Obat Sakit Gigi Cair, Aman dan Ampuh Redakan Nyeri

"simak yuk"

Life | 18 January 2023, 07:30
Obat Sakit Gigi Cair, Aman dan Ampuh Redakan Nyeri

Saat sakit gigi menyerang, tentunya yang mengalami tersebut langsung mencari obat agar bisa segera meredakan sakit itu. Juga melakukan berbagai hal agar rasa ngilu dan nyerinya tidak mengganggu aktivitas dalam menjalankan kegiatan harian.

Ada di antaranya yang malas minum obat dan melakukan berbagai alternatif pengobatan. Mulai dari mengompres bagian yang sakit dan yang lainnya. Juga alternatif lain bisa menggunakan obat cair yang nantinya dilarutkan di dalam air untuk kemudian dijadikan obat untuk berkumur. Atau langsung obat cair kumur yang cukup efektif tangani rasa sakit gigi. Tanpa harus susah payah meminum obat.
Daun.id

pinterest

Terkait obat cair ini ada beberapa rekomendasi yang bisa dicoba sendiri di rumah. Antara lain sebagai berikut:

- Kumur dengan Air Garam Hangat
Campurkan sekitar satu sendok teh garam ke dalam secangkir kecil air hangat. Mintalah anak berkumur dengan larutan selama sekitar 30 detik kemudian buang. Ini dapat membunuh bakteri di sekitar area gigi yang sakit dan mendorong penyembuhan lebih cepat.

- Oil pulling
Jika biasanya berkumur dengan menggunakan salah satu obat cair untuk kemudian dilarutkan dalam air untuk dibuat berkumur. Maka, oil pulling merupakan teknik berkumur dengan minyak. Pengobatan Ayurveda yang berasal dari budaya India ini memang telah digunakan sejak berabad-abad lalu.

Manfaat yang ditawarkan dari obat alami sakit gigi berlubang ini berupa detoksifikasi oral. Bisa juga menggunakan minyak kelapa, minyak biji wijen, atau minyak zaitun.

Cara mudah untuk melakukan teknik oil pulling yakni sebagai berikut ini:

- Ambil 1 sendok makan minyak dan gunakan untuk berkumur selama 20 menit, lalu ludahkan dan jangan sampai menelannya
- Bersihkan mulut Anda dengan air hangat dan sikat gigi seperti biasa setelahnya
- Ulangi pada pagi hari, terutama ketika perut masih kosong
- Meski obat sakit gigi berlubang tradisional di atas efektif meredakan sensasi tidak nyaman pada mulut, bukan berarti kondisi sembuh sepenuhnya

Segera konsultasikan dengan dokter gigi untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang lebih aman dan tepat. Setelahnya, jangan lupa untuk melakukan perawatan gigi dan mulut secara rutin.

Hal ini bisa dilakukan mulai dengan yang mudah dan bisa dilakukan setiap hari, yaitu menyikat gigi dua kali sehari, menggunakan obat kumur dan benang gigi, serta periksa ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

- Dentasol
Selain ponstan dan ibuprofen, dentasol juga dapat dijadikan alternatif menyembuhkan sakit gigi. Obat sakit gigi ini terdiri dari dua bentuk, ada yang kaplet ada pula yang berbentuk obat tetes.
Daun.id

obat cair

Dalam obat ini terdapat zat anestesi topikal dengan antiseptik yang dapat diaplikasikan secara langsung pada gigi yang sakit. Kandungan zat tersebut mampu mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi juga mampu mengobati infeksi jamur dan bakteri.

Efek Samping: Sensasi terbakar dan menyengat, dermatitis kontak, ruam, gatal biduran, hingga nyeri tekan.

- Dentova Pro Mouthwash
Obat kumur atau mouthwash bisa juga menjadi alternatif pengobatan sakit gigi. Dentova Pro Mouthwash memiliki antiseptik yang mampu memberantas mikroorganisme jahat. Kandungannya meliputi Chlorhexidine Digluconate 0,2%, Allantoin, Peppermint dan Eucalyptus Mint.
Daun.id

obat cair

Mampu mengurangi permasalahan gigi sensitif dan berlubang, mencegah pertumbuhan plak bakteri, serta mencegah kerusakan jaringan penyangga gigi. Gunakan Dentova Pro Mouthwash sebanyak dua kali sehari dengan cara berkumur selama satu menit.

Efek Samping: Hipersensitif, peradangan di mulut, hingga mulut kering.

- Gumafixa
Gumafixa adalah obat gigi herbal yang telah terdaftar di BPOM RI. Mampu mengatasi berbagai macam permasalahan gigi termasuk gigi berlubang, polip gigi, atau gusi bengkak. Obat herbal ini memiliki komposisi Oleum Syzygium Aromaticum Folium 90% dan Oleum Peppermint Folium 10%.
Daun.id

obat cair

Gumafixa aman untuk digunakan segala usia dari dewasa, anak-anak hingga ibu hamil dan menyusui. Cara menggunakan Gumafixa tinggal tetes tiga kali cairan Gumafixa ke kapas lalu tempelkan ke bagian gigi sakit. Tunggu 1 - 5 menit hingga sakit gigi reda.

- Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua
Tidak hanya obat yang terbuat dari bahan kimia, ada pula obat sakit gigi yang manjur dari bahan herbal. Obat sakit gigi Cap Burung Kakak Tua ini mengandung senyawa gliserin, ethanol, creosote, dan oleum caryophylli.
Daun.id

obat cair

Kandungan tersebut berguna untuk mengatasi sakit gigi, gusi bengkak, dan membersihkan gigi dari kuman yang menempel. Untuk menggunakan obat sakit gigi bisa langsung ditempelkan menggunakan kapas atau dengan cara dikumur.

Efek Samping: Dapat menyebabkan sensasi tidak nyaman dan rasa panas di mulut apabila melebihi dosis yang dianjurkan.

- Super Green Plus SG
Pastilah sudah familiar dan sering mendengar merk obat sakit gigi Super Green Plus SG. Obat sakit gigi terbaik ini mampu menyembuhkan rasa nyeri di sekitar gigi, gigi berlubang, akar gigi yang sensitif, juga sakit gusi.
Daun.id

obat cair

Super Green Plus SG mengandung bahan herbal seperti murraya paniculata (kemuning), nigella sativa (habbatussauda), vitamin dan berbagai macam mineral. Obat ini diklaim bisa menyembuhkan nyeri akibat sakit gigi dalam 1-9 menit saja.

- ProSAGI
Merk obat sakit gigi lainnya adalah ProSAGI. ProSAGI masuk ke dalam daftar rekomendasi obat sakit gigi paling ampuh karena diformulasikan dari berbagai macam tanaman obat asli Indonesia dan Timur Tengah.
Daun.id

obat cair

Tanaman-tanaman yang digunakan seperti sirih, propolis, juga habbatussauda. Dengan adanya kandungan zat pada tanaman tersebut, proSAGI mampu mengatasi sakit gigi, sariawan, dan gusi bengkak. Obat yang terdapat dalam botol tetes membuat produk ini mudah dibawa ke mana-mana.

- Hersagi
Hersagi merupakan obat sakit gigi yang manjur dan cukup banyak diminati. Komposisi obat sakit gigi hersagi terdiri dari zaitun oil, oleum menthae, caryophylli dan bahan tambahan lain yang sangat berguna untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi.
Daun.id

obat cair

Sifat antiseptik pada obat ini berguna untuk mengobati sakit gigi yang tidak tertahankan juga menyegarkan bau mulut akibat gigi berlubang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan obat ini secara rutin dengan dosis yang sesuai.

- Zentri
Obat sakit gigi terbaik lainnya adalah zentri. Dengan kandungan eugenol yang tinggi di dalam obat ini tentunya dapat membunuh kuman maupun bakteri yang menyebabkan nyeri sakit gigi. Dengan begitu, nyeri akibat sakit gigi dapat hilang dan teratasi dengan cepat.
Daun.id

obat cair

Obat tetes zentri ini aman untuk dikonsumsi ibu hamil karena hanya mengandung bahan alami virgin clove bud oil yang tidak mengganggu kesehatan janin.

- Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi paling ampuh telah lama digunakan karena alami dan tidak mengandung bahan kimia, sehingga aman digunakan. Minyak ini mengandung senyawa eugenol yang diklaim mampu ‘mematikan saraf’ sementara.
Daun.id

obat cair

Cara untuk menggunakannya:
- Terlebih dulu harus menggunakan kapas lalu ditempelkan di gigi yang bermasalah.
- Jangan meneteskan langsung ke gigi yang sakit karena akan memperparah kondisi jika terkena lidah atau gusi yang sensitif.

Efek Samping: Rasa perih karena irtasi, sakit perut, diare, hingga kesulitan bernapas.

- Betadine Mouthwash & Gargle
Betadine Mouthwash & Gargle bisa menjadi obat sakit gusi dan gigi yang sangat efektif untuk memberantas kuman di dalam mulut. Obat kumur antiseptik ini ampuh untuk mengatasi gusi bengkak, sakit tenggorokan, sariawan, bau mulut, dan napas tak segar.
Daun.id

obat cair

Mengunakan Betadine obat kumur ini dengan menuangkan 15 mL ke tutup botol lalu kumur selama 30-60 detik. Obat ini dapat dipakai sebanyak 3-5 kali sehari. Ini adalah obat kumur, jadi jangan sampai tertelan.

Efek Samping: Reaksi hipersensitif, sakit perut, mual dan muntah, syok, hipotensi, detak jantung semakin cepat, demam, asidosis metabolik, hingga kerusakan ginjal.  

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya