasi terbakar dan menyengat, dermatitis kontak, gatal biduran, ruam, sampai nyeri tekan.

Harga: Rp. 9.281/botol

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya