Kisah Mistis Penunggu Jembatan Kaliketek Bojonegoro, Sering Jadi Tempat Bunuh Diri

"Penuh kisah mistis di masa lampau."

Life | 17 January 2023, 18:40
Kisah Mistis Penunggu Jembatan Kaliketek Bojonegoro, Sering Jadi Tempat Bunuh Diri

Jembatan Kaliketek merupakan salah satu jembatan yang ada di kabupaten Bojonegoro, menjadi penghubung antara kabupaten Bojonegoro-Tuban. Sisi unik jembatan ini terdapat dua jembatan yaitu di sisi barat dan timur. Pada sisi barat merupakan jembatan baru yang dilalui kendaraan, sedangkan sisi timur bekas jembatan kereta api, bangunan tinggalan Belanda.

Jembatan Kaliketek pertama kali dibangun pada masa kolonial Belanda pada tahun 1914. Memiliki banyak kisah misteri yang kini terasa kental aura mistisnya. Konon, saat pembangunan dulu mengorbankan tumbal nyawa bagi beberapa para pekerjanya. Selain itu jembatan ini juga menjadi saksi sejarah peperangan Belanda dengan masyarakat Indonesia.

jembatan ini dulunya juga menjadi tempat pembantaian G 30 S/PKI. Kondisi ini semakin menambah aura mistis lokasi Jembatan Kaliketek. Bahkan tengah berkembang cerita mistis tentang sosok penunggu jembatan Kaliketek. Cerita ini kini turun temurun berkembang di tengah masyarakat. Bahkan tempat ini juga beberapakali dijadikan lokasi syuting acara misteri.

Kisah Mistis Penunggu Jembatan Kaliketek Bojonegoro

Daun.id

sumber; @media_bojonegoro

Jembatan Kaliketek terbentang di atas Sungai Nasional Bengawan Solo. Tepatnya berada di kelurahan Banjarejo kecamatan Bojonegoro (selatan) dan desa Banjarsari kecamatan Trucuk. Jembatan ini menjadi penghubung jalur lalu lintas tingkat provinsi. Berikut ini beberapa cerita pendek tentang jembatan Kaliketek:

1. Penunggu Jembatan Kaliketek

Beberapa orang yang tengah melakukan syuting program misteri di Jembatan Kaliketek pernah mengungkapkan bahwa lokasi tersebut penuh dengan sosok makhluk tak kasap mata. Hal ini dipengaruhi karena jembatan Kaliketek memiliki sejarah kelam di masa lampau.

Konon, pada saat membangun jembatan Kaliketek dahulunya menumbalkan seorang pekerja. Selain itu di lokasi tersebut juga pernah terjadinya perang pada masa penjajahan. Hal ini dapat dilihat di sisi barat dan timur jembatan terdapat benteng pengintaian yang kini masih kokoh.

Kisah kelam di jembatan Kaliketek juga pernah terjadi pada masa G 30 S/PKI. Para simpatisan PKI, dibantai dari atas jembatan tersebut lalu jasadnya dibuang ke sungai. Beberapa kisah kelam masa lampau ini berkembang dari mulut ke mulut di tengah masyarakat.

2. Sering Jadi Tempat Bunuh Diri

Konon menurut cerita yang berkembang, dulu ada seorang perempuan mengalami hamil di luar nikah. Ia mengalami frustasi lantaran malu dengan tetangga dan keluarganya. Sehingga memutuskan untuk bunuh diri dengan menceburkan diri dari atas jembatan Kaliketek. Hal ini pernah diungkap salah satu program misteri. Mitos tersebut sering dikaitkan dengan kejadian beberapa percobaan bunuh diri di jembatan Kaliketek.

Kini jembatan Kaliketek telah beberapa kali dijadikan percobaan bunuh diri. Berikut ini daftar percobaan bunuh diri yang pernah dilakukan dari atas jembatan Kaliketek:

- Dilansir dari blokbojonegroro.com 13/02/2022, bocah 14 tahun mencoba bunuh diri di Jembatan Kaliketek. Menurut Polsek Bojonegoro, kronologis bermula pada hari Minggu terdapat seorang anak berjalan ke arah selatan dari atas Jembatan Kaliketek dan hendak melompat. Orang tua sang anak langsung dihubungi tetangga melalui telpon genggam dan langsung merapat ke lokasi. Beruntung anak tersebut berhasil diselamatkan oleh warga sekitar.

- Dikutip dari kompastv.com 04/02/2022, viral video aksi penyelamatan terhadap seorang wanita yang menggendong anaknya dan mengajak anaknya melakukan percobaan bunuh diri di Jembatan Kaliketek. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 09.30 WIB dan membuat orang di warung berhamburan keluar. "Tidak tahu wanita itu dari mana dan siapa. Tiba-tiba sudah ada di atas jembatan dan mau loncat ke sungai," jelas Partini, saksi mata.

- Pada tanggal 30 April di tahun yang sama, juga sempat terjadi percobaan bunuh diri. Kejadian ini dimuat oleh suryamalang.com, seorang ibu hamil berusaha mengakhiri hidup dengan melompat di Jembatan Kaliketek. Sudah berhasil melompat, beruntung korban masih dapat diselamatkan. "Korban selamat karena saat melompat di bawah ada penambang pasir, langsung ditolong," kata Kepala pelaksana BPBD Bojonegoro, Ardhian Orianto kepada wartawan.

Demikianlah rentetan peristiwa percobaan bunuh diri yang sempat terjadi di Jembatan Kaliketek. Semoga kejadian-kejadian tersebut tidak terulang kembali ke depannya.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 27 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya