Kisah Soekarno Hadiri Muktamar NU saat Pemberlakuan UUKB, Ini Isi Pidatonya

"Bung satu ini dekat dengan berbagai kalangan"

Life | 19 January 2023, 18:48
Kisah Soekarno Hadiri Muktamar NU saat Pemberlakuan UUKB, Ini Isi Pidatonya

Presiden Soekarno semasa hidup memang dikenal bisa mengayomi semua jenis golongan. Karena ia sendiri menekankan jika Indonesia berdiri dari berbagai ragam kultur, etnis dan golongan. Hal itu pulalah yang membuat Indonesia kuat sebagai negara kesatuan.

Kedekatan Soekarno itu salah satunya bsia dilihat saat dirinya mendatangi mukatmar ke-22 Nahdlatul Ulama (NU) pada tahun 1959 di Jakarta.

Saat acara muktamar ke-22 NU itu, Soekarno secara khusus datang memberikan sambutan. Bahkan dirinya disambut begitu meriah oleh para hadirin dan para petinggi NU kala itu, seperti Idam Chalid, KH Wahab Chasbullah dll.

Daun.id

istimewa

KH. Wahab sebelumnya memberikan pidato singkat saat Presiden pertama RI itu datang di acara mukatamar. KH. Wahab menerangkan jika hadirnya Soekarno di acara Muktamar itu makin membawa syiar muktamar.

Pidato Soekarno di Dalam Mukatamar


Soekarno pun naik ke mimbar dan memberikan pidato. Diterangkan dalam buku "kenang-kenangan Mukatamar ke-22 Parati Nahdlatul Ulama di Jakarta", ditetrangkan jika muktamar NU kala itu digelar saat UUKB (Undang-Undang Keadaan Bahaya) sedang berjalan.

Namun ternyata, Soekarno sudah memberikan instruksi kepada pihak keamanan, terutama tentara untuk menjaga berlangsungnya muktamar NU kala itu.

"Peliharalah agar supaya Mu'tamar NU itu berjadaln dengan tenang dan baik", ucap Soekarno dala pidatonya. Sontak pidato itu pun disambut begitu meriah oleh para hadirin.

Soekarno pun memberikan sambutan terkait pidato KH Wahab yang menyebut jika kedatangannya memberikan Syiar pada muktamar.

Daun.id

istimewa

Soekarno memberikan pernyataan sebaliknya "... bukan kedatangan saya di sini ini menambah syiarnya muktamar, tetapi kedatangan saya di sini menambah syiarnya ke-presiden-an saya".

Kedatangan Soekarno memang mampun membuat gedung di mana mukatamar itu dihelat jadi begitu cair dan sangat meriah. Tepuk tangan pun kerap bergemuruh di sela-sela pidatonya.

Presiden RI pertama itu juga mengatakan, ia mendapatkan banyak pengalaman dan belajar berbagai hal saat datangi mukatamar NU itu.

"...dengan berhadap-hadapannya dengan saudara, saya merasa tambah pengalaman, tambah belajar, maka karena itu pula tatkala saya membentuk kabinet kerja, dengan tegas dalam kabinet kerja itu saya adakan Menteri-Muda Penghubung dengan kaum Alim Ulama", hadirin pun tepuk tangan.

Daun.id

istimewa

 

(abdul mufid/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya