Taman Festival Bali yang Dulu Ramai, Kini Terbengkalai, Konon Jadi Istana Gaib

"Sudah angker sebelum dibangun, konon bekas kuburan korban pesawat jatuh."

Life | 20 January 2023, 19:08
Taman Festival Bali yang Dulu Ramai, Kini Terbengkalai, Konon Jadi Istana Gaib

Daun.id - Bali memang selalu memiliki daya tarik tersendiri, sehingga banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara selalu berdatangan. Di pulau Dewata Bali memiliki banyak tempat asyik yang bisa dikunjungi. Baik tempat wisata alam maupun hasil buatan tangan manusia. Salah satunya Taman Festival Bali, yang dulunya bergengsi kini penuh misteri.

Taman tersebut berada di daerah ibukota provinsi Bali yaitu di kota Denpasar. Menyuguhkan banyak wahana permainan yang dapat dinikmati oleh para wisatawan. Menurut beberapa sumber, taman ini dibangun pada tahun 1997. Taman tersebut memiliki luas area sekitar 8,98 hektar, kebayangkan betapa luasnya taman ini. Lokasi tepatnya berada di Jl. Padang Galak no.3, Kesiman, Denpasar, Kota Denpasar, Bali.

Tentunya pada saat masih aktif, Taman Festival ini selalu ramai pengunjung dan menjadi daya tarik wisatawan. Namun kali ini tempat itu berbanding terbalik setelah lama tutup. Seakan-akan menjadi wisata yang penuh dengan mistis. Horor dan menegangkan, cocok menjadi tempat uji nyali.

Taman Festival Bali yang Dulu Ramai

Daun.id

Sumber; @@street.art.fairy

Tak pernah menyangka ada bangunan megah dan besar yang kini terbengkalai layaknya istana hantu. Berikut cerita singkat tentang Taman Festival Bali:

1. Asal-usul Taman Festival Bali

Taman Festival Bali dibangun di atas tanah seluas 8,9 hektar, selain itu dibangun dengan mewah dan megah. Tak mengharankan dulunya tempat ini ramai pengunjung wisatawan. Namun dampak krisis moneter yang pernah terjadi di Indonesia terasa dampaknya hingga ke tempat ini. Pihak pengelola tempat itu pun terpaksa harus menutupnya.

Lama ditutup, membuat gedung-gedung dan wahana permainan terbengkalai. Tak ada yang merawatnya, sehingga sangat kumuh dan penuh tanaman liar yang menambah kesan mistis semakin kuat. Kini sisa-sisa bangunan Taman Festival Bali masih tampak kokoh namun tak terawat.

Salah satu wahananya ialah gunung buatan yang kini masih tampak gundukan tanah layaknya sebuah gunung. Selain itu juga terdapat beberapa sisa wahana air mancur. Uniknya di taman tersebut dulunya juga sudah menyediakan wahana 3D.

2. Konon dibangun di atas tanah kuburan

Meski sudah ditutup lama, tempat ini justru semakin terkenal. Justru banyak orang penasaran akan misteri dan keangkeran Taman Festival Bali. Konon, dulunya tempat ini dibangun di atas tanah bekas kuburan. Hal ini disampaikan salah satu pengelola, seperti berikut:

"Tergantung dari background, latar belakang tempat ini adalah kuburan awalnya. Sebelum dibangun Taman festival ini, kuburan ini jatuh pesawat di Singaraja tahun 1974. Jadi ini dipakai kuburan dan kebetulan para awak korban itu kebanyakan bule", dilansir dari penjelasan channel youtube "Billy Christian".

Menurut mitos hal inilah yang menjadi daya tarik bule penasaran untuk tempat ini. Mereka penasaran dengan ruh-ruh saudaranya yang ada di sekitaran tempat itu. Jadi tempat ini sudah angker sejak sebelum dibangun Taman Festival Bali. Konon pengaruhnya tempat ini memiliki pengaruh dengan sejarah mistis tanah itu di masa lampau.

3. Konon jadi istana gaib

Daun.id

Sumber; @antnattravel

"Setan Penghuni Istana Gaib di Taman Festival Padang Galak desa kesiman Sanur Denpasar-Bali, Istana Gaib disini di huni berbagai macam makhluk astral baik itu jin, siluman harimau, siluman monyet, leak dan bahkan roh-roh gentayangan. Team Pintu Misteri sengaja melakukan proses mediumisasi atau proses kerasukan untuk menggali informasi lebih dalam mengenai penghuni makhluk astral di Taman Festival Padang Galak, Denpasar - Bali," tulis di kolom diskripsi chanel youtube "pintu misteri"

Jadi setelah lama terbengkalai, konon Taman Feestival Bali yang dulunya ramai kini justru menjadi istana gaib. Istana tersebut dihuni bergam bentuk makhluk halus. Beberapa kali tim Pintu Misteri mencoba melakukan meditasi dengan memasukan makhluk gaib ke dalam tubuh sang mediator.

Itulah tentang gambaran singkat Taman Festival Bali yang menyimpan penuh misteri. Tempat tersebut sudah terkenal angker sebelum dibangun wisata tersebut. Konon tanah itu merupakan tanah bekas kuburan dari para korban pesawat jatuh. Kini menjadi istana gaib yang dihuni beragam makhluk halus.

(rian adi kurniawan/nn)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network