Fakta Menarik Rejoagung, Desa Kristen di Tengah Kota Santri

"Indahnya toleransi beragama"

Life | 18 January 2023, 16:42
Fakta Menarik Rejoagung, Desa Kristen di Tengah Kota Santri

Indonesia merupakan negara yang memiliki masyarakat yang menganut agama yang berbeda-beda. Namun meski memiliki keberbedaan, nyatanya jarang sekali terjadi kisruh karena perbeda keyakinan.

Di Jember yang terkenal sebagai Kota Santri ternyata memiliki sebuah desa yang unik. Sebab Kota Santri identik dengan kota yang memiliki banyak pondok pesantren, namun di Desa Rejoagung, Jember, Jawa Timur, penduduknya beragama kristen.

Arti nama Rejoagung

Daun.id

Sumber: Facebook Lily Anton-huang

Nama Rejoagung sendiri jika diartikan dalam bahasa jawa maka akan berarti Rejo=ramai, dan Agung=banyak air.

Jika menurut catatan sejarah desa, Rejoagung awalnya merupakan hutan yang kerap mengalami banjir karena letaknya berada di Tanggul Selatan.

Awal mula Desa Rejoagung

Daun.id

Sumber: Facebook Anis

Desa Rejoagung adalah daerah yang tidak memiliki penduduk asli karena pendirinya juga merupakan pendatang dari daerah Kertorejo dan Bongsorejo yang berada di daerah Mojowarno.

Rejoagung sendiri dirintis untuk menjadi pemukiman oleh Marwi Kertawirya bersama dengan 6 kepala keluarga lain pada tahun 1907 silam.

Gereja Kristen Jawi Wetan

Daun.id

Sumber: Facebook Pirenaningtyas

Pada 1912 setelah bertembahnya penduduk Desa Rejoagung, berdirilah Gereja Kristen Jawi Wetan. Pada saat itu, jumlah jemaatnya masih sekitar 22 kepala keluarga. Hadirnya gereja tersebut juga untuk menunjung tinggi rasa toleransi lintas agama.

Toleransi

Daun.id

Sumber: Facebook Kukuh Joko

Meski desa tersebut dihuni oleh warga yang sebagian besar menganut agama Kristen apalagi berada di tengah Jember yang dikenal sebagai Kota Santri, ternyata penduduknya sangat nyaman dan damai. Hal tersebut dikarenakan penduduknya menjunjung tinggi rasa toleransi beragama, meski berbeda keyakinan, namun tetap se bangsa dan se negara.

Kini Desa Rejoagung tidak hanya dihuni oleh warga yang beragama Kristen saja, namun juga warga yang beragama Islam yang tetap rukun dan hidup berdampingan.

Rasa toleransi yang tinggi di Desa Rejoagung, Jember, bisa dibuktikan dengan kerapnya Gereja Kristen Jawi Wetan digunakan untuk merawat toleransi, seperti pertemuan GUSDURian dan Peace Leader pada 2 Februari 2021 lalu. 

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang kurang baik dapat menyebabkan konflik dan ketegangan dalam hubungan. Penting bagi Anda untuk berbicara dengan jujur dan terbuka dengan pasangan Anda untuk mengatasi masalah ini. Jaga kepercayaan dan komitmen dalam hubungan Anda.



Cancer Selengkapnya