Misteri Taman Wonderia Semarang Simpan Tragedi Maut, Ada Makam Keramat di Sekitarnya

"Tempat wisata ini ternyata dibangun di area makam keramat"

Life | 22 January 2023, 10:15
Misteri Taman Wonderia Semarang Simpan Tragedi Maut, Ada Makam Keramat di Sekitarnya

Daun.id - Taman Wonderia Semarang merupakan wahana wisata terbesar yang pernah ada di Ibukota provinsi Jawa Tengah. Cocok digunakan untuk taman rekreasi baik untuk individu maupun sekeluarga. Dulu sebelum ditutup, taman ini ramai dikunjungi para wisatawan. Wahana hiburan ini terletak di Jl. Sriwijaya No.29, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sempat menjadi pusat hiburan bagi masyarakat Semarang dan sekitarnya.

Luas taman ini berdiri di atas lahan seluas 3 hektar, namun dikarenakan beberapa penyebab taman ini ditutup. Konon menurut cerita yang berkembang di masyarakat, taman ini jadi angker. Tentu taman ini menyisakan banyak kenangan bagi generasi yang sering berkunjung pada saat itu. Untuk menikmati wahana ini, pengunjung hanya dibebankan membeli tiket Rp. 9.000 hingga Rp. 10.000.

Menurut beberapa sumber, taman ini mulai beroperasi sejak tahun 2004 silam. Namun tak berselang lama, wahana ini mengalami tragedi atau kecelakaan pada salah satu wahananya. Hal ini membawa dampak bagi masyarakat sekitar dan membuat taman itu sepi pengunjung. Tak berhenti disitu, selanjutnya Taman Wonderia dikabarkan tutup dengan batas waktu yang tidak ditentukan.

Misteri Taman Wonderia Semarang

Daun.id

Youtube; Aziz Nurahman

Taman Wonderia Semarang ternyata menyimpan beberapa kisah yang memilukan serta beberapa kisah mistis lainnya. Konon taman ini dibangun di atas makam keramat yang juga menjadi tempat ziarah bagi orang tertentu. Salah satu tragedi yang tak dapat dilupakan ialah tragedi kecelakaan maut pada salah satu wahana. Berikut ini kisah-kisah Taman Wonderia Semarang:

1. Dibangun di atas bekas kuburan keramat

Konon menurut cerita, Taman Wonderia ini dibangun di atas tanah bekas kuburan. Warga sekitar juga sempat mengingatkan sebelum dibangunnya tempat ini. Menyimak penelusuran yang dilakukan tim channel youtube Billy Christian, ternyata di area tersebut terdapat beberapa makam. Konon makam tersebut merupakan nenek moyang daerah setempat.

"Masalahnya, mungkin dari kakek nenek saya itu nenek moyang orang sini, maka tidak boleh dipindah" keterangan salah satu warga di channel Billy Christian. Makam ini pun dirahasiakan oleh pihak pengelola Taman Wonderia. Pengunjung tak banyak yang tahu, jika di sekitar taman tersebut ada makam keramat.

2. Tragedi kecelakaan di Taman Wonderia Semarang

Saat baru dioperasikan beberapa hari, tempat ini sudah terjadi kecelakaan. Dikutip dari detik.com, kejadian kecelakaan terjadi pada tanggal 15/11/2007. Menurut keterangan polisi terjadinya kecelakaan tersebut disebabkan oleh kerusakan pada onderdil wahana tower plane. Akibat kecelakaan ini menyebabkan 16 korban harus dirawat di rumah sakit.

Sebelumnya pada tahun 2006 juga sudah pernah terjadi kecelakaan pada Februari 2006. Total keseluruhan dari kecelakaan ini ialah 20 penumpang, bahkan dua korban di antaranya mengalami retak serta patah tulang belakang. Selanjutnya polisi menetapkan 3 tersangka yang merupakan pekerja Taman Wonderia Semarang. Dari kejadian ini menyebabkan trauma bagi para korbannya.

3. Taman Wonderia Semarang ditutup

Daun.id

Youtube; Aziz Nurahman

Selang beberapa hari kejadian kecelakaan, taman inipun ditutup dengan batas waktu yang tidak ditentukan. Penutupan ini dilakukan guna penyelidikan bagi kepolisian yang lebih mendalam. Setelah lama ditutup membuat tempat ini tak terawat dan muncul kisah mistis yang berkembang di tengah masyarakat.

Selain itu menarik perhatian bagi para pembuat konten mistis. Tempat ini juga pernah dikunjungi tim Kisah Tanah Jawa untuk dan melakukan penelusuran supranatural. Melalui kanal youtube Kisah Tanah Jawa, Om Hao memberi penjelasan sebagai berikut;

"Sebenarnya ini mas yang seperti sudah kita ceritakan kalau dari sana itu memang ini menurut saya sosok yang menyerupai tapi membawa satu energi negatif besar di tempat ini jadi sosoknya itu badut mas, gak seluruh itunya maksudnya wujudnya berdarah-darah membawa sesuatu hal yang disembunyikan kayak membawa parang membuat tempat ini dijauhi orang."

Demikianlah kisah mistis yang terjadi pada Taman Wonderia Semarang yang sempat berjaya pada masanya. Hingga kini, kabarnya tempat wisata ini masih ditutup dan terbengkalai.

(rian adi kurniawan/nn)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network