3 Obat Mujarab Sakit Gigi Ini Terbukti Aman dan Ampuh Atasi Nyerinya

"simak yuk"

Life | 21 January 2023, 07:20
3 Obat Mujarab Sakit Gigi Ini Terbukti Aman dan Ampuh Atasi Nyerinya

Daun.id - Sakit gigi masih menjadi masalah utama bagian sebagian orang. Lantaran rasa sakit yang timbul, mengganggu aktivitas si penderita. Selayaknya lagu era 90-2000-an yang sudah tak asing lagi tentunya. Yaitu lagu 'Sakit Gigi' yang cukup populer beberapa tahun silam. Hingga kini pun lagu itu masih sering didendangkan. 

Namun faktanya banyak yang tidak tahan juga rasa sakit itu menyerang gigi mereka. Sakit gigi memang selalu menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi penderitanya. Lantaran selain mengganggu saat makan atau minum atau bahkan saat berbicara, terkadang begitu sangat mengganggu penderitanya.

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh gigi berlubang, gigi patah, gusi bengkak, atau infeksi pada gigi atau gusi. Sering kali, sakit gigi dibarengi dengan gejala lain, seperti sakit kepala atau demam. Berikut ini adalah 3 macam obat yang bisa ditemukan di Apotek, yang terbukti ampuh untuk atasi rasa sakit di gigi. Serta harga-harga yang tertera pada umumnya. Yuk simak ulasannya:

1. Ibuprofen
Selanjutnya, Ibuprofen dikenal sebagai obat sakit gigi paling ampuh selain Ponstan. Ibuprofen merupakan golongan obat-obatan yang mampu meringankan rasa sakit dan meredakan inflamasi atau peradangan.

Dalam hal ini, ibuprofen menghambat enzim memproduksi senyawa Prostaglandin yang merupakan penyebab peradangan dan rasa sakit. Ibuprofen juga bisa menjadi obat sakit gusi terutama ketika bengkak.

Ibuprofen tidak bisa langsung dikonsumsi dalam keadaan perut kosong karena akan melukai lambung. Perlu diingat, selalu konsumsi obat ini dengan dosis dan anjuran dokter.

Efek Samping: Perut kembung, mual dan muntah, diare, maag, pusing, hingga sakit kepala.
Rentang Harga: Rp3.000 – Rp 30.000 (10 tablet)

2. Paracetamol
Paracetamol aman digunakan oleh segala kalangan, dari bayi di atas dua bulan, ibu hamil dan menyusui, hingga lansia. Namun, dosis dan frekuensi ini dalam pemberian paracetamol tiap orang mungkin memiliki tingkat yang berbeda-beda. Obat ini dapat diminum setiap 4–6 jam sekali sehari.
Daun.id

ibuprofen

Pada orang dewasa, dosis aman paracetamol berkisar antara 500 mg (miligram) hingga satu gram. Sementara untuk bayi usia dua bulan hingga dua tahun, dosis aman paracetamol berkisar antara 60–120 mg.

Minum paracetamol
ini sesuai dengan aturan jarak minum obat pakai pada kemasan atau konsultasikan langsung dengan dokter. Orang dengan riwayat penyakit hati dan ginjal serta alergi terhadap paracetamol tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini.

Harga
Rp 5.762,- / Strip

3. Ponstan
Nama obat sakit gigi yang paten dan sering digunakan adalah ponstan. Ponstan sering digunakan untuk mengobati rasa sakit mulai dari sakit gigi sampai cedera otot bahkan sakit setelah melahirkan.
Daun.id

ponstan

Kandungan asam mefenamat dalam ponstan membuat obat ini bekerja meredakan sakit dan peradangan yang diderita. Tapi, perlu diketahui obat ini tidak bisa sepenuhnya menyembuhkan rasa sakit.

Efek Samping: Reaksi hipersensitif, diare, konstipasi, pusing, nyeri perut, mual, hingga muntah. 
Rentang Harga: Rp28.500 – Rp40.000 (10 tablet)

(alvain shinta/n)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network