Mitos Sungai Purba Jombang, Ada Batu Berbentuk Sepasang Kelamin Manusia

"Batu dan pohon unik seperti kelamin laki-laki dan perempuan."

Life | 19 January 2023, 18:51
Mitos Sungai Purba Jombang, Ada Batu Berbentuk Sepasang Kelamin Manusia

Jombang selain dikenal sebagai kota santri juga memiliki keindahan alam yang terbentuk secara alami. Mungkin, berkaitan hal ini tak diketahui banyak orang. Salah satu keindahan alam lainnya dari kabupaten ini ialah Sungai Purba, konon sungai ini terbentuk akibat jejak ular raksasa melintas. Sehingga seringkali sungai ini disebut wisata mistis.

Sungai Purba diketahui terletak di wilayah perbatasan antara kecamatan Jombang-Megaluh. Jika ditinjau dari segi geografisnya, bentuk Sungai Purba mirip dengan ular raksasa. Aliran sungainya melingkar seperti terbentuk huruf "S". Menurut cerita yang berkembang di tengah masyarakat, ular yang meninggalkan jejak sungai ini keluar dari Gunung Tunggorono.

Konon ular tersebut dahulu kala keluar diakibatkan lahar yang keluar dari dalam gunung. Kemunculan ular raksasa inilah yang kemudian meninggalkan jejak dan menjadi Sungai Purba. Memang, jika diamati sungai ini benar-benar alami tanpa campur tangan manusia. Anehnya lagi, Sungai Purba juga tak pernah mengalami surut.

"Sungai purba di jombang jawatimur, konon sungai ini terbentuk dari jejak ular raksasa pengguni rowojali, lereng gunung tunggorono", keterangan diskripsi di channel youtube Megaluh TV. Selain itu di sungai ini juga tersimpan beberapa keunikan lainnya, bahkan ditemukan batu yang mirip dengan kelamin manusia.

Mitos Sungai Purba Jombang

Daun.id

Youtube; Megaluh Tv

Konon banyak orang mengakui terasa merinding ketika sedang berada di Sungai Purba. Akibat bentukan alami di sungai ini memiliki tekstur bebatuan yang unik. Berikut ulasan terkait mitos Sungai Purba Jombang, ada batu berbentuk kelamin manusia:

1. Batu mirip kelamin perempuan

Batu unik ini ditemukan di aliran Sungai Purba yang diabadikan melalui video oleh tim Megaluh TV. Batu unik ini ditemukan di desa Pelabuhan, kecamatan Plandaan, kabupaten Jombang di tengah hutan. "Jadi di sini ada sungai yang sangat luar biasa, jadi tempat tersembunyi. Perhatikan ya, mungkin ini yang disebut, mohon maaf watu bawuk", ungkap salah satu tim Megaluh TV.

Bawuk berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti alat kelamin perempuan atau vagina. Jadi Watu Bawuk ini benar-benar ada di aliran Sungai Purba. Jika dilihat teksturnya benar-benar alami bentukan dari alam. Selain itu juga terdapat beragam bentuk batu dan pepohonan unik lainnya di sekitar batu tersebut.

2. Pohon berbentuk kelamin laki-laki

Daun.id

Youtube; Megaluh TV

Tepat lurus di depan pohon tersebut terdapat pohon yang mirip alat kelamin laki-laki. Pohon tersebut dijuluki dengan Pohon Planangan oleh tim Megaluh TV. "Ini bentuk pohonnya seperti planangan seorang laki-laki, jenis kelamin laki-laki". Planangan ini bersal dari bahasa Jawa yang memiliki arti laki-laki.

Tak jauh dari pohon tersebut, juga terdapat beberapa pohon lainnya yang menyerupai penis. Namun bentuknya agak sedikit lebih kecil, bahkan ada juga yang berukuran sedang. Batu dan pohon ini alami dibentuk oleh alam tanpa campur tangan manusia, lokasinya di tengah hutan aliran Sungai Purba. Seakan-akan menjadi simbol asal-usul seorang manusia, kira-kira begitu tim Megaluh TV memaknainya.

Demikianlah sekilas ulasan tentang Sungai Purba yang memiliki bebatuan unik seperti kelamin manusia.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya