Gus Dur Ternyata Punya Firasat Akan Meninggal Sebelum 2010, Ini KIsahnya

"Gus Dur mempunyai banyak keistimewaan"

Life | 18 January 2023, 13:35
Gus Dur Ternyata Punya Firasat Akan Meninggal Sebelum 2010, Ini KIsahnya

K.H Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur memang dikenal sebagai sosok ulama yang begitu kharismatik dan suka guyon. Banyak joke-joke-nya yang selalu sukses bikin siapa saja terpingkal-pingkal.

Gus Dur adalah cucu dari Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari, tokoh penting di balik pendirian Nahdlatul Ulama (NU). Gus Dur sejak kecil memang sudah didik dengan ketat didikan ala pondok pesantren.

Gus Dur berpulang pada 30 Desember 2009 silam, namun jasa-jasanya terus dikenang hingga saat ini oleh rakyat Indonesia.

Keistimewaan Gus Dur

Kesitimewaan Gus Dur sebagai salah satu sosok yang dianggap orang pilhan (wali) itu pun banyak kita dengar. Namun ada salah satu keistimewaan Gus Dur yang selama ini jarang terungkap.

Gus Dur sebelum meninggal, ia seakan sudah mempunyai firasat jika akan meninggal sebelum tahun 2010.

Hal ini dikisahkan ulang oleh Ahmad Mukafi Niam dan Syaifullah Amin dalam buku "Bukti-bukti Gus Dur Wali".
Firasat ini berkaitan erat dengan pernikahan Yenny, salah satu anak Gus Dur.

Yenny menikah dengan Dhohir Farisi pada 13 Oktober 2009. Pernikahan keduanya disambut gembira bukan main oleh keluarga dan juga warga NU. Ribuan orang memberi selamat kepada Yenny dan suami.

Daun.id

@gusdur.ig

Yang menjadi saksi dalam pernikahan keduanya kala itu ialah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla.  Namun siapa sangka ada kisah mengharukan di balik kemeriahan resepsi pernikahan putri Gus Dur itu.

Kesaksian dari Cerita Yenny

Yenny pernah mengungkapkan di sebuah TV Nasional tentang kisah rencana resepsinya dengan Dhohir Farisi saat sudah merasa cocok. Dhohir pun menghadap Gus Dur untuk melamar Yenny. Sebagai orang tua, Gus Dur tentu sangat bahagia. Yang belum ketemu hanyalah hari dan tanggal pernikahannya.

Menikah memerlukan cukup modal dan beberapa keperluan, saat itu Dhofir mengusulkan untuk berencana menikah dengan Yenny pada 2010, setahun ke depan.

Tapi di sisi lain, Gus Dur tidak menyetujui. Bahkan Gus Dur menginginkan pernikahan keduanya segera dilangsungkan. Pokoknya kalau bisa sebelum 2010. Akhirnya diputuskan, Yenny menikah dengan Dhofir pada Oktober 2009.

Firasat Meninggal

Siapa sangka, ternyata ada hikmah luar biasa di balik pilihan Gus Dur yang bersikukuh menikahkan Yenny sebelum 2010 itu. Ia masih bisa mengantar dan menyaksikan putrinya menikah.

Daun.id

@gusdur.ig

Karena pada 30 Desember 2009, satu hari sebelum pegantian tahun 2010, Gus Dur menghembuskan nafas terakhir. 

(abdul mufid/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juli 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami kemajuan yang positif. Jika Anda sudah memiliki pasangan, hubungan Anda akan semakin erat dan harmonis. Jika Anda masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu dengan seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Cancer Selengkapnya