Bukan Hanya Subur Menghijau, Gurun Pasir di Arab Juga Jadi Sungai

"Bikin gempar dunia"

Life | 19 January 2023, 13:56
Bukan Hanya Subur Menghijau, Gurun Pasir di Arab Juga Jadi Sungai

Keanehan demi keanehan kini kembali muncul di tanah Arab, setelah beredar penampakan Arab Saudi yang yang menghijau, kini kemunculan sungai yang terletak di gunung yang tandus sukses menjadi sorotan.

Kini danau dan sungai dadakan muncul si wilayah Wadi Al-Rummah, Arab Saudi. Munculnya danau dan sungai dadakan tersbeut akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut. Padahal wilayah tersebut hampir kering selama bertahun-tahun.

Tempat bermain baru dan sekolah libur

Daun.id

Sumber: Twitter AFP

Dengan adanya danau dan sungai dadakan di Wadi Al-Rummah, warga setempat memanfaatkannya untuk bersenang-senang. Bahkan wilayah tersebut kini menjadi tempat bermain jet ski dan penunggang kuda.

Namun dengan hujan yang begitu deras membuat sekolah diliburkan dan pemerintah memberikan himbauan agar tetap tinggal di dalam rumah jarena naiknya permukaan air di Wadi Al-Rummah.

Pernah mengalami hal serupa

Daun.id

Sumber: Twitter AFP

Bukan pertama kalinya Wadi Al-Rummah mengalami hal seperti ini, namun juga pernah dialami tapi sangat jarang. Terhitung hanya sekitar tiga kali setiap 100 tahun.

Bahkan genangan terlama yang berada di Wadi Al-Rummah tejadi pada 1818, banjir melanda hingga 40 hari dan pada tahun 1828 kembali terjadi banjir selama 22 hari.

Telah diprediksi

Daun.id

Sumber: Twitter AFP

Pusat Meteorologi Arab Saudi sebelumnya telah memberitahu jika akan ada hujan lebat disertai angin kencang terjadi di berbagai wilayah seperti Mekkah, Jeddah, Rabigh, Taif, Jamun, Bahra, Khulais, Asir, Al-Kamil, Al-Laith, Al Qunfudhah, Al-Ardiyat, Adham Al-Baha. Hujan deras juga melanda wilayah Medina, Al Qassim, dan Riyadh.

Pernah turun salju dan menghijau

Daun.id

Sumber: @candrasateria

Beberapa wilayah Arab Saudi juga pernah diselimuti salju meski negara ini identik dengan tanah tandus dan padang pasirnya. Bahkan salah satu pegunungan di daerah Al Laws yang berada di wilayah Tabuk tertutup dengan salju.

Arab Saudi yang dikenal dengan gurun yang tandus dan gersang kini telah berubah menghijau setelah diguyur hujan yang lebat. Kini pemandangan pegunungan di Mekkah terlihat subur dengan hijaunya rerumputan.

Tanda Kiamat

Daun.id

Sumber: @islam

Dalam Islam terdapat hadist yang berkaitan dengan fenomena yang kini terjadi di Arab Saudi. Hal tersebut bertanda kiamat akan segera tiba.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Hari kiamat tidak berlaku hingga tanah Arab menjadi subur makmur kembali dengan padang-padang rumput dan sungai-sungai." (HR Muslim).

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya