Makam Keramat Mbah Mustopo Yang Selalu Bersih, Konon Diselimuti Kelambu Gaib

"Makam ini selalu bersih, meski tak pernah disapu."

Life | 20 January 2023, 16:06
Makam Keramat Mbah Mustopo Yang Selalu Bersih, Konon Diselimuti Kelambu Gaib

Jombang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur, di kabupaten inilah banyak lahir sosok ulama besar baik yang terkenal maupun tersembunyi. Makam para ulama besar, sudah semestinya selalu ramai dipenuhi pengunjung untuk melakukan ziarah. Uniknya, selain makam para ulama di Jombang juga terdapat sebuah makam keramat.

Salah satunya makam Mbah Mustopo yang konon menjadi sesepuh di desa tempat makam berada. Konon menjadi makam keramat yang selalu bersih meski tak pernah disapu. Makam ini terletak di desa Sumbersari, kecamatan Megaluh, kabupaten Jombang. Uniknya lagi terletak di tengah-tengah pekarangan milik warga.

Salah satu channel youtube "iwan arjas" menuliskan pada keterangan diskripsi, "Makam keramat ini adalah mbah mustofa pembabat alas d├ęsa setempat. Makam ini cukup aneh tapi nyata selalu bersih meskipun banyak daun bambu jatuh. Makam ini dikelilingi pohon bambu yang rimbun dan makam ini batu nisanya dari batu lumpang, cukup aneh."

Makam Keramat Mbah Mustopo Yang Selalu Bersih

Daun.id

Youtube: Megaluh TV

Di sebuah desa ada sebuah makam yang dianggap keramat oleh masyarakat sekitar. Makam ini berada di pekarangan milik warga di bawah pepohonan yang rindang. Meski demikian, makam ini selalu tampak bersih tak dipenuhi dedaunan. Padahal area sekitar banyak dedaunan kering yang berjatuhan. Berikut penjelasan makam keramat Mbah Mustopo:

1. Makam yang sangat sederhana

Berbeda dengan makam pada umumnya, makam Mbah Mustopa ini sangat sederhana dan terletak di area kebun warga. Makam tersebut hanya terdiri dari tanah dan dua patok kuburan, di sekitarnya hanya ada satu makam saja. Patoknya terdiri bebatuan yang sangat kuno, panjang makam sekitar 3 meter.

Batu nisan yang digunakan ialah seperti batu lumpang yang pecah. "Jadi maesannya itu dari batu lumpang ada dua ini pecah, ini yang sebelah utara dan selatan, jadi makamnya ini panjang dan di tengahnya ada batu misterius" Begitulah Megaluh TV saat memberi keterangan melalui channel youtube. Merupakan sebuah lumpang keneng yang memiliki makna Keresian.

2. Konon diselimuti kelambu gaib

Meski di area makam banyak dedaunan kering berserakan, namun tepat di atas makam selalu tampak bersih. Tentu sangan membuat masyarakat di sekitarnya terheran dan kagum. Menurut cerita yang berkembang di tengah masyarakat, konon makam ini diselimuti oleh kelambu yang tak terlihat.

"Konon kata orang-orang spiritual peka itu di atasnya ini diselimuti, di makam ini ada selimutnya semacam kayak kelambu. Tapi karena kita tidak bisa melihat jadi kita tidak bisa membuktikan kepada penonton, tapi juga bagi orang yang tahu, makam ini di selimuti oleh kelambu", keterangan dari Megaluh TV.

3. Tempat ziarah bagi orang tertentu

Daun.id

Youtube: Megaluh TV

Setelah dilihat-lihat di area makam juga terdapat dupa hingga sesajen yang diletakkan di area makam tersebut. Berbeda dengan keterangan dari channel youtube iwan arjas, "menurut warga sekitar, area ini bukan makam. Namun tempat singgah Mbah Mustopo atau petilasan, lalu dikasih tanda".

Menurutnya Mbah Mustopo ini merupakan seorang yang melakukan babad alas di daerah tersebut dan bisa jadi tokoh penyebar agama Islam. Warga sekitar yang akan punya hajat, biasanya akan berziarah ke petilasan tersebut. Jadi ada du versi, ada yang menganggap makam dan juga ada yang beranggapan sebuah petilasan.

Demikianlah ulasan singkat tentang makam keramat Mbah Mustopo yang selalu tampak bersih. Konon diselimuti oleh kelambu gaib yang hanya dapat dilihat oleh orang-orang tertentu.

(rian adi kurniawan/nn)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 3 JUNI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:19 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:15 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:01  

Daun Media Network