Ketika Gus Mus Temui Presiden Gus Dur Pakai Sandal Jepit ke Istana

"Keduanya selalu punya kisah menarik"

Showbiz | 20 January 2023, 19:58
Ketika Gus Mus Temui Presiden Gus Dur Pakai Sandal Jepit ke Istana

Daun.id - KH. Ahmad Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus adalah salah satu tokoh penting dan ulama yang begitu dihormati oleh para rekannya dan warga NU. Seperti kita ketahui bersama, beliau adalah salah satu sahabat dekat Presiden ke-4 RI, Gus Dur.

Keduanya sudah sangat akrab sejak masih kuliah di negeri Timur Tengah sana. Selain sama-sama mempunyai khazanah keilmuan yang begitu luas dan dikenal alim, keduanya juga dikenal sebagai sosok yang begitu dekat dengan semua kalangan dan sama-sama mempunyai selera humor yang tinggi.

Persahabatan keduanya pun terlihat begitu tulus dan setia. Keduanya bahkan kerap bertukar kabar via surat yang di tulis tangan saat masih di luar negeri. Hingga Gus Dur hembuskan nafas terkahir, Gus Mus selalu menjalin hubungan yang begitu akrab dengan Gus Dur.

1. Di Era Gus Dur, Kiai Diundang Ke Istana

Saat Gus Dur resmi menjadi Presiden RI, Gus Mus beserta rombongan kiai lainnya diundang untuk datang ke istana. Seperti dilansir dari cnnindonesia.com, Gus Mus menerangkan jika baru di era Gus Dur jadi presiden ini lah romongan kiai diperbolehkan dan diundang masuk ke istana.

Daun.id

Youtube GusMus Channel

2. Gus Mus Tak Pakai Sepatu

Dari para rombongan, dikisahkan jika hanya Gus Mus lah yang tidak memakai sepatu. Ia hanya memakai sebuah sandal. Dan ia pun ditanya oleh petugas istana; mengapa tak mengenakan sepatu?

Dengan gaya santai dan khas Gus Mus, beliau menjawab pertanyaan petugas istana itu dengan jawaban; "Ya presiden ya dulu sendalan terus". Ya, menurut pengakuan Gus Mus, Gus Dur yang menjadi teman dekatnya itu dulu juga selalu mengenakan sandal jika kemana-mana.

Daun.id

@g-johnson1533

Singkat cerita Gus Mus pun akhirnya bertemu dengan Gus Dur. Saat itu para rombongan lainnya bergantian mengucapkan selamat kepada Gus Dur yang belum lama dilantik menjadi Presiden RI.

3. Ucapan Bela sungkawa Gus Mus Kepada Gus Dur

Tidak dinyana, di saat para kiai lain memberikan ucapan selamat keada Gus Dur, justru Gus Mus malah mengucapkan bela sungkawa. "Saya sendiri yang bilang bela sungkawa. Wong Kiai apik-apik kok, jadi Presiden. Iku jabatan ngerusak wong. (Sudah bagus jadi kiai kok malah jadi Presiden. Jabatan itu merusak orang)," ungkapnya.

Daun.id

Youtube GusMus Channel

Saat jadi presiden RI, Gus Dur memang mengundang orang yang berasal dari berbagai kalangan, dari para pejabat, tokoh agama, imam besar istiqlal kala itu yakni Nasaruddin Umar hingga artis sekaligus penyanyi Yuni Shara.

(abdul mufid/nf)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network